Inilah 7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal Dunia

Rabu 08 Februari 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi anak sholeh -  Inilah 7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal Dunia. | (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi anak sholeh - Inilah 7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal Dunia. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam ajaran agama Islam, jika seorang manusia meninggal dunia maka terputuslah semua catatan amalnya kecuali amal jariyah. Amalan-amalan tersebut pahalanya tidak akan terputus dan terus mengalir meskipun orang itu telah berpulang ke yang maha kuasa.

Amalan yang pahalanya terus mengalir adalah mereka orang-orang yang melakukan kebaikan yang manfaatnya tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi dirasakan oleh orang banyak dan kebaikannya berkelanjutan yang tak terbatas, seperti dikutip dari Nu Online.

Amalan itu bukanlah rumah mewah, mobil mewah maupun harta berlimpah, melainkan 3 amalan yang disabdakan Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, yang berbunyi:

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih PD, Yuk Simak!

Lantas amalan jariyah itu apa saja, yang catatan pahalanya terus mengalir meski telah wafat atau meninggal dunia?

Berikut penjelasannya, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Doa Pedia via Suara.com, dijelaskan ada 7 amalan jariyah yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat, yaitu:

1. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang bermanfaat

Yang dimaksudkan menyebarkan ilmu pengetahuan, boleh melalui pendidikan formal dan nonformal. Mulai dari disuksi, ceramah, dakwah, dan menulis. Dari ilmu yang kita ajarkan kepada seseorang tersebut, apabila dikerjakan maka aliran pahalanya juga akan sampai kepada yang menyebarkan atau mengajari ilmunya.

Baca Juga: Kronologi Adu Banteng Avanza Vs Angkot di Cibadak Sukabumi

Dan pahala amalan tersebut tidak akan mengurangi pahala yang mengerjakan. Contoh, mengajarkan anak bagaimana tata cara sholat yang benar, maka apabila anak tersebut bisa mengerjakan sholat dengan baik dan benar, pahalanya juga akan mengalir kepada yang mengajarinya.

2. Mendidik anak menjadi anak yang sholeh

Yaitu mendidik anak supaya bisa taat dan bersungguh - sungguh dalam menjalankan ibadah. Nantinya, anak sholeh ini akan menjadi semacam cahaya dalam hidup orang tuanya. Apabila berhasil mendidik anak menjadi sholeh, maka yang mendidiknya akan terus mendapat aliran pahalanya sampai hari kiamat.

3. Mewariskan mushaf atau buku agama

Misalnya mewariskan kitab suci Al - Qur’an kepada orang - orang yang dapat memanfaatkannya untuk kebaikan diri dan masyarakatnya.

Baca Juga: Christian Atsu Eks Pemain Chelsea Ditemukan Selamat Pasca Gempa Dahsyat Turki

Sebagaimana Hadist Riwayat Bukhari dikatakan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,” salah satu amalan kebaikan yang pahalanya terus terbawa kepada si mayyit sampai ke alam kuburnya adalah sedekah dan mewariskan (mewakafkan) mushaf Al - Qur’an.” (HR. Bukhari)

4. Membangun masjid

Dalam Ash - Sahihain dikatakan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “barangsiapa yang membangun masjid demi mencari wajah Allah, niscaya Allah bangunkan rumah baginya di surga”. Maka orang yang membangun masjid tersebu akan menerima pahala seperti pahala orang yang beribada di masjid itu.

5. Membangun rumah atau pondokan

Maksudnya adalah membangun rumah atau pondokan bagi orang - orang yang bepergian untuk kebaikan. Setiap orang yang memanfaatkannya, baik untuk istirahat sebentar maupun untuk bermalam dan kegunaan lain yang bukan untuk maksiat, akan mengalirkan pahala kepada orang yang membangunnya.

6. Mengalirkan air secara baik dan bersih ke tempat - tempat yang membutuhkannya

Atau menggali sumur untuk orang banyak orang. Maka apabila orang yang menggali sumur tersebut wafat dan air itu tetap mengalir serta terpelihara dari kecemaran serta dimanfaatkan orang yang hidup, niscaya ia akan mendapat pahala yang terus mengalir.

Baca Juga: Mengintip Lokasi Rest Area di Lintasan Tol Bocimi Seksi III Sukabumi

Hal tersebut sesuai dengan yang dikatakan oleh Abu Abdirrahman Syarof Al - Haq Muhammad Asyraf Ash - Shidiqi Al - Azhim Abaadi, penulis kitab Ma’bud Syarh Sunan Abi Daud mengatakan bahwa, “air dikatakan sebagai sedekah yang lebih utama karena kemanfaatannya sangat luas untuk urusan agama dan duniawai.”

Mengenai membangun sumur untuk orang banyak, Rasulullah SAW bersabda, “barangsiapa membangun sebuah sumur lalu diminum oleh jin atau burung yang kehausan, maka Allah akan memberinya pahala kelak di hari kiamat.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah)

7. Menyedekahkan sebagian harta

Sedekah yang diberikan secara ikhlas akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Maka dari itu, jangan segan - segan untuk menyedekahkan hartanya untuk kebaikan, karena pahalanya akan terus mengalir sampai hari kiamat.

Baca Juga: Apa Itu PMO? Bahasa Gaul TikTok yang Wajib Diwaspadai

Demikianlah 7 amal jariyah yang akan terus mengalir pahalanya meski sudah wafat, bahkan sampai hari kiamat kelak.

Sumber: Suara.com (Agung Kurniawan)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa