1 November Hari Vegan Sedunia, Ini Manfaat dan Risiko Menerapkan Gaya Hidup Vegan

Selasa 01 November 2022, 15:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap tanggal 1 November diperingati sebagai Hari Vegan Sedunia (World Vegan Day). Hari Vegan Sedunia pertama kali diperingati di Inggris pada 1994.

Masih banyak yang mengira jika vegan dan vegetarian merupakan hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan meski sama-sama tidak mengonsumsi makanan yang bersumber dari hewan.

Berikut pengertian dari vegan dan vegetarian mengutip dari laman alodokter.com.

Pengertian Vegan dan Vegetarian

Vegetarian adalah gaya hidup yang menerapkan pola makan tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, daging kambing, daging babi, daging unggas, dan makanan laut, seperti ikan dan kerang-kerangan.

Pola makan atau diet vegetarian terdiri dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian serta terkadang mengonsumsi beberapa jenis jamur.

Sedangkan Vegan didefinisikan sebagai gaya hidup yang berupaya untuk menghindari semua bentuk eksploitasi terhadap hewan, termasuk untuk dijadikan makanan, pakaian, kosmetik, atau tujuan lainnya.

Vegan sendiri sebenarnya masih salah satu tipe vegetarian. Namun, batasan jenis makanan yang dikonsumsi vegan lebih ketat dan bisa disebut pola makan vegan sebagai versi ekstrem dari gaya hidup vegetarian.

Hal tersebut karena pola makan vegan tidak hanya menghindari daging hewan, tapi juga produk sampingan yang berasal dari hewan seperti susu, telur, gelatin, madu, whey, kasein, dan albumin, serta beberapa jenis suplemen yang terbuat dari atau mengandung minyak ikan maupun hewan lain.

Manfaat Gaya Hidup Vegan

Banyak orang memilih menerapkan gaya hidup vegan lantaran dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal itu karena semua makanan yang dikonsumsi berasal dari tumbuhan sehingga kaya akan serat, mineral, dan vitamin.

Selain itu tubuh juga dapat memperoleh magnesium, asam folat, vitamin C, vitamin E, serta zat fitokimia lainnya yang melimpah.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat menjalani gaya hidup vegan dikutip dari laman hellosehat.com.

1. Kaya zat gizi

Menjalani gaya hidup ini, sumber makanan yang Anda konsumsi mencakup bahan makanan alami yang memiliki zat gizi baik untuk tubuh.

Meski beberapa zat gizi seperti protein hewani tidak bisa dikonsumsi namun pelaku gaya hidup vegan tetap bisa mendapatkan sumber protein nabati sebagai pengganti.

2. Menurunkan risiko kanker

Sifat antioksidan dalam kandungan makanan plant-based yang dikonsumsi oleh vegan dapat menurunkan risiko kanker.

Sebuah studi dalam The Journal of Nutrition menyebutkan karotenoid yang terdapat dalam buah dan sayuran berwarna memiliki sifat antioksidan yang bisa melindungi kerusakan sel-sel pada tubuh karena terpapar radikal bebas.

3. Menjaga berat badan ideal

Sumber makanan yang dikonsumsi saat menjalani diet vegan biasanya rendah kalori dan lemak tak jenuh. Hal ini diyakini dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Selain itu, serat tinggi yang terdapat dalam pola makan plant-based juga mendukung kerja metabolisme tubuh.

4. Menurunkan risiko diabetes

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa mereka yang menjalani diet vegan cenderung memiliki kadar gula darah lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak menerapkan gaya hidup ini.

Oleh sebab itu gaya hidup ini dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe dua.

5. Membantu menyehatkan kulit

Dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin maka akan membantu kulit ternutrisi dan lebih sehat.

Risiko Gaya Hidup Vegan

mengutip dari laman alodokter.com, meski memiliki banyak manfaat, namun gaya hidup ini juga memiliki risiko kurang baik untuk kesehatan seperti risiko anemia dan kekurangan protein.

Hal tersebut dikarenakan gaya hidup vegan melarang orang yang menjalaninya untuk mendapatkan asupan makanan yang bersumber dari hewani.

Padahal, makanan yang berasal dari hewani, seperti daging dan ikan, merupakan salah satu sumber protein dan zat besi yang penting untuk mencegah anemia dan defisiensi protein.

Karena itu pelaku gaya hidup vegan sebaiknya selalu memastikan kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi, terutama protein, zat besi, zinc, yodium, kalsium, vitamin D, dan vitamin B12. Terutama untuk mereka yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter saat berniat melakukan gaya hidup vegan.

 #SHOWRELATEBERITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram