Rumpon Booster Protein Hewani, Masa Depan Nelayan Payang di Sukabumi

Jumat 08 Desember 2023, 13:28 WIB
Nelayan Palabuannratu yang mulai menerapkan metode rumpon booster protein hewani yang diperkenalkan para dosen IPB (Sumber: istimewa)

Nelayan Palabuannratu yang mulai menerapkan metode rumpon booster protein hewani yang diperkenalkan para dosen IPB (Sumber: istimewa)

Kegiatan pemberdayaan masyarakat nelayan payang (boat seine) telah dilakukan pada tanggal 24 November 2023 oleh Tim Dosen Mengabdi Inovasi IPB dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang terdiri dari Dr. Zulkarnain, Dr. Wazir Mawardi, Dr. Ronny I Wahju, Dr. Fis Purwangka dan Teknisi Stasiun Lapang Kelautan IPB Ende Kasma, S.Pi, M.Si.

Tim Dosen Mengabdi Inovasi IPB bersama-sama dengan Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu Yusuf Fathanah, S.Pi, M.Si mengundang stakeholders pemerintah (UPTD TPI Dinas Perikanan Kab. Sukabumi, Satwas SDKP Kab. Sukabumi, Kasat Polair Sukabumi, DANPOS AL Palabuhanratu, Kapolsek Palabuhanratu, Danramil Palabuhanratu, Perwakilan HNSI.

Turut hadir para pelaku usaha perikanan tangkap yang terdiri dari Perusahaan penangkapan ikan di Palabuhanratu, pemilik/nelayan payang dan bagan apung, termasuk anggota Kelompok Usaha Bersama (KUB) Harapan Kita Bina Nusantara Palabuhanratu.

Selain penyampaian evaluasi pelaksanaan PNBP pasca produksi oleh KaLabuh PPN Palabuhanratu, juga sosialisasi tentang inovasi teknologi rumpon booster protein hewani khususnya bagi pemilik/nelayan payang oleh Tim DMI IPB.

Salah satu amanah dari Tridarma Perguruan Tinggi dan Departemen PSP selalu siap untuk bersinergi dengan stakeholders perikanan tangkap di Palabuhanratu. Memberikan akses informasi pengembangan IPTEKs yang telah dihasilkan oleh kampus sekaligus melaksanakan diseminasi inovasi teknologi hasil penelitian kepada masyarakat nelayan untuk dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan dan sekaligus meningkatkan pendapatan nelayan.

Rumpon booster protein hewani termasuk kedalam klasifikasi Alat Bantu Penangkapan Ikan atau ABPI. Salah satu fungsinya untuk memikat dan mengumpulkan ikan kemudian ditangkap dengan mudah oleh alat tangkap yang digunakan nelayan.

Metode ini dapat digunakan untuk berbagai alat penangkapan ikan (spesifik alat tangkap) yang akan disesuaikan dengan aspek teknis konstruksi alat tangkap dan cara pengoperasiannya.

Rumpon booster protein hewani adalah hasil pengembangan riset sebelumnya dan telah di-diseminasikan kepada nelayan bagan apung dan pancing ulur di Desa Palabuhanratu dengan prosentase peningkatan produksi ikan hasil tangkapan masing-masing sebesar 165% dan 58%. Rumpon booster protein hewani memiliki peluang keberhasilan yang sama dalam memberikan peningkatan hasil tangkapan ikan pada kapal payang di Palabuhanratu.

Berkumpulnya ikan-ikan kecil dekat dengan permukaan air akan memunculkan kelompok ikan-ikan sedang dan besar lainnya untuk memangsa ikan-ikan kecil tersebut di permukaan air. Munculnya ikan-ikan di permukaan air adalah peluang yang sangat besar bahwa kapal payang akan mendapatkan hasil tangkapan ikan.

Ada dua alternatif pola pemanfaatan rumpon booster protein hewani pada kegiatan operasi penangkapan kapal payang operasi siang hari.Ada dua alternatif pola pemanfaatan rumpon booster protein hewani pada kegiatan operasi penangkapan kapal payang operasi siang hari.

Ada dua alternatif pola pemanfaatan rumpon booster protein hewani pada kegiatan operasi penangkapan kapal payang operasi siang hari. Pola pemanfaatan pertama adalah adanya kolaborasi dengan bagan apung sebagai basis penempatan konstruksi rumpon booster protein hewani yang dapat dimanfaatkan oleh bagan apung pada malam hari dan kapal payang pada siang hari.

Pola pemanfaatan kedua adalah yang hanya dilakukan oleh kapal payang dengan cara menghanyutkan rumpon booster protein hewani dengan tetap kendali kapal payang sambil memperhatikan kemunculan ikan di permukaan laut.

Penulis: Dr.Ir.Zulkarnain, M.Si

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi28 Februari 2024, 11:00 WIB

9 Ide Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadan, Panen Cuan Saat Lebaran!

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan momen tepat untuk memulai usaha.
Ilustrasi - Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan momen tepat untuk memulai usaha.  (Sumber : Freepik/odua)
Sukabumi Memilih28 Februari 2024, 10:41 WIB

4 Orang Baru, Daftar 7 Caleg Dapil 6 yang Berpotensi Masuk DPRD Kabupaten Sukabumi

Perolehan suara sah partai politik dan calon menjadi dasar pembagian kursi DPRD.
Caleg dapil 6 yang berpotensi masuk menduduki kursi DPRD Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Nasional28 Februari 2024, 10:15 WIB

Kasus Santri Tewas di Ponpes Kediri, Polisi Tetapkan 4 Senior Jadi Tersangka

Polisi telah menangkap 4 santri yang diduga melakukan penganiayaan di Ponpes Kediri.
(Foto Ilustrasi) Polisi telah menangkap 4 santri yang diduga melakukan penganiayaan di Ponpes Kediri. | Foto: Istimewa
Life28 Februari 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Kesehatan Mental Seseorang Mengalami Kekacauan, Kamu Sedang Merasakannya?

Kesehatan mental seseorang yang mengalami kekacauan dapat merujuk pada berbagai kondisi yang mengganggu keseimbangan emosional, kognitif, dan perilaku.
Ilustrasi - Kesehatan mental seseorang yang mengalami kekacauan dapat merujuk pada berbagai kondisi yang mengganggu keseimbangan emosional, kognitif, dan perilaku. (Sumber : pexels.com/@Liza Summer)
Nasional28 Februari 2024, 09:16 WIB

5 Kejanggalan Santri Tewas di Ponpes Kediri, Tubuh Penuh Luka!

Kasus kematian santri di Ponpes Al Hanifiyah Kediri merupakan tragedi yang menyedihkan.
Ilustrasi korban. Kasus kematian santri di Ponpes Al Hanifiyah Kediri merupakan tragedi yang menyedihkan.  (Sumber : Istimewa/pixabay)
Nasional28 Februari 2024, 09:13 WIB

Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Dibahas di Kabinet, Program Anies dan Ganjar Tidak

Program makan siang gratis sudah dibahas di rapat kabinet sebelum ada pengumuman resmi dari KPU soal pemenang Pilpres 2024.
Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden saat debat Pilpres 2024 pertama. | Foto: Instagram/@23faisalrahman
Sehat28 Februari 2024, 09:00 WIB

8 Cara Mengobati Batuk Secara Alami dengan Bahan-bahan Rumahan

Ada banyak pengobatan rumahan untuk mengatasi batuk.
Ilustrasi. Batuk | Ada banyak pengobatan rumahan untuk mengatasi batuk. (Sumber : Freepik/@beenzoix)
Fashion28 Februari 2024, 08:00 WIB

8 Tips Memilih Tas Untuk Pergi Liburan, Utamakan Fungsi!

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih tas untuk liburan
Ilustrasi - 8 Tips Memilih Tas Untuk Pergi Liburan, Utamakan Fungsi! (Sumber : Freepik/Jcomp)
Food & Travel28 Februari 2024, 07:00 WIB

Mengenal Silent Travel, Jenis Liburan yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental

Berikut ini beberapa hal tentang silent travel yang perlu diketahui dan dinilai bermanfaat untuk kesehatan mental
Ilustrasi - Berikut ini beberapa hal tentang silent travel yang perlu diketahui dan dinilai bermanfaat untuk kesehatan mental (Sumber : Instagram/wisatagunungdago)
Food & Travel28 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Chicken Shrimp Roll Ala Hokben, Bisa Jadi Ide Jualan Saat Ramadan

Menjelang bulan Ramadan, Chicken Shrimp Roll bisa menjadi ide jualan yang menguntungkan.
Menjelang bulan Ramadan, Chicken Shrimp Roll bisa menjadi ide jualan yang menguntungkan. (Sumber : X/@hermawan_devina).