China akan 'Bangkitkan' Kembali Kapal Legendaris Titanic

Rabu 19 Mei 2021, 20:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang yang masih penasaran, bagaimana bentuk asli serta sensasi menumpangi kapal legendaris RMS Titanic yang tenggelam pada tahun 1912 silam itu? Dikabarkan, China akan 'membangkitkan' kembali kapal raksasa tersebut, sehingga generasi saat ini dapat melihat secara langsung rupa serta rasanya menaiki kapal bermuatan ribuan orang tersebut.

Sebuah taman hiburan di China akan menawarkan pengalaman nyata rasanya menjadi penumpang kapal Titanic. Replika kapal Titanic sedang dibangun di taman hiburan di Daying County, Provinsi Sichuan dan diberi nama “Titanic yang Tidak Dapat Tenggelam”. 

Melansir dari CNN, kapal itu dibangun sesuai ukuran aslinya, dengan panjang 296,06 meter dan lebar 28,19 meter. Bagian dalam kapal berikut semua fasilitasnya akan dibuat seperti aslinya, termasuk di dalamnya ada ruang perjamuan, teater, dek observasi dan kolam renang.

Tidak hanya sekedar berkeliling ke semua kabin kapal, para tamu juga dapat merasakan sensasi menginap di atas kapal raksasa tersebut. Namun tentang saja, tidak akan ada reka adegan ulang mengenai peristiwa tabrakan mengerikan dengan gunung es seperti yang dialami oleh kapal Titanic yang asli.

Baca Juga :

China Kembangkan Roket Tiruan SpaceX

Sesuai namanya, tiruan Titanic ini dibuat untuk tidak dapat tenggelam karena memang tidak diperuntukan untuk berlayar di lautan. Kapal ini akan berlabuh permanen di waduk Sungai Qijiang, sekitar 130 kilometer dari Chengdu, Ibu Kota Provinsi Sichuan, China.

Proyek ini pertama kali dikerjakan pada tahun 2016. Saat itu, para pekerja konstruksi baru memasang bagian rangkanya. Diperlukan sekira 23 ribu ton baja dan satu miliar yuan (Rp 2,2 triliun) untuk membangun “Titanic yang Tidak Dapat Tenggelam” tersebut. 

Namun, kapal ini bukan satu satunya tiruan Titanic yang pernah dibuat. Tahun 2018 lalu, sebuah perusahaan di Australia bernama Blue Star Line mengumumkan tengah melakukan pembangunan Titanic II yang juga bisa berlayar seperti Titanic asli.

Setelah cukup lama mengalami penundaan, kapal itu akhirnya dipromosikan sebagai salinan identik kapal Titanic yang tenggelam, dengan 835 awak kabin dan mampu menampung 2.435 penumpang.

Bedanya dengan Titanic yang dibuat China, pada tahun 2022 mendatang, Titanic Australia ini akan melakukan pelayaran perdananya di lautan lepas. Tetapi, hingga saat ini tidak ada konfirmasi terbaru dari Blue Star Line mengenai Titanic II tersebut. 

Tentang RMS Titanic

photoPotret RMS Titanic yang akan berangkat dari Inggris menuju Amerika Serikat pada tahun 1912 - (history.com)</span

Kapal Titanic yang asli tenggelam dalam pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, menuju New York, Amerika Serikat, pada 10 April 1912. 

Saat itu, Titanic menjadi kapal penumpang terbesar yang pernah dibuat manusia sepanjang sejarah maritim dunia.

Empat hari hari setelah meninggalkan daratan Inggris, tepatnya pada 14 April 1912 tengah malam, nasib nahas menimpa kapal raksasa ini. Titanic menabrak gunung es di lautan Atlantik pada tengah malam, lalu tenggelam dalam waktu kurang dari tiga jam.

Berdasarkan laporan senat Amerika Serikat, total 1.517 orang tewas dalam kejadian paling mengerikan dalam sejarah perkapalan ini. Keseluruhan orang yang berada di kapal tersebut berjumlah 2.224 orang. Banyak yang tewas karena hipotermia karena situasi dan kondisi lautan Atlantik yang sangat dingin.

Belum lagi sejumlah penumpang dan awak kapal lainnya memperebutkan sekoci untuk dapat selamat dari kecelakaan tersebut, menyebabkan kurang lebih sepertiga penumpang total kapal Titanic tewas mengenaskan.

photo(Ilustrasi) Kejadian kecelakaan kapal RMS Titanic menabrak gunung es di lautan Atlantik - (medium.com)</span

Tahun 1985, sejumlah ilmuwan yang dipimpin Robert Ballard (AS) dan Jean Parry (Prancis) menemukan sejumlah bagian 'tubuh' Titanic, sekitar 350 mil di lepas pantai Tenggara Newfoundland, Kanada.

Tahun 1986, Ballard dan kru lalu menggunakan kapal selam untuk melakukan penelitian terhadap bangkai Titanic yang karam di laut dalam.

Ballard bukan orang pertama yang terobsesi menemukan Titanic, "Titanic saat itu seperti 'Gunung Everest' yang ingin ditaklukan semua pendaki di dunia. Begitu banyak orang mencoba menemukan bangkai Titanic. Awalnya saya pikir akan banyak yang berhasil, ternyata tidak," kata Ballard. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)