Langgar Lockdown, Penasehat Pandemi Corona Inggris Undur Diri

Rabu 06 Mei 2020, 15:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ahli epidemi dari Imperial College London, Neil Ferguson, mengundurkan diri dari posisinya sebagai penasehat pandemi virus Corona (COVID-19) untuk Pemerintah Inggris. Hal itu ia lakukan setelah ketahuan dua kali melanggar lockdown karena menerima tamu perempuan. 

Melansir dari tempo.co, dalam aturan lockdown di Inggris, seseorang tidak boleh meninggalkan rumah kecuali untuk membeli makanan, membeli obat, berolahraga, atau melakukan pekerjaan yang tak mungkin dilakukan dari rumah. Menerima tamu sama saja dengan Ferguson memfasilitasi orang untuk melanggar lockdown.

"Saya mengakui saya telah membuat kesalahan atau memberikan contoh yang buruk. Oleh karenanya, saya memutuskan untuk mengundurkan dari Scientific Advisory Group for Emergencies (SAGE)," ujar Ferguson sebagaimana dikutip dari kantor berita Reuters, Rabu, 6 Mei 2020.

Ferguson melanjutkan bahwa dia menerima tamu dalam keadaan sepenuhnya sadar. Ia merasa yakin dirinya kebal terhadap virus Corona karena sudah dites beberapa kali dan sudah melakukan isolasi. Ia tidak berpikir jauh bahwa tindakannya membawa pesan buruk mengingat dirinya adalah penasehat pemerintah.

"Saya merasa menyesal sudah meremehkan pesan soal perlunya melakukan pembatasan sosial dan menjaga jarak salam pandemi ini. Imbauan pemerintah itu penting sifatnya karena untuk melindungi kita semua," ujar Ferguson.

Selama bekerja untuk SAGE, yang merupakai organisasi penasehat untuk Pemerintah Inggris di kala darurat, Ferguson telah membuat sejumlah kontribusi. Salah satunya, ia membantu menyiapkan model atau mekanisme untuk mengukur separah apa penyebaran virus Corona di Inggris.

Model tersebut menjadi acuan pemerintah Inggris ketika memutuskan untuk menerapkan lockdown. Dalam model buatan Ferguson, Inggris bisa memiliki kasus hingga 500 ribu orang. Saat ini, Inggris tercatat memiliki 196 ribu kasus dan 30 ribu korban meninggal, menjadikannya sebagai negara paling terdampak virus Corona (COVID-19) di Eropa.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com