Pasang Iklan Anak Berjilbab, Teater Canberra Diancam Dibom

Jumat 27 Januari 2017, 02:36 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pusat Teater Canberra terpaksa menarik pernyataannya di media sosial untuk mendukung pemasangan papan iklan dengan gambar anak-anak muslim mengibarkan bendera Australia. Hal itu dilakukan setelah kelompok ekstremis kanan mengancam akan merusak dan membakar gedung itu.

Teater milik pemerintah itu memasang papan iklan besar untuk menyambut Hari Australia (Australia Day) dengan menampilkan gambar dua gadis berjilbab. Teater ini kemudian menyiarkan gambar itu di halaman Facebook-nya awal pekan ini.

Unggahan itu sontak menjadi kontroversial setelah mendapat protes dan kecaman dari banyak penduduknya. Perusahaan Penyiaran Australia (ABC) melaporkan pada 25 Januari 2017 bahwa kelompok ekstremis sayap kanan, Respect Australia, kemudian menyiarkan rincian teater itu secara online.

Kelompok itu mendesak semua anggotanya mengecam pemasangan papan iklan atau billboard tersebut. Tak lama setelah itu, ribuan komentar diterima pihak teater, termasuk pernyataan rasisme dan ancaman bom serta intimidasi untuk membakar papan iklan dan gedung tersebut.

Setelah itu, pihak teater menarik pernyataan tersebut dan semua komentar juga dihapus. Namun pihak teater berkeras untuk terus menampilkan papan iklan tersebut.

Sebelumnya, layar digital signage yang menampilkan berbagai gambar penduduk dari latar suku dan ras berbeda, termasuk gambar dua wanita Islam berhijab, diturunkan dari papan iklan. Ini dilakukan setelah kelompok ekstremis sayap kanan menyiarkannya di media sosial dan mengklaim iklan itu mempengaruhi makna sebenarnya perayaan Hari Australia.

Dalam menanggapi ancaman itu, masyarakat Australia kemudian mengkampanyekan untuk melawan kelompok Respect Australia di media sosial. Kampanye dengan tanda pagar #putthembackup bertujuan mendukung pemasangan kembali papan iklan tersebut.

Pemimpin teater, Andrew Barr, mengumumkan pihaknya mendukung kampanye #putthembackup, selain konsep keragaman budaya dengan menempatkan gambar tersebut pada aset pemerintah.

Sejak 2011, kebanyakan negara di Eropa melarang pemakaian jilbab, termasuk burqa dan niqab, di kalangan penganut Islam. Bahkan Prancis, Belgia, dan Belanda, melarang sama sekali pemakaian burqa, sementara Jerman, Spanyol, Italia, Swiss, dan Denmark mengharamkannya di beberapa tempat. Adapun Estonia dan Albania masih memperdebatkan larangan sepenuhnya pemakaian burqa dan niqab.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com