TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Ada Peringatan Tsunami, Meksiko Diguncang Gempa M 7,6

Andri Somantri
Penulis
Selasa 20 Sep 2022, 10:29 WIB
Ada Peringatan Tsunami, Meksiko Diguncang Gempa M 7,6

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa berkekuatan Magnitudo 7,6 melanda Meksiko barat, Senin, 19 September 2022. Gempa dahsyat ini menewaskan sedikitnya satu orang, merusak bangunan, mematikan listrik dan membuat penduduk Mexico City berebut keluar untuk menyelamatkan diri.

Dilansir dari Tempo.co, satu orang tewas di pelabuhan Pasifik Manzanillo ketika atap department store runtuh menimpa pengunjung, kata pemerintah. Pihak berwenang juga melaporkan kerusakan pada beberapa rumah sakit di negara bagian barat Michoacan dekat pusat gempa, yang jarang penduduknya. Satu orang terluka oleh pecahan kaca di sebuah rumah sakit.

Gempa berkekuatan 7,6 melanda tak lama setelah pukul 1 siang di dekat pantai barat dan dekat perbatasan Michoacan dengan negara bagian Colima, kata Survei Geologi AS (USGS).

Gempa itu relatif dangkal, dengan kedalaman hanya 15 km (9 mil), yang akan memperkuat dampaknya.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik A.S. mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa bagian pantai Meksiko. Disebutkan gelombang mencapai 1 hingga 3 meter di atas permukaan air pasang mungkin terjadi.

Walikota Mexico City Claudia Sheinbaum mengatakan tidak ada laporan segera tentang kerusakan besar di ibu kota setelah gempa, yang bergemuruh di Meksiko pada tanggal yang sama ketika gempa merusak melanda negara itu pada tahun 1985 dan 2017.

"Sepertinya seperti kutukan," Isa Montes, seorang desainer grafis berusia 34 tahun di lingkungan pusat kota Roma, mengatakan tentang waktu gempa ketika helikopter terbang di atas, mengamati kota.

Universitas Otonomi Nasional Meksiko (UNAM), salah satu lembaga pendidikan tinggi paling bergengsi di negara itu, mengatakan tidak ada penjelasan ilmiah untuk tiga gempa besar pada hari yang sama dan mengaitkannya dengan kebetulan belaka.

Tetapi yang lain tidak bisa sepenuhnya mempercayainya.

"Ini tanggalnya. Ada sesuatu tentang tanggal 19," kata Ernesto Lanzetta, pemilik bisnis di wilayah Cuauhtemoc di kota itu. "Tanggal 19 adalah hari yang harus ditakuti."


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini