5 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tahun 2022

Senin 13 Desember 2021, 18:43 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Cara mendapatkan uang dari Internet makin banyak dicari orang. Sekarang, internet bergeser menjadi sebuah 'pabrik' monetisasi besar, Anda benar-benar dapat menemukan dunia kedua yang penuh dengan referensi, hiburan, ilmu kesehatan dan bahkan uang. 

Dilansir dari lifehack.org.com, mari selami beberapa solusi efektif yang tersedia di internet untuk dapat membayar dan menghadiahi Anda dengan uang nyata yang cukup menjanjikan. 

1. Monetize akun Social Media Anda

photo(Ilustrasi) Monetize akun Social Media. - (via swagbucks.com)</span

Kehadiran media sosial sangatlah penting bagi semua orang di era digital saat ini. Beberapa platform media sosial tak hanya membantu Anda untuk eksis, tetapi kini dapat membayar Anda untuk konten yang Anda buat dan itu adalah hak Anda untuk memiliki kolaborasi bisnis yang saling menguntungkan.

Untuk 'bersinar' secara online, buatlah postingan rutin yang diterbitkan setiap hari, Anda harus membuat konten teks, gambar maupun video memiliki nilai keunikan. Lalu, mulailah membangun interaksi dengan audiens Anda. 

Kedua, mulailah dengan menceritakan kisah Anda sendiri, karena orang lebih penasaran untuk meniru siapa pun dan menetapkan persona idola yang memiliki nilai dramatis serta nyata.

Dedikasikan waktu Anda untuk mempelajari dasar-dasar praktek pembuatan grafis, naskah, video atau audio suatu platform media sosial.

Misalnya, beberapa orang menyukai konten potret ponsel alami seperti tiktok dan lainnya, Sedangkan YouTube, menuntut Anda untuk membuat format video lanskap yang menonjol sebagai sinematik.

Ikuti terus setiap fitur trendi terbaru, video viral, halaman jelajah dan tagar eksklusif yang bertebaran di internet.

2. Menjadi Freelancer

photo(Ilustrasi) Menjadi Freelancer atau Pekerja Lepas. - (via gatheringdreams.com)</span

Saat ini, banyak sekali opsi pekerjaan lepas atau freelance yang diposting di internet, jadi mengapa Anda tidak ikut mencobanya? Percayalah, platform penyedia layanan pekerjaan freelance tersebut mudah digunakan, tidak rumit seperti yang Anda bayangkan.

Jangan pernah mengatakan pada diri sendiri bahwa tidak ada waktu untuk mengolah aset atau Anda sedang tidak mood. Anda akan menemukan keajaiban setelah memulai dengan dibayar atau menjadi populer.

Kita semua memiliki banyak keterampilan kreatif, logika atau mentalitas bisnis yang layak untuk diinvestasikan.

Berikut adalah daftar beberapa situs web terverifikasi dan terpercaya yang dapat Anda pilih untuk memulai pengalaman bekerja freelance:

Fiverr, upwork, Toptal, Freelancer dan masih banyak lagi.

3. Menulis Artikel

photo(Ilustrasi) Pekerjaan menulis artikel atau content writer. - (via shoutmeloud.com)</span

Inilah artikel saya yang sedang Anda baca, di satu sisi Anda mendapat manfaat dari ide-ide baru untuk menghasilkan uang dan di sisi lain Anda memotivasi saya untuk lebih membuat banyak artikel. 

Alasan utama dibalik eksistensi internet adalah Anda diberi kesempatan untuk mencari lebih banyak pengetahuan, membaca, belajar tentang apa pun yang berguna untuk otak kita.

Jika Anda berpikir Anda memiliki keterampilan yang terbatas, percayalah bahwa ide-ide Anda berbeda dan layak untuk dibagikan kepada orang lain. 

Anda dapat menulis tentang apa saja, mana yang pertama kali muncul di otak Anda atau yang mungkin mengganggu Anda, lalu buatlah konten tersebut tanpa ragu.

Kata-kata yang Anda buat sangatlah berharga dan mahal, inilah mengapa beberapa platform akan membayar Anda untuk membagikan ide Anda melalui tulisan yang Anda.

Contohnya ada Medium atau blog yang Anda buat sendiri dengan mengaktifkan iklan google di situs web Anda, media Vokal, Halaman Hub, Quora dan banyak lagi.

Nah, sebagai tambahan, jika Anda lebih suka berbicara daripada menulis, jangan ragu untuk memulai podcast Anda sendiri menggunakan layanan podcast dari Google, Apple atau Spotify.

4. Buat Kursus Online

photo(Ilustrasi) Menjadi seorang pengajar di kursus online. - (via businesstoday.in)</span

“How To” telah dianggap sebagai kueri atau kata kunci yang paling banyak ditelusuri di internet.

Akibatnya, jika Anda mengunggah sebuah konten kursus atau lokakarya yang bermanfaat serta terpandu dengan baik, Anda berpotensi akan mendapatkan perhatian jutaan orang di seluruh dunia. 

Perlu diketahui, jika jangkauan konten Anda tinggi, jumlah pendapatan juga akan tinggi. Buatlah konten edukasi berkonsep simpel dengan hanya bermodalkan peralatan sederhana seperti kamera smartphone untuk membuat cerita yang akan Anda bagikan ke banyak orang. 

Berikut beberapa platform online untuk mempublikasikan konten kursus Anda:

YouTube, Rumble, Uscreen , Tiktok dan Instagram. Selain itu, Anda juga dapat mencoba platform penyedia kursus online seperti Coursera, Udemy dan Skillshare.

5. Dropshipping

photo(Ilustrasi) Bisnis Dropshipping. - (unsplash.com)</span

Sisi positif dari terjadinya Pandemi saat ini yaitu mengubah banyak model bisnis menjadi online.

Kini, orang tidak perlu melakukan aktivitas tatap muka langsung dalam hal jual beli. Hadirnya berbagai platform jual beli online, dirasakan penjual dan pembeli sehingga proses jual beli dirasa lebih efektif dan efisien.

Seiring berjalannya waktu, bisnis kreatif bernama Dropshipping semakin populer dan diminati banyak orang. 

Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang penjualan dan merchandising, ide bisnis Dropshipping adalah peluang bagus bagi Anda untuk memulai membeli produk dengan harga grosir lalu menjualnya kembali dengan harga pengecer.

Metode ini ternyata digunakan Alibaba, 1688, Amazon dan chinabrands di awal-awal masa perintisan mereka.

Meskipun masih terdengar agak sulit bagi sejumlah orang untuk melakukan bisnis Dropshipping ini, tetapi dalam prosesnya, ini adalah bentuk nyata dari bagaimana cara mendapatkan uang dengan mudah dari internet.

E-Commerce berkembang seperti bentuk yang belum pernah terjadi sebelumnya, membuat Anda memiliki banyak pilihan untuk membangun bisnis secara online. 

Telusuri kembali setiap ide bermanfaat yang membuat otak Anda bersinar dan motivasi diri Anda untuk memulai dengan menerapkan metode-metode efektif ini dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Jangan lupa untuk berbagi dan menginspirasi orang banyak mengenai cerita Anda memulai bisnis kreatif ini, banyak orang akan senang mendengarnya!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat17 Mei 2024, 16:00 WIB

5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup.
Ilustrasi - Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 15:45 WIB

5 Manfaat Bermain Pura-pura yang Dapat Mengembangkan Imajinasi Anak-anak

Dari memupuk kreativitas hingga mendorong pertumbuhan sosial dan emosional anak, bermain pura-pura atau permainan imajinatif bermanfaat karena berbagai alasan.
Ilustrasi anak-anak yang sedang memainkan permainan pura-pura (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life17 Mei 2024, 15:15 WIB

9 Manfaat Kesehatan Menyusui Bayi Bagi Ibu, Salah Satunya Menurunkan Resiko Kanker

ASI memiliki berbagai manfaat bagi si kecil. Tetapi, menyusui juga berdampak baik pada Ibunya
manfaat kesehatan memberikan ASI pada Bayi bagi seorang Ibu (Sumber : Pexels.com/@AnnaShvets)
Nasional17 Mei 2024, 15:01 WIB

Ini Harta Kekayaan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Disindir Hidup Bermewah-mewahan

Ketua KPU Hasyim As'yari disindir anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Riswan Tony soal gaya hidup para anggota KPU yang terlihat bermewah-mewahan.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Istimewa
Inspirasi17 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life17 Mei 2024, 14:45 WIB

Dapat Melindungi Dari Penyakit, Berikut 8 Manfaat Luar Biasa ASI Bagi Bayi

Menyusui memiliki berbagai manfaat bagi bayi, salah satunya adalah dapat melindungi si kecil dari penyakit
Ilustrasi manfaat memberikan ASI kepada bayi yang bisa dijauhkan dari penyakit (Sumber : Freepik.com/@bristekjegor)
Sukabumi17 Mei 2024, 14:37 WIB

Rekonstruksi Pembunuhan di Citepus Sukabumi: Ceceu Ditusuk Pisau Ditenggorokan

Satreskrim Polres Sukabumi merekonstruksi kasus pembunuhan Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun), seorang asisten rumah tangga (pembantu). Ceuceu ditemukan tewas bersimbah darah di rumah majikanya, pada Sabtu (4/5/2024) lalu.
Adi (20 tahun), tersangka pembunuhan saat rekonstruksi | Foto : Ilyas Supendi
Life17 Mei 2024, 14:30 WIB

Anak Minum ASI 2 Tahun Penuh: Ini Manfaat Kesehatan, Emosional hingga Ekonomi!

WHO dan UNICEF merekomendasikan menyusui secara eksklusif selama 6 bulan pertama dan melanjutkan menyusui hingga usia 2 tahun atau lebih, bersama dengan pemberian makanan pendamping ASI.
Ilustrasi. Breastfeeding. Manfaat Minum ASI Selama 2 Tahun Penuh untuk Anak (Sumber : Freepik/@freepik)
Life17 Mei 2024, 14:15 WIB

Orang Tua Perlu Tahu, 3 Alasan Mengapa Anak Berani Berbohong

Anak yang sering berbohong seringkali mengalami kesulitan dalam membangun hati nurani yang benar serta dapat dengan jelas belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Ilustrasi ketika seorang anak berani berbohong kepada orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sukabumi Memilih17 Mei 2024, 14:07 WIB

5 Dari 10 PPK Bermasalah Kembali Dilantik, Ini Alibi KPU Kota Sukabumi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024. Kamis (16/5/2024).
Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno saat diwawancarai soal PPK bermasalah kembali dilantik | Foto : Asep Awaludin