NEET: 4 Jenis Pengangguran Ala Jepang

Jumat 04 Februari 2022, 15:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jika kamu anime lovers, pasti kamu pernah mendengar kata NEET yang dilontarkan salah satu karakter anime. Entah sebagai sindiran atau memang yang menggambarkan seseorang tersebut memang seorang NEET.

NEET atau Not in Education Employment, or training. Bisa digambarkan seseorang yang tidak ingin bekerja, menempuh Pendidikan atau pelatihan apapun. Intinya mereka tidak ingin melakukan hal apapun yang bisa mengikat dirinya.

Simpelnya NEET adalah seorang pengangguran karena Pilihan mereka sendiri. Pengangguran pada umumnya adalah orang-orang yang tidak bekerja atau belum mendapatkan pekerjaan.

Istilah unik ini berasal dari Jepang, sebutan NEET sangat tergambar dari beberapa anime orang-orang yang “tidak berguna” atau bahkan bisa dikatakan sebagai “sampah masyarakat”.

photoIlustrasi Penyebab orang menjadi seroang NEET - (Unsplash)

Namun, ada beberapa hal yang membuat orang menjadi demikian, misalnya karena mereka telah menjadi korban dari bullying. Sehingga merasa trauma yang mendalam ketika mereka bertemu dengan orang lain.

Baca Juga :

Secara umum pengangguran di Jepang disebut “Mugyousha”. Namun ada beberapa jenis dan istilah lain untuk para pengangguran ala Jepang.

Apa saja sebutan pengangguran atau NEET tersebut, simak penjelasanya berikut ini.

1. Yankee kata

Tipe pengangguran Yankee kata adalah mereka yang lebih suka bersenang-senang dari pada memikirkan pekerjaan. Biasanya tipe ini sangat bergantung pada orang tua mereka yang kaya raya.

Di Indonesia juga banyak tipe-tipe pengangguran seperti ini, tapi  buruknya ketika orang tua mereka tiada, mereka akan sangat kewalahan dalam menjalankan hidup.

2. Hikikomori kata

Tipe yang satu ini, biasanya mereka lebih suka mengurung diri daripada bersosialisasi dengan lingkungan luar atau anti-sosial. Biasanya mereka juga suka menghabiskan waktunya untuk bermain game atau internet di dalam kamar.

Jika kita lihat di film anime, orang-orang Hikikomori adalah korban dari bullying teman-teman mereka saat sekolah. Mungkin, bisa jadi ini bukan keinginan mereka ya!

3. Tachisukumu kata

Tipe tachisukumu adalah tipe yang masih memikirkan soal pekerjaan dan masih bimbang tentang nasibnya di masa depan. Nah, tipe ini rata-rata mereka yang telah dan baru lulus dari perguruan tinggi.

Kalau di Indonesia sendiri, tipe-tipe ini memang banyak, mereka yang baru lulus dan harus bersaing dengan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman bekerja yang hebat. Memang sangat sulit ya mencari pekerjaan.

4. Tsumazu kata

Tipe NEET yang ini adalah orang yang sebelumnya pernah mencoba membuka usaha. Namun, karena mereka mengalami kegagalan, kemudian depresi, trauma dan kena mental akhirnya mereka memutuskan untuk tidak lagi bekerja. Namun, jangan sampai jadi beban keluarga juga ya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 10:14 WIB

Geger Pria di Citepus Sukabumi Tewas Telanjang Berlumuran Darah di Rumah Majikan

Seorang pria bernama Ajo Sutarjo ditemukan tewas di ruang tamu rumah majikannya yang berada di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2024) sekitar pukul 04.15 WIB
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi