3 Tips Mendampingi Pasangan dengan Gejala Depresi saat Pandemi

Minggu 04 Oktober 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya atau bukan, merawat pasangan yang sedang berjuang melawan depresi adalah tugas yang sulit. Namun di tengah pandemi, begitu banyak faktor tambahan yang dapat menambah lapisan stres tambahan pada situasi yang rumit dan melelahkan secara emosional itu.

Misalnya, berduka karena kehilangan orang yang dicintai karena COVID-19 atau berjuang dengan ketidakamanan finansial yang terkait dengan kehilangan pekerjaan adalah kenyataan pandemi yang mengganggu bagi banyak orang yang tidak dapat ditolong atau diubah. Dan ketidakpastian tidak tahu kapan pandemi akan berakhir dan merasa terisolasi dari teman dan orang yang dicintai juga dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Jadi, meski merawat pasangan yang mengalami gejala depresi selalu rumit, melakukannya sambil merawat diri sendiri selama masa pandemi bukanlah tugas yang mudah. Lagi pula, meski tanpa faktor-faktor tersebut saat pasangan Anda merasa sedih atau tertekan, wajar jika Anda merasa sedih. Dan karena saat ini begitu banyak orang yang bekerja dari rumah, pasangan mungkin menghabiskan lebih banyak waktu bersama dalam jarak dekat daripada sebelumnya. Ini berarti tidak ada kesempatan untuk "melarikan diri" sejenak. 

Tetap saja, memprioritaskan kesehatan mental Anda sendiri adalah kunci untuk dapat secara efektif mendukung pasangan yang sedang bergumul dengan gejala depresi. Berikut ini, pakar kesehatan mental memberikan tips untuk membantu Anda, seperti dilansir dari laman Well and Good.

1. Bersikaplah proaktif setelah memperhatikan tanda-tanda depresi

Memperhatikan tanda-tanda depresi itu penting karena memperhatikan perubahan tertentu dalam perilaku atau kehilangan minat pada hal-hal yang sebelumnya dinikmati seseorang dapat membantu Anda menjadi proaktif daripada reaktif, kata psikolog klinis Lisa Langer, PhD, penulis Deeper into Mindfulness. Untuk mengungkapkan apa yang Anda perhatikan, dia menyarankan untuk memimpin dengan kasih sayang dan kebaikan, dan menanyakan pasangan Anda tentang perasaan mereka. “Hanya menanyakan apa yang salah, atau apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk membantu benar-benar membantu,” kata Dr. Langer, menambahkan bahwa lingkungan rumah yang damai dan rutinitas teratur juga membantu. “Pikirkan beberapa pereda stres yang dapat Anda lakukan bersama, seperti berjalan-jalan setiap malam.”

Salah satu pendiri dan terapis klinis Viva Wellness Rachel Gersten, LMHC, menambahkan bahwa mendukung pasangan Anda tidak selalu berarti membicarakan apa yang ada di pikiran mereka. “Anda bisa berada di sana untuk pasangan Anda hanya dengan menonton film dengan mereka di sofa. Atau dengan mengambil es krim favorit mereka saat Anda berada di toko," katanya. Menemukan cara-cara kecil untuk menunjukkan bahwa Anda peduli akan sangat bermanfaat. 

2. Cegah kejenuhan Anda sendiri

Menjadi tempat bersandar dapat membebani seseorang, dan meskipun penting bagi pasangan Anda untuk merasa nyaman dan aman membuka diri kepada Anda, batasan juga penting, kata terapis klinis berlisensi Nedra Tawwab, LCSW. “Salah satu cara untuk benar-benar membantu pasangan Anda dan diri Anda sendiri adalah menghubungkan mereka dengan dukungan luar,” katanya, menambahkan bahwa terapi virtual dapat menjadi pilihan yang dapat diakses saat pandemi.

Ini tidak hanya memberikan telinga yang tidak bias yang dapat memberikan bantuan profesional tetapi juga mengangkat beban emosional yang mungkin terlalu berat dari pundak Anda. "Kami semua secara kolektif mengalami semacam kesedihan dan respons traumatis terhadap segala sesuatu yang terjadi," kata Tawwab. “Anda mungkin hampir tidak bisa mengatasi diri sendiri, jadi mengambil beban emosional orang lain bisa jadi terlalu berat. Penting untuk menetapkan batasan tentang seberapa sering Anda mendengarkan masalah orang lain. ”

Meskipun demikian, tidak mudah untuk memberi tahu pasangan untuk berhenti membicarakan emosi mereka, terutama karena mendengarkan adalah cara penting untuk menunjukkan dukungan. Tetapi jika Anda mulai merasa kewalahan dengan peran pendukung Anda, Tawwab menyarankan untuk menyuarakan kebutuhan Anda dengan hormat. "Anda dapat menyampaikan bahwa Anda peduli tentang mereka sambil juga mengungkapkan bagaimana hal itu berdampak pada kesehatan mental Anda untuk membicarakan sesuatu [secara ekstensif]."

Strategi lain untuk menetapkan batasan sambil tetap mendukung pasangan yang berjuang dengan gejala depresi adalah menjadwalkan waktu untuk diri Anda sendiri setiap hari, kata Gersten. Pastikan Anda menyampaikan bahwa periode ini — entah itu menonton acara TV, melakukan yoga di luar ruangan, atau hanya mendengarkan musik — adalah waktu "Anda", jadi Anda membuat batasan yang jelas. Dan jangan lupa bahwa Anda juga membutuhkan orang lain untuk diajak bicara. Apakah Anda mencari terapi untuk diri sendiri atau hanya mengatur waktu telepon dengan teman, memiliki sistem pendukung di luar rumah adalah kuncinya, kata Gersten.

3. Kelola tanggung jawab rumah tangga

Hampir setiap tugas rumah tangga semakin banyak selama pandemi. Misalnya lebih banyak makan di rumah berarti lebih banyak piring, dan lebih banyak orang di rumah berarti lebih banyak menyedot debu dan membersihkan debu. Tetapi itu tidak berarti Anda harus mengambil semuanya sendiri, bahkan jika pasangan Anda sedang bergumul dengan gejala depresi. “Penting untuk memberikan kelonggaran pada pasangan Anda, tetapi Anda masih dapat bertanya apa yang mereka punya energi untuk membantu,” kata Gersten.

Juga berhati-hatilah untuk memberi diri Anda waktu istirahat dalam hal seberapa banyak yang sebenarnya dapat Anda capai selama masa-masa yang tidak normal dan sering kali membuat stres ini. “Lihat daftar apa yang ingin Anda selesaikan dan prioritaskan apa yang benar-benar penting,” kata Gersten. “Ini mungkin berarti rumahnya tidak sebersih biasanya karena prioritasnya adalah home-schooling. Tidak apa-apa."

Dan ingat, kata Dr. Langer, bahwa pandemi tidak akan bertahan selamanya, yang berarti lapisan stres yang ditambahkan ke banyak situasi belum tentu menjadi faktor yang memperumit situasi lain — seperti merawat pasangan yang berjuang mengatasi gejala depresi— selama-lamanya. Jadi, untuk menjadi sistem pendukung yang paling efektif, dengarkan tetapi juga ketahui kapan dan bagaimana menetapkan batasan untuk mendukung diri Anda sendiri.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)