Nangka Penyelamat Saat Covid-19, Mendunia Karena Rasanya

Rabu 27 Mei 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hijau, runcing dan dengan aroma manis yang kuat, itulah ciri fisik nangka. Tanaman ini dianggap tak berguna yang tumbuh di halaman belakang warga India. Dan banyak dijumpai di wilayah pantai selatan India. Kini menjadi populer di Barat bagi vegan dan vegetarian.

Dilansir dari tempo.co, sama halnya di Indonesia, nangka hanya tanaman sambilan. Bukan tanaman pokok yang dijadikan perkebunan buah. Namun, popularitas nangka, menjadikan India sebagai produsen nangka terbesar di dunia. Mengutip Al Jazeera, nangka disebut sebagai daging super, berfungsi sebagai pengganti daging di resto-resto top di San Francisco, London, hingga New Delhi. Para koki menyebut teksturnya seperti daging babi ketika tidak matang.

"Ada banyak pertanyaan dari luar negeri ... Di tingkat internasional, minat terhadap nangka telah meningkat berlipat ganda," kata Varghese Tharakkan kepada kantor berita AFP dari kebunnya di distrik Thrissur, Kerala.

Buah, yang beratnya rata-rata 5 kilogram, memiliki daging berwarna kuning lilin ketika matang dan dimakan segar. Bisa dijadikan campuran untuk membuat kue, jus, es krim dan dibuat keripik. Ketika mentah, ia dikategorikan sebagai sayur, yang ditambahkan ke kari atau digoreng, cincang dan tumis. Di Barat, abon nangka menjadi alternatif populer untuk menggantikan daging babi dan bahkan digunakan sebagai topping pizza.

"Orang-orang menyukainya," kata Anu Bhambri, yang memiliki rantai restoran di Amerika Serikat dan India. "Taco nangka telah menjadi hit di setiap lokasi. Potongan daging nangka – dipesan di setiap meja, itu salah satu favorit saya!"

Popularitas nangka bahkan membuat James Joseph berhenti dari pekerjaannya sebagai direktur di Microsoft. Menurutnya, nangka mendapatkan momentum sebagai alternatif bagi para vegan untuk daging.

Diminati Saat Pandemi

Krisis Covid-19, kata Joseph, telah menciptakan dua lonjakan minat konsumen. "Virus corona menyebabkan ketakutan terhadap ayam dan orang-orang beralih ke daging buah nangka. Di Kerala, kuncian menyebabkan lonjakan permintaan nangka hijau dan biji nangka dewasa, karena kekurangan sayuran karena pembatasan perbatasan," jelasnya.

Minat global terhadap veganisme sudah melonjak sebelum pandemi, didukung oleh gerakan-gerakan seperti Senin Tanpa Daging dan Veganuary, dan dengan itu, bisnis nangka menjadi "daging alternatif".

Lalu, kekhawatiran tentang kesehatan dan lingkungan - sebuah laporan PBB tahun 2019 menyarankan untuk mengadopsi lebih banyak pola makan nabati yang dapat membantu mengurangi perubahan iklim - yang berarti konsumen beralih ke merek seperti Impossible dan Beyond Meat untuk pengganti nabati untuk ayam, daging sapi, dan babi.

Tetapi mereka juga menggunakan pengganti yang sudah lama populer di Asia seperti tahu dan tempe berbasis kedelai, dan turunan gandum, serta nangka. Lonjakan permintaan ini menyebabkan semakin banyaknya kebun nangka bermunculan di negara pantai.

"Anda mendapat gigitan keras seperti daging - itulah yang mendapatkan popularitas dan seperti daging, ia menyerap rempah-rempah," komentar Joseph.

Perusahaannya menjual tepung nangka yang dapat dicampur dengan atau digunakan sebagai alternatif dari tepung gandum dan beras, untuk membuat apa pun untuk roti burger, seperti roti India, idli.

Joseph bekerja dengan Layanan Penelitian Indeks Glikememik Universitas Sydney untuk menetapkan manfaat kesehatan dari nangka, "Ketika kami melakukan analisis nutrisi, kami menemukan nangka sebagai makanan lebih baik daripada nasi dan roti (roti) untuk orang biasa yang ingin mengendalikan gula darahnya," tambahnya.

India memiliki salah satu tingkat diabetes tertinggi di dunia dan diperkirakan mencapai sekitar 100 juta kasus pada tahun 2030, menurut sebuah studi oleh The Lancet, sebuah jurnal medis.

Di Tamil Nadu dan Kerala saja, permintaan nangka sekarang 100 metrik ton setiap hari. Dan selama puncak musim nangka, menghasilkan omset US$19,8 juta per tahun, kata profesor ekonomi S Rajendran dari Gandhigram Rural Institute. Setiap pohon dapat menghasilkan sebanyak 150-250 buah per musim.

Tetapi ada peningkatan persaingan dari negara-negara seperti Bangladesh dan Thailand, yang juga sebagai penghasil nangka selain India.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi02 Mei 2024, 11:39 WIB

Timnas Tatap Olimpiade, Sodikin Berharap Sepak Bola Sukabumi Ikut Berkembang

Sodikin berhadap sepak bola Sukabumi ikut berkembang.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: Facebook/PKS Kabupaten Sukabumi
Sehat02 Mei 2024, 11:30 WIB

Kurang Tidur, 8 Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat

Kurangnya istirahat dan tidur yang cukup dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh karena tubuh memiliki waktu yang kurang untuk memulihkan dan memperbaiki diri.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
DPRD Kab. Sukabumi02 Mei 2024, 11:14 WIB

Kunci Tiket Olimpiade, DPRD Sukabumi Minta Timnas Indonesia Kalahkan Irak

Amran berharap sepak bola lokal Sukabumi juga dapat berkembang.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Life02 Mei 2024, 11:00 WIB

Tulus, 7 Sikap Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Bijaksana

Sikap-sikap sederhana orang bijak ini dapat memberikan kesan bahwa seseorang itu bijaksana karena menunjukkan kedewasaan, empati, dan kemampuan untuk berpikir secara rasional dan terbuka.
Ilustrasi. Tulus.  Sikap Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Bijaksana (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Science02 Mei 2024, 10:52 WIB

Termasuk Sukabumi! Hujan Diprediksi Guyur Jabar pada Dasarian Pertama Mei 2024

Waspadai bencana hidrometeorologis berupa genangan banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan dampak kerusakan lainnya.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprediksi curah hujan semakin berkurang pada dasarian pertama Mei 2024 di Jabar. | Foto: Pexels/Cottonbro Studio
Food & Travel02 Mei 2024, 10:31 WIB

8 Air Rebusan Herbal Alami yang Bisa Membantu Mengobati Asam Urat

Sangat penting untuk diingat bahwa rebusan bahan alami untuk asam urat ini sebaiknya tidak dianggap sebagai pengganti perawatan medis yang diresepkan oleh dokter.
Ilustrasi. Ilustrasi. Air Rebusan Herbal Alami yang Bisa Membantu Mengobati Asam Urat. | Foto: Pixabay/mirkostoedter
Life02 Mei 2024, 10:18 WIB

Ajarkan Disiplin, 5 Alasan Penting Menetapkan Batasan pada Anak yang Patut Diketahui

Menetapkan batasan pada anak berarti menetapkan pedoman perilaku meskipun tidak ada aturan resmi dalam rumah tangga.
Ilustrasi menetapkan batasan pada anak. | Foto: Pexels.com/@Luna Lovegood
Life02 Mei 2024, 10:08 WIB

Bangun Hubungan Sehat dengan Anak, Begini 5 Cara Menggunakan Teknik Disiplin Positif

Disiplin positif kemungkinan besar akan efektif bagi pengasuh mana pun dan dapat membantu memastikan bahwa anak-anak belajar dari kesalahan mereka.
Ilustrasi menggunakan teknik disiplin positif pada anak. | Foto: Pexels.com/@Ketut Subiyanto
Cek Fakta02 Mei 2024, 10:00 WIB

Hoaks! Sulfur Dioksida dari Vulkanik Erupsi Gunung Ruang Menyebar ke Pulau Jawa

Klaim hoaks ini dibuktikan dengan peta penyebaran SO2 dari situs windy.com.
(Foto Ilustrasi) Beredar unggahan hoaks di Facebook soal dampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. | Foto: Istimewa
Life02 Mei 2024, 10:00 WIB

5 Strategi Sederhana untuk Menemukan Kebahagiaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Menerapkan strategi sederhana ini seperti menambahkan percikan warna kebahagiaan ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.
Ilustrasi. Menerapkan strategi sederhana ini seperti menambahkan percikan warna kebahagiaan ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. (Sumber : Freepik)