Fakta Menarik Curug Citambur, Salah Satu Air Terjun Paling Indah di Jawa Barat

Minggu 08 Januari 2023, 17:30 WIB
Curug Citambur, salah satu air terjun paling indah di Jawa barat | Foto: Instagram/@@permanaafiz14_

Curug Citambur, salah satu air terjun paling indah di Jawa barat | Foto: Instagram/@@permanaafiz14_

SUKABUMIUPDATE.com - Jawa Barat memiliki banyak sekali wisata air terjun (Curug) salah satunya yaitu Curug Citambur di Kabupaten Cianjur. Air terjun ini juga menjadi salah satu yang paling indah di Jawa barat versi Smiling West Java.

Melansir dari Suara.com,air terjun yang terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur ini mengalir dari ketinggian tebing mencapai 100 meter.

Alirannya memiliki beberapa undakan dengan dominasi undakan tertinggi yang memiliki debit air paling besar. Letaknya berada di dua sisi tebing yang penuh dengan hamparan rumput dan aneka vegetasi liar.

Baca Juga: 5 Air Terjun Paling Indah di Jawa Barat versi Smiling West Java, Mana Pilihan Kamu?

Meskipun pengunjung harus melakukan perjalanan yang tidak mudah dan cukup menantang untuk menuju Curug Citambur, tapi obyek wisata itu selalu saja ramai dikunjungi.

Untuk lebih mengetahui tentang Curug Citambur, berikut beberapa fakta menarik salah satu air terjun paling indah di Jawa Barat ini.

1. Alam Masih Asri

Lingkungan Curug Citambur masih sangat alami. Udaranya pun sangat sejuk karena berada di dataran tinggi serta dikelilingi pepohonan rindang.

Baca Juga: Ramalan Jayabaya "Murcane Sabdo Palon Noyo Genggong", Kisah Nyata Majapahit Abad Ke-15

Lokasi Curug Citambur yang “tersembunyi”, berada di balik tebing Gunung Lemo, gunung tersebut membentang dari wilayah Rancabali hingga Pasir Kuda konon katanya menyerupai huruf L.

Keadaan alamnya akan membuat Anda betah untuk tinggal berlama-lama. Curug Citambur tempat yang tepat untuk mengajak anggota keluarga menikmati akhir pekan di alam terbuka.

2. Tinggi mencapai ratusan meter

Curug Citambur berdiri dengan megahnya dengan ketinggian sekitar 130 meter dan memiliki 2 tingkatan air terjun. Tingkatan air terjun yang pertama sangat tinggi, sekitar 100 meter.

Baca Juga: Dibintangi Berlliana Lovell, Kupu-Kupu Malam Versi Mael Lee Berakhir Plot Twist

Airnya mengalir deras sehingga menciptakan uap air tipis di sekitar jatuhnya air. Saking derasnya, tempias air dapat terasa dari jarak 50 meter di sekitar curug. Hawa dingin dan sejuk akan langsung menerpa begitu memasuki kawasan wisata ini.

3. Kolam Alami

Ada kolam alami di bawah air terjun Citambur. Kolamnya tak terlalu lebar dan airnya langsung mengalir membentuk air terjun mini.

And dapat bermain air di sekitar aliran air terjun yang alirannya sangat jernih ini. Namun Anda harus siap dengan kondisi air yang cukup dingin menusuk tulang.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Kill Bill dari Sza Ceritakan Balas Dendam pada Mantan

4. Bertabur Spot Foto

Pengelola Curug Citambur sudah menyediakan beberapa spot foto yang kece banget untuk berfoto,. Lokasi foto yang paling terkenal ialah spot rumah terbalik.

Terdapat kontruksi rumah dengan posisi berbeda dari biasanya, yakni posisinya terbalik, di mana atapnya berada di bagian bawah.

Banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam sebuah foto maupun video. Selain itu ada pula spot foto sebuah gardu pandang dengan latar Curug Citambur, rumah pohon, menyerupai sebuah gapura yang bertuliskan Curug Citambur, serta beberapa spot foto lainnya. Untuk mengakses spot foto, pengunjung harus membayar Rp5.000.

Baca Juga: Alamat Proxy Whatsapp Server Indonesia dan Cara Settingnya Agar Pakai WA Tanpa Internet

5. Perjalanan cukup menantang

Menikmati Curug Citambur tak semudah kelihatannya. Meski berada di area yang relatif bisa dijangkau kendaraan, akses jalannya belum terlalu baik.

Wisatawan akan menemukan kondisi jalan rusak, curam, dan bebatuan ketika memasuki Desa Karangjaya. Setelah tiba di gerbang masuk dan memarkirkan kendaraan, pengunjung masih harus berjalan kaki ke lokasi air terjun.

Jaraknya bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit. Tetapi rasa lelah akan langsung hilang dan terbayar oleh pemandangan air terjun dan bentang alam yang memukau.

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN

Pemandangan menakjubkan Curug Citambur semakin lengkap dengan hijaunya rerumputan dan pepohonan yang menyelimuti tebing di sekitarnya.

Biasanya, pemandangan terbaik ada awal musim hujan. Permukaan tanah dan bebatuan tebing yang kecoklatan pada musim kemarau akan ditutupi oleh karpet hijau alami.

Itu dia sejumlah daya tarik Curug Citambur. Untuk menikmati pesona air terjun satu ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp10.000 sebagai tiket masuk. Curug Citambur buka setiap hari dan 24 jam nonsetop. Waktu kunjungan terbaik adalah pada awal musim hujan agar bisa melihat panorama yang maksimal.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp