Fakta Menarik Curug Citambur, Salah Satu Air Terjun Paling Indah di Jawa Barat

Minggu 08 Januari 2023, 17:30 WIB
Curug Citambur, salah satu air terjun paling indah di Jawa barat | Foto: Instagram/@@permanaafiz14_

Curug Citambur, salah satu air terjun paling indah di Jawa barat | Foto: Instagram/@@permanaafiz14_

SUKABUMIUPDATE.com - Jawa Barat memiliki banyak sekali wisata air terjun (Curug) salah satunya yaitu Curug Citambur di Kabupaten Cianjur. Air terjun ini juga menjadi salah satu yang paling indah di Jawa barat versi Smiling West Java.

Melansir dari Suara.com,air terjun yang terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur ini mengalir dari ketinggian tebing mencapai 100 meter.

Alirannya memiliki beberapa undakan dengan dominasi undakan tertinggi yang memiliki debit air paling besar. Letaknya berada di dua sisi tebing yang penuh dengan hamparan rumput dan aneka vegetasi liar.

Baca Juga: 5 Air Terjun Paling Indah di Jawa Barat versi Smiling West Java, Mana Pilihan Kamu?

Meskipun pengunjung harus melakukan perjalanan yang tidak mudah dan cukup menantang untuk menuju Curug Citambur, tapi obyek wisata itu selalu saja ramai dikunjungi.

Untuk lebih mengetahui tentang Curug Citambur, berikut beberapa fakta menarik salah satu air terjun paling indah di Jawa Barat ini.

1. Alam Masih Asri

Lingkungan Curug Citambur masih sangat alami. Udaranya pun sangat sejuk karena berada di dataran tinggi serta dikelilingi pepohonan rindang.

Baca Juga: Ramalan Jayabaya "Murcane Sabdo Palon Noyo Genggong", Kisah Nyata Majapahit Abad Ke-15

Lokasi Curug Citambur yang “tersembunyi”, berada di balik tebing Gunung Lemo, gunung tersebut membentang dari wilayah Rancabali hingga Pasir Kuda konon katanya menyerupai huruf L.

Keadaan alamnya akan membuat Anda betah untuk tinggal berlama-lama. Curug Citambur tempat yang tepat untuk mengajak anggota keluarga menikmati akhir pekan di alam terbuka.

2. Tinggi mencapai ratusan meter

Curug Citambur berdiri dengan megahnya dengan ketinggian sekitar 130 meter dan memiliki 2 tingkatan air terjun. Tingkatan air terjun yang pertama sangat tinggi, sekitar 100 meter.

Baca Juga: Dibintangi Berlliana Lovell, Kupu-Kupu Malam Versi Mael Lee Berakhir Plot Twist

Airnya mengalir deras sehingga menciptakan uap air tipis di sekitar jatuhnya air. Saking derasnya, tempias air dapat terasa dari jarak 50 meter di sekitar curug. Hawa dingin dan sejuk akan langsung menerpa begitu memasuki kawasan wisata ini.

3. Kolam Alami

Ada kolam alami di bawah air terjun Citambur. Kolamnya tak terlalu lebar dan airnya langsung mengalir membentuk air terjun mini.

And dapat bermain air di sekitar aliran air terjun yang alirannya sangat jernih ini. Namun Anda harus siap dengan kondisi air yang cukup dingin menusuk tulang.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Kill Bill dari Sza Ceritakan Balas Dendam pada Mantan

4. Bertabur Spot Foto

Pengelola Curug Citambur sudah menyediakan beberapa spot foto yang kece banget untuk berfoto,. Lokasi foto yang paling terkenal ialah spot rumah terbalik.

Terdapat kontruksi rumah dengan posisi berbeda dari biasanya, yakni posisinya terbalik, di mana atapnya berada di bagian bawah.

Banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam sebuah foto maupun video. Selain itu ada pula spot foto sebuah gardu pandang dengan latar Curug Citambur, rumah pohon, menyerupai sebuah gapura yang bertuliskan Curug Citambur, serta beberapa spot foto lainnya. Untuk mengakses spot foto, pengunjung harus membayar Rp5.000.

Baca Juga: Alamat Proxy Whatsapp Server Indonesia dan Cara Settingnya Agar Pakai WA Tanpa Internet

5. Perjalanan cukup menantang

Menikmati Curug Citambur tak semudah kelihatannya. Meski berada di area yang relatif bisa dijangkau kendaraan, akses jalannya belum terlalu baik.

Wisatawan akan menemukan kondisi jalan rusak, curam, dan bebatuan ketika memasuki Desa Karangjaya. Setelah tiba di gerbang masuk dan memarkirkan kendaraan, pengunjung masih harus berjalan kaki ke lokasi air terjun.

Jaraknya bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit. Tetapi rasa lelah akan langsung hilang dan terbayar oleh pemandangan air terjun dan bentang alam yang memukau.

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN

Pemandangan menakjubkan Curug Citambur semakin lengkap dengan hijaunya rerumputan dan pepohonan yang menyelimuti tebing di sekitarnya.

Biasanya, pemandangan terbaik ada awal musim hujan. Permukaan tanah dan bebatuan tebing yang kecoklatan pada musim kemarau akan ditutupi oleh karpet hijau alami.

Itu dia sejumlah daya tarik Curug Citambur. Untuk menikmati pesona air terjun satu ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp10.000 sebagai tiket masuk. Curug Citambur buka setiap hari dan 24 jam nonsetop. Waktu kunjungan terbaik adalah pada awal musim hujan agar bisa melihat panorama yang maksimal.

Sumber: Suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi
Life19 Juli 2024, 13:00 WIB

7 Sikap yang Membuat Seseorang Sulit Sukses Dalam Hidupnya

Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup.
Ilustrasi - Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup. (Sumber : Pexels.com/@Bruno Castrioto).
Entertainment19 Juli 2024, 12:30 WIB

Jennifer Coppen Tulis Pesan Untuk Suaminya yang Meninggal: Aku Kangen Banget

Jennifer Coppen membagikan pesan yang mengungkapkan perasaan berdukanya atas kepergian sang suami, Dali Wassink, di story instagram @/jennifercoppenreal20 pada Jumat, 19 Juli 2024.
Jennifer Coppen Tulis Pesan Untuk Suaminya yang Meninggal: Aku Kangen Banget (Sumber : Instagram/@dali.wassink)
Bola19 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persib Bandung vs PSM Makassar di Piala Presiden 2024: H2H Hingga Skor Akhir

Persib Bandung akan melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024, hari ini Jumat (19/07/2024), mulai pukul 19.30 WIB. | X@persib/@PSM_Makassar
Persib Bandung akan melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024, hari ini Jumat (19/07/2024), mulai pukul 19.30 WIB. | (Sumber : X@persib/@PSM_Makassar).