Rekomendasi Wisata Alam Dekat Kota Sukabumi, Cocok Buat Santai Bareng Keluarga

Sabtu 09 Juli 2022, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga saat hari libur tiba.

Kamu dan keluarga bisa menikmati udara sejuk Sukabumi sembari melepas penat setelah disibukan dengan berbagai aktivitas harian.

Berikut rekomendasi tempat wisata alam yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Sukabumi.

1. Danau Situ Gunung

photoDanau Situ Gunung di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com/Oksa Bachtiar Camsyah)</span

Siapa yang tidak mengenal lokasi wisata yang terkenal dengan jembatan gantung dengan panjang ratusan meter ini. Namun, selain jembatan gantung, icon wisata alam Situ Gunung yang sebenarnya adalah danau Situ Gunung itu sendiri.

Baca Juga :

7 Rekomendasi Pantai di Sukabumi, Cocok Buat Healing di Akhir Pekan

Danau atau Situ (bahasa Sunda) ini berlokasi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Berada di ketinggian 1.100-an meter di atas permukaan laut, danau Situ Gunung menyimpan sejumlah cerita menarik. Air bening yang berkelindan dengan eksotisnya hutan damar, membuat telaga seluas 7,6 hektare ini menjadi tempat yang cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Fasilitas disini juga sudah lengkap mulai dari tempat parkir, tempat ibadah, toilet hingga penjual makanan dan minuman siap memanjakan setiap pengunjung yang datang.

2. Pondok Halimun

photoPondok Halimun - (via nativeindonesia)</span

Pondok Halimun Sukabumi merupakan tempat yang cocok untuk menikmati suasana alam khas pegunungan.

Tempat ini juga ramah untuk anak-anak. Disini mereka dapat merasakan sejuknya udara yang masih sangat asri serta dapat bermain beberapa kegiatan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Wisata alam ini memiliki area yang sangat luas untuk melakukan kegiatan perkemahan maka tak heran jika kawasan wisata yang satu ini selalu banyak dikunjungi wisatawan yang ingin berkemah.

3. Taman Selabintana

photo(Ilustrasi) Taman Selabintana - (Istimewa)</span

Selabintana adalah destinasi wisata yang cukup terkenal di Sukabumi. Tempat wisata ini sudah berdiri sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda dulu.

Pada masa tersebut, Sukabumi menjadi salah satu peristirahatan bagi petinggi-petinggi perkebunan Belanda.

Dengan area yang luas ditambah dengan pemandangan alam yang memanjakan mata menjadikan Selabintana selalu ramai dikunjungi keluarga yang berlibur.

Selabintana sangat dekat dari pusat kota Sukabumi, kamu hanya perlu waktu sekitar 15 hingga 20 menit perjalanan dari pusat kota Sukabumi untuk mencapai taman rekreasi ini.

4. Gunung Sunda

photoObjek wisata Gunung Sunda yang berada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. - (Istimewa)</span

Objek wisata Gunung Sunda Reborn yang berada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kini menyajikan sesuatu yang baru setelah vakum akibat Covid-19.

Di Gunung Sunda ini ada yang dinamakan area Halu Lumpang,  lokasi tersebut khusus untuk camping ground atau camping area.

Dari puncak Gunung Sunda, masyarakat dapat melihat pemandangan daerah Cisaat dan Kota Sukabumi dari ketinggian kemudian di titik puncak terdapat area botram, spot foto, warung dan lain sebagainya.

5. Karang Para

photoKarang Para Sukabumi - (Instagram/@topiksayabundar)</span

Objek wisata Karang Para berlokasi di Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Karang Para memiliki beberapa spot unik seperti sepeda gantung dan sajadah terbang, balon udara serta untuk para pengunjung yang suka berfoto-foto atau selfie di tempat ini sangatlah cocok, selain tempat untuk foto-foto disediakan juga tempat untuk istirahat (Gazebo) kadang sama pengunjung dipakai untuk makan bersama atau botram.

Untuk akses menuju lokasi Karang Para tidaklah sangat sulit, dari kota Sukabumi hanya 5 Km, jalan raya arah Palabuhanratu,  belok kanan di pertigaan Cipeundeuy dan langsung menuju Karang Para.

Dari arah kecamatan Cisaat dapat dicapai melalui Mangkala menuju kampung Gunung Guruh, kemudian belok kanan melewati kampung Pasir Badak arah Padaraang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra
Life24 April 2024, 10:00 WIB

Menghindari Kontak Mata! 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong

Bahasa tubuh orang yang berbohong terkadang akan menghindari tatapan Mata.
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik.
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)