Sri Mulyani atau Megawati, Lebih Populer di Media

Selasa 25 April 2017, 01:25 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi salah satu perempuan yang pernyataannya paling banyak dikutip oleh media online di Indonesia. Dari 14 juta pemberitaan yang berasal dari 1.525 media online, ucapan Sri Mulyani termaktub dalam 99.218 artikel.

Temuan itu ditunjukkan oleh riset Indonesia Indicator (I2) tentang perempuan dalam berita. “Penelitian ini bertujuan mengungkap figur perempuan dalam bingkai media online di Indonesia,” kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang dalam keterangan tertulis pada Jumat 21 April bertepatan dengan Hari Kartini.

Pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani paling banyak dikutip media online disusul oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharani. Penyataan Menteri Retno Marsudi tercantum di 70.155 berita, Khofifah Indar Parawangsa sebanyak 59.950, Susi Pudjiastuti sebanyak 52.499, dan Tri Rismaharani sebanyak 47.533.

Dari 14 juta pemberitaan tersebut diperoleh dari 165 nama perempuan. Data diambil dari seluruh berita media online yang dihimpun dari tanggal 1 Mei 2016 sampai 16 April 2017.

Adapun perempuan yang paling dicari dalam pemberitaan adalah Sylviana Murni dan menyusul Megawati Soekarnoputri. Sylviana Murni yang pernah bersaing sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono dalam pilkada DKI Jakarta 2017 menduduki urutan teratas dari 165 nama perempuan yang ada di media.

Dari 165 nama tersebut, setelah Sylviana Murni berada di urutan teratas, perempuan yang paling banyak disebut media di urutan kedua adalah Megawati Soekarnoputri. Secara berurutan perempuan berikutnya adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Walikota Surabaya Tri Rismaharani, Mentri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Meski secara kuantitas penyataan profesi pejabat merupakan sosok yang paling banyak dikutip namun secara jumlah figur, menurut Rustika, kategori artis adalah yang terbanyak dikutip media. Dari 165 nama yang dikumpulkan, terdapat 50 nama artis di dalamnya.

Artis yang paling pernyataanya paling banyak dikutip media adalah Julia Perez sebanyak 18.478 pernyataan. Profesi lain yang paling sering dikutip media adalah dari kalangan profesional seperti corporate communication, pengacara dan sebagainya.

Sementara jika dilihat dari segi usia, dari 165 nama perempuan yang usianya di bawah 35 tahun yang paling banyak dikutip media hanya sebanyak 25 persen atau 42 orang. Kategori usia ini berasal dari kalangan artis dan atlet. Selebihnya, sebanyak 75 persen berusia 35 tahun ke atas yang identik dengan kalangan pejabat dan politikus.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 10:00 WIB

Gangguan Tidur! 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang.
Ilustrasi - Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang. (Sumber : pexels.com/@Pixabay)
Life05 Mei 2024, 09:59 WIB

Simak 6 Cara Kerja Disiplin Lembut Berikut yang Dapat Menekankan Keselamatan Anak

Disiplin berfungsi sebagai kesempatan bagi seorang anak untuk belajar.
Ilustrasi disiplin lembut | Sumber Foto : pexela.com/@Elina Fairytale
Jawa Barat05 Mei 2024, 09:43 WIB

KOPPURI Canangkan Dana Abadi Komunitas Bersama LW Doa Bangsa

Program Dana Abadi berbasis Wakaf dan PMKH, kembali disosialisasikan oleh LW Doa Bangsa kepada KOPPURI di Gunung Puntang.
Koperasi Konsumen Pedagang Puntang Lestari (KOPPURI) canangkan dana abadi komunitas bersama Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa. (Sumber : Istimewa)
Sehat05 Mei 2024, 09:00 WIB

9 Rekomendasi Sarapan Terbaik Bagi Penderita Asam Lambung (GERD)

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD).
Ilustrasi Crepes - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD). (Sumber : pexels.com/@ The Castlebar).
Sehat05 Mei 2024, 08:00 WIB

Picu Serangan, 4 Bahaya Terlalu Banyak Makan Purin untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat memiliki metabolisme yang tidak efisien dalam mengurai purin.
Ilustrasi - Serangan Asam Urat di Rumah Adalah Salah Satu Bahaya Makan Purin Berlebihan (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel05 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jawer Kotok untuk Mengobati Diabetes, 7 Langkah Simpel!

Daun Jawer Kotok memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit pahit namun bisa diolah sebagai air rebusan untuk mengobati diabetes secara alami.
Ilustrasi. Daun Jawer Kotok, Bahan Air Rebusan untuk Mengobati Diabetes Secara Alami. Foto: Instagram/@gerbanghijau
Science05 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Mei 2024, Langit Pagi Cerah Berawan untuk Sukabumi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi