Serba-serbi Pernikahan Kaesang dan Erina: Maskawin, Upacara Adat Hingga Lokasi Acara

Senin 05 Desember 2022, 18:15 WIB
Serba-serbi Pernikahan Kaesang dan Erina. | Foto: Instagram/@erinagudono

Serba-serbi Pernikahan Kaesang dan Erina. | Foto: Instagram/@erinagudono

SUKABUMIUPDATE.com - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan segera menggelar pernikahan di bulan Desember tahun ini. Putra bungsu Jokowi itu bakal menggelar serangkaian pesta pernikahan di Yogyakarta dan Surakarta.

Terkait kabar pernikahan itu, sejumlah pemerintah dan aparat setempat terlihat sibuk mempersiapkan segala kebutuhan supaya semuanya dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, Kaesang dan Erina pun melakukan persiapan demi persiapan untuk merealisasikan acara yang disebut “pesta rakyat” itu.

Melansir Suara.com, adapun serba-serbi persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono:

Baca Juga: Segera Menikah, Ini Kisah Awal Pertemuan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Erick Thohir jadi panitia

Menteri BUMN Erick Thohir pun turut andil dalam mempersiapkan pernikahan Kaesang dan Erina Gudono dengan menjadi panitia. Erick mengaku telah menganggap Kaesang seperti keponakan sendiri.

"Mas Kaesang sudah seperti keluarga saya, keponakan lah," ungkap Erick.

Sebelumnya, Erick bersama dua menteri lainnya terlihat sempat berada di Solo pada minggu lalu dan diminta untuk memimpin gladi kotor arak-arakan kereta kencana yang akan digunakan Kaesang Pangarep - Erina Gudono dengan rute dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran Solo.

Baca Juga: Jokowi Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina: 2.188 Polisi Siaga Penuh Amankan Acara

Acara Akad Nikah dan Resepsi Berbeda Tempat

Akad nikah dan resepsi pernikahan Kaesang dan Erina digelar di tempat yang berbeda, akad nikah dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarukmo di Sleman, Yogyakarta pada 10 Desember 2022, sementara resepsi akan digelar di Pura Mangkunegaran, Surakarta pada 11 Desember 2022 mendatang.

Kereta Kencana dengan 12 kuda

Prosesi adat pernikahan Kaesang dan Erina akan dilaksanakan dengan perhelatan kirab dari Loji Gandrung usai syukuran ke lokasi acara resepsi, yaitu Pura Mangkunegaran.
Bersamaan dengan 12 kereta kencana serta kuda yang akan meramaikan kirab ini.

Dengan pengawalan ketat dari aparat keamanan, prosesi ini dilakukan sepanjang jalan hingga Pura Mangkunegaran

Hiburan Rakyat

Meskipun prosesi pernikahan Kaesang dan Erina bakal digelar di dua tempat yang berbeda, acara adat tersebut juga diramaikan dengan hadirnya para seniman asal Solo dan Yogyakarta.

Baca Juga: Respons Batik Air Soal Koper Kaesang Pangarep yang Nyasar

Nantinya, di sepanjang rute kirab akan dipasang dengan panggung hiburan rakyat yang melibatkan banyak seniman dan musisi lokal di Kota Bengawan, Solo.

Midodareni

Acara lainnya yang akan dijalani oleh Kaesang dan Erina adalah midodareni. Erina Gudono diketahui akan melalui malam midodareni pada tanggal 8 Desember 2022 mendatang di kediamannya di Sleman, DI Yogyakarta.

Pihak keluarga dari Erina pun mengonfirmasi jika calon besan, Presiden Joko Widodo akan hadir dalam acara midodareni ini.

Dua menteri Jokowi jadi saksi

Dua orang menteri Jokowi juga dikabarkan akan menjadi saksi di pernikahan Kaesang dan Erina. Menteri tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan PUPR Basuki Hadimuljono.

Kabar itu dikonfirmasi langsung oleh Kepala KUA Kapanewon Depok, Sleman Muhammad Wiyono.

Baca Juga: Intip Gaya Erina Gudono Puteri Indonesia DIY yang Dikabarkan Dekat dengan Kaesang

Mensesneg Pratikno akan menjadi saksi pihak Erina sedangkan Menteri PUPR akan menjadi saksi pihak Kaesang.

Mas Kawin

Maskawin pernikahan Kaesang dan Erina menjadi tanda tanya banyak orang. Sebagian netizen juga menduga jika Kaesang akan memberikan cincin dan uang yang nominalnya pasti tinggi.

Alhasil, rasa penasaran netizen terjawab sudah dengan bocoran yang didapatkan dari Kepala Kantor Urusan Agama Muhammad Wiyono.

Dihimpun dari kanal YouTube Anews pada 4 Desember 2022, Muhammad Wiyono mengatakan jika pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar di Royal Ambarrukmo 10 Desember.

Menurutnya pihak Erina Gudono sudah melengkapi data-data pernikahan pada november 2022 lalu di Kantor KUA Depok Yogyakarta.

Baca Juga: Gibran dan Kaesang Bereaksi Saat Ibunya Iriana Jokowi di Hina Foto Bareng Kim Koen Hee

Lantas data tersebut kemudian dicocokan dan telah dientri, tak lupa juga calon pengantin pasti diminta untuk mengisi keterangan mas kawin.

Nah, disinilah mas kawin pernikahan Kaesang dan Erina bisa terungkap, ternyata mas kawin yang telah disiapkan oleh mereka berdua adalah seperangkat alat sholat dan uang tunai.

"Mas kawin nanti untuk keperluan entry data, untuk sementara mas kawinnya seperangkat alat sholat dan ada tambahan uang 300.000," ujarnya Muhammad Wiyono.

Sumber: Suara.com (Dea Nabila)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update