Everton dan Liverpool, Tim Merseyside yang Bersaing Masuk Liga Champions

Sabtu 06 Maret 2021, 07:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Everton dan Liverpool menjadi dua klub asal Inggris yang kini berambisi masuk zona Liga Champions. Kedua tim yang sering terlibat dalam derby Merseyside ini harus berjuang masuk ke empat besar klasemen Premier League.

Everton kali pertama dan terakhir tampil di kualifikasi Liga Champions adalah pada musim 2005-2006 saat ditangani David Moyes. Kini, pelatih Carlo Ancelotti terobsesi menyamai pencapaian Moyes dengan terus memperbaiki permainan The Toffees di setiap pertandingan.

"Mimpi saya dan juga seluruh pemain Everton adalah mengakhiri musim di peringkat empat dan bermain di kualifikasi Liga Champions," kata Ancelotti.

Mungkin impian Ancelotti tidak sekadar hadir di kualifikasi, tapi mencapai babak utama Liga Champions. Bersama Moyes, Everton mencapai kualifikasi tapi gagal mencapai babak utama.

Terakhir, Everton susah-payah menang satu gol tanpa balas atas West Bromwich Albion dan menempatkannya di posisi lima Liga Inggris. Gol tunggal dicetak Richarlison lewat sundulan, memanfaatkan umpan Gylfi Sigurdsson.

Everton saat ini mengoleksi 46 poin dari 26 pertandingan, hanya selisih satu angka dari Chelsea yang berada di posisi empat. Ancelotti yakin timnya memiliki potensi menyelesaikan musim ini sesuai impian.

"Pada awal musim tidak ada yang memperhitungkan Everton mampu bersaing di papan atas," kata pelatih yang pernah memenangkan trofi Liga Champions bersama AC Milan dan Real Madrid.

Menurutnya, impian semua orang di Everton adalah Liga Champions. Target itu sangat fantastis karena semua pemain tidak ingin hanya menjadi penonton pertandingan level Eropa.

Everton punya masa lalu luar biasa. Sebelum format baru Liga Inggris diperkenalkan pada musim 1992-1993, The Toffees sembilan kali juara. Setelah itu, hanya sekali Everton berada di posisi empat besar, yaitu pada musim 2004-2005.

Baca Juga :

Everton Dikalahkan Fulham dan Asa Manchester United Juarai Liga Inggris

Di kualifikasi Liga Champions saat itu, Everton dipermalukan Villarreal dengan agregat 4-2 dan gagal mencapai babak utama. Sesuatu yang sangat disesali pendukungnya karena Everton saat itu tidak punya kapasitas berlaga di level Eropa.

Musim berikutnya, Moyes susah payah mengulangi pencapaiannya. Sampai kepergiannya ke Manchester United tahun 2013, Moyes gagal mengangkat Everton. Sebagai tim yang punya nama besar, Everton kerap berkutat di papan tengah.

Bukan tidak mungkin Ancelotti menyamai pencapaian Moyes. Don Carlo, julukan Ancelotti saat masih di Milan, melakukan perombakan untuk membangkitkan kepercayaan diri tim. Instrumen penting kebangkitan itu adalah hadirnya striker Dominic Calvert-Lewin. Sebagai striker, Calvert Lewin cukup produktif dan menginspirasi rekan-rekannya untuk kreatif mengirim umpan kepadanya.

Namun, Ancelotti bukan satu-satunya arsitek kebangkitan Everton. Nama lain yang tidak boleh dilupakan adalah Duncan Ferguson, mantan striker The Toffees yang ditunjuk sebagai pelatih sementara setelah Mauro Silva dipecat.

Ferguson relatif memiliki visi bermain hebat, yang menyelamatkan Everton dari zona degradasi pada musim 2018-2019. Ancelotti melanjutkan kebangkitan yang dipelopori Ferguson dengan pilihan pemain sesuai kebutuhan strategi bermain.

Jadi, tidak berlebihan jika Ancelotti berhasil menjadi pelatih kedua dalam 15 tahun terakhir yang membawa Everton ke Liga Champions.

Liverpool dan Ancaman Eksodus Pemain

Liverpool yang dihantui kegagalan mengakhiri kompetisi Liga Inggris musim ini di zona Liga Champions memicu ancaman eksodus pemain bintang mereka. Tetapi, pelatih Jurgen Klopp mengatakan semua itu tidak akan terjadi karena setiap pemain punya loyalitas.

Liverpool kini berada di posisi tujuh klasemen sementara Liga Inggris dengan 43 poin dari 27 pertandingan, terpaut empat angka dari Chelsea yang berada di posisi empat. The Reds tidak hanya mengejar Chelsea, tapi juga Everton dan West Ham yang berada di atasnya, serta Tottenham Hotspurs yang menekan dari bawah.

photoLiverpool sedang mendapat ancaman eksodus pemain jika mereka gagal lolos ke Liga Champions. Everton menjadi salah satu pesaing The Reds dalam ambisinya bermain di level Eropa. - (Sky Sports)

Kendati demikian, Klopp masih optimistis Liverpool akan hadir di Liga Champions. Ia yakin timnya punya potensi mengatasi kesulitan di sisa musim dengan memenangkan banyak pertandingan. Ia pun yakin tidak akan terjadi eksodus pemain jika The Reds gagal mengakhiri musim di peringkat empat klasemen Liga Inggris.

"Saya tahu tahu semua pemain memiliki loyalitas terhadap klub," kata Klopp kepada wartawan saat mempersiapkan timnya melawan Fulham. "Ini bukan situasi seorang pemain harus mengatakan tidak berada di Liga Champions saya harus pergi," ucapnya.

Liverpool bermain di Liga Champions dalam empat musim terakhir, dua kali mencapai final dan sekali meraih trofi. Bagi penggemar sepakbola Eropa, sulit membayangkan kompetisi elite Eropa tanpa Liverpool.

"Saya tidak mengenal Liverpool sepuluh tahun lalu," kata Klopp. "Saya membangun tim ini untuk bersaing di era ini."

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel03 Mei 2024, 14:25 WIB

Menikmati Lukisan Alam: Meronanya Sunset di Pantai Minajaya Sukabumi

Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang, ditambah saat cuaca bagus menjadi lukisan alam yang indah dengan sunset yang merona.
Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Sumber: istimewa/kang baban)
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).