Satgas Anti Mafia Bola Polri Ungkap Match Fixing Liga 2, Tetapkan 6 Tersangka

Rabu 27 September 2023, 22:24 WIB
Wakabareskrim Polri selaku Kasatgas Anti Mafia Bola Irjen. Pol. Asep Edi Suheri pres rilis pengungkapan kasus match fixing Liga 2 tahun 2018. (Sumber : Divisi Humas Polri)

Wakabareskrim Polri selaku Kasatgas Anti Mafia Bola Irjen. Pol. Asep Edi Suheri pres rilis pengungkapan kasus match fixing Liga 2 tahun 2018. (Sumber : Divisi Humas Polri)

SUKABUMIUPDATE.com - Satgas Anti Mafia Bola Polri mengungkap kasus dugaan suap terkait pengaturan skor atau match fixing pertandingan Liga 2 musim 2018. Enam orang ditetapkan jadi tersangka dalam kasus dengan nilai suap yang ditaksir mencapai Rp1 Miliar ini.

Dilansir dari suara.com, Ketua Satgas Antimafia Bola, Irjen Pol Asep Edi Suheri menyebut keenam tersangka masing-masing berinisial K, A, M, E, R, dan A. K berperan sebagai perantara klub dengan wasit, A selaku kurir pengantar uang, M selaku wasit tengah, E selaku asisten wasit satu, R selaku asisten wasit dua, dan A selaku wasit cadangan.

"Dari hasil penyidikan, penyidik telah memperoleh bukti yang cukup maka ditetapkan enam orang tersangka,” kata Edi di Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2023).

Baca Juga: Temuan FIFA Sebut Ada Pengaturan Skor oleh Mafia Sepakbola Indonesia

Wakabareskrim Polri itu menyebut, pengungkapan kasus ini berawal atas adanya informasi dari FIFA dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Dalam pemantauan itu terdapat wasit yang terindikasi melakukan atau terlibat dalam match fixing pada pertandingan Liga 2 antara klub X melawan klub Y pada November 2018," ungkapnya.

Perantara suap, lanjut Edi, menyerahkan uang di sebuah hotel tempat wasit menginap. Mereka meminta para wasit tersebut membantu memenangkan klub X.

"Modus operandi yang dilakukan pihak wasit adalah mengatur jalannya pertandingan untuk memenangkan klub X. Salah satunya dengan tidak mengangkat bendera saat offside," jelas Edi.

Tindak pidana pengaturan skor ini bukan sekali terjadi. Edi mengungkap terjadi dalam beberapa pertandingan selama satu musim dengan total suap mencapai Rp1 miliar.

“Jadi ada pengakuan bahwa mereka telah mengeluarkan uang Rp1 miliar untuk melobi para wasit di sejumlah pertandingan,” bebernya.

Baca Juga: Geger Pria Ditemukan Tewas di Penginapan di Ciracap Sukabumi

Atas perbuatannya tersangka K dan A selaku penyuap dijerat dengan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP. Mereka terancam hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda sebanyak-banyaknya Rp15 juta.

Sedangkan tersangka M, E, R, dan A selaku penerima suap dijerat dengan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap Juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP. Mereka terancam pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda sebanyak-banyaknya Rp 15 juta.

"Kami akan melakukan pendalaman pemeriksaan terhadap sejumlah saksi lainnya. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru dalam proses ini," pungkasnya.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life08 Desember 2023, 15:45 WIB

7 Buku yang Bisa Mengubah Pikiranmu: Sebuah Petualangan Intelektual

Ada banyak hal yang harus kita ketahui demi menjadi individu yang lebih baik dan berkembang, salah satunya yaitu dengan membaca banyak buku yang mampu mengubah kebiasaan kita. Maka dari itu, tujuh buku di bawah wajib dibaca minimal satu kali dalam hidup
Ilustrasi - Bagaimana buku merubah cara berpikir seseorang (Sumber : Pixabay/CDD20)
Life08 Desember 2023, 15:30 WIB

Suka Laki-laki yang Memiliki Kepribadian Baik? Ini 11 Ciri Orangnya!

Sikap laki-laki dengan kepribadian baik tak hanya membuat wanita terpana, melainkan juga kagum hingga jatuh cinta diam-diam.
Ilustrasi. Pria | Suka Laki-laki yang Memiliki Kepribadian Baik? Ini 11 Ciri Orangnya! (Sumber : Freepik/@prostooleh)
Nasional08 Desember 2023, 15:15 WIB

Termasuk Bocimi, Daftar Jalan Tol yang Berlakukan Pembatasan Selama Libur Nataru

Sejumlah ruas tol termasuk Bocimi akan mengalami pembatasan terutama kendaraan angkutan barang selama libur Nataru
Sejumlah ruas tol termasuk Bocimi akan mengalami pembatasan terutama kendaraan angkutan barang selama libur Nataru (Sumber : Jasa Marga Bocimi)
Inspirasi08 Desember 2023, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Toko Retail di Sukabumi Minimal SMA/SMK Semua Jurusan

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Toko Retail di Sukabumi Minimal SMA/SMK Semua Jurusan. (Sumber : Freepik/sastock)
Life08 Desember 2023, 14:30 WIB

11 Tanda Anak Laki-laki Memiliki Kepribadian Baik, Bunda Bisa Lihat Sikapnya

Anak laki-laki yang memiliki kepribadian baik dapat menunjukkan sikap dengan tingkat hormat yang tinggi terhadap orang lain, termasuk pada orang tua, teman sebaya, dan figur otoritas lainnya.
Ilustrasi. Tanda Anak Laki-laki Memiliki Kepribadian Baik, Bunda Bisa Lihat Sikapnya (Sumber : pixabay.com/@TonyMinguillon)
Food & Travel08 Desember 2023, 14:15 WIB

7 Wisata Bogor yang Lagi Hits, Cocok Jadi Tempat Liburan Tahun Baru

Inilah tujuh destinasi wisata di Bogor yang hits dan cocok jadi tempat liburan akhir tahun bersama keluarga
7 Wisata Bogor yang Lagi Hits, Cocok Jadi Tempat Liburan Tahun Baru (Sumber : Instagram/@telagasaatpuncak)
Sukabumi08 Desember 2023, 14:08 WIB

Bullying Sukabumi, Polisi: Belum Ada Tersangka, Keterangan Korban dan Pelaku Beda

Polisi sulit mengungkap kasus ini karena memperoleh banyak keterangan berbeda.
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo diwawancarai wartawan setelah menghadiri konferensi pers kasus lain di Mapolres Sukabumi Kota pada Jumat (8/12/2023). | Foto: SU/Asep Awaludin
Gadget08 Desember 2023, 14:00 WIB

Daftar 5 Brand HP Paling Laris di Indonesia Sepanjang Tahun 2023, Siapa Juaranya?

Ada beberapa brand HP kenamaan yang terlaris di Indonesia di tahun 2023 ini.
Ilustrasi HP Samsung Galaxy S23 Series 5G - Ada beberapa brand HP kenamaan yang terlaris di Indonesia di tahun 2023 ini.(Sumber : news.samsung.com)
Bola08 Desember 2023, 13:53 WIB

Dewa United vs Bali United di Liga 1: Preview, H2H, Skor dan Live Streaming

Dewa United vs Bali United akan menjadi salah satu laga seru di pekan ke-22 Liga 1 musim 2023/24
Dewa United vs Bali United di Liga 1: Preview, H2H, Skor dan Live Streaming (Sumber : Istimewa)
Film08 Desember 2023, 13:45 WIB

5 Rekomendasi Film Bertahan Hidup Terbaik Untuk Temani Libur Tahun Baru

Sebagai salah satu genre film paling di minati, film survival juga paling banyak ditonton karena menyuguhkan cerita yang menarik dan penuh tantangan di dalamnya hingga mampu memotivasi kebanyakan orang
Ilustrasi - Seseorang menonton film bertahan hidup (Sumber : pixabay.com/Sammy-Sander)