Pemkot Sukabumi Dinilai Diskriminatif, 65% MD Tidak Miliki Perpustakaan

Rabu 07 Desember 2016, 10:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Di tengah gencarnya gerakan literasi sebagai elemen mencerdaskan generasi muda bangsa, ternyata perpustakaan masih menjadi barang langka bagi sebagian lembaga pendidikan.

Di Kota Sukabumi sebagai besar madrasah diniyah (MD) ternyata belum punya perpustakaan sebagai fasilitas pendukung pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan di bawah Kementrian Agama, MD memiliki kelemahan pendanaan jika harus melakukan pengadaan fasilitas perpustakaan.

Dengan kondisi pendanaan seperti ini, tak heran jika 65 persen MD di Kota Sukabumi masih belum punya perpustakaan yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh para siswa.

Data dari Seksi Pendidikan Diniyah (PD) dan Pondok Pesantren (Ponpes), Kantor Kementrian Agama Kota Sukabumi menyebutkan, dari 118 MD aktif, hanya 35 persen yang sudah memiliki perpustakaan, itupun dengan fasilitas pendukung sangat terbatas terutama koleksi buku.

“Sudah tidak punya perpustakaan anak anak MD juga tidak didatangi perpustakaan keliling,” jelas Kasie PD dan Ponpes Ohan Burhanudin, Rabu (7/12).

Kepada sukabumiupdate.com Ohan menuturkan, MD juga tidak tersentuh rencana pencanangan Kota Sukabumi sebagai pusat literasi. “Rekan rekan di MD merasa pemerintah kota seolah dikriminatif,” tambahnya.

Padahal menurut Ohan, jika dilihat Undang Undnag Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 tahun 2003, Pasal 10, Pemerintah dan pemerintah daerah berhak mengarahkan, membimbing, membantu dan mengawasi penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan undang undang yang berlaku. Pasal 11 ayat 1, Pemerintah wajib memberikan layanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi.

“Ayat 2, Pemerintah dan pemerintah daerah wajib menjamin tersedianya dana guna terselenggaraanya pendidikan bagi setiap warga negara yang berusia tujuh sampai lima belas tahun,” imbuh Ohan.

Ia berharap pemerintah daerah juga memberikan perhatian terhadap MD layaknya kepada sekolah lain, khususnya perpustakaan keliling maupun bantuan pengadaan perpustakaan. “MD juga berperan serta dalam mencerdaskan anak bangsa, dan yang bersekolah di MD juga warga Kota Sukabumi,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 12:48 WIB

Beredar Video Korban dan Pelaku Pasca-Kejadian, Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku yang masih berusia muda sudah berada di sel tahanan.
Tangkapan layar video korban (kiri) dan terduga pelaku (kanan), kasus pembunuhan ibu oleh anak kandung di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 12:45 WIB

Jangan Dianggap Sepele, Berikut 7 Kebiasaan Buruk Remaja yang Harus Dihentikan

terkadang kebiasaan sehari-hari yang dilakukan anak remaja, sering dianggap sepele oleh orang tua. Padahal, itu bisa berdampak buruk dikemudian hari
Ilustrasi kebiasaan remaja yang sering dianggap sepele (Sumber : pexels.com/@LizaSummer)
Internasional14 Mei 2024, 12:39 WIB

Helm, Tatap Mata dan Batagor : Kisah 3 Pemuda Thailand Kuliah di Sukabumi

Ketiganya adalah mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, untuk tahun ajaran 2023/2024.
Eldie dan Mae, pemuda Yala, Thailand yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Sumber: tim peliput UMMI)
Life14 Mei 2024, 12:30 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hati Bahagia, Jangan Ragu Lakukan!

Kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia ini dapat membantu Anda mengalami lebih banyak kedamaian dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi. Sisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dinikmati dan memberi diri sendiri kesenangan termasuk salah satu kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia. (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola14 Mei 2024, 12:15 WIB

Prediksi Bali United vs Persib Bandung di Leg 1 Semifinal Championship Series

Persib Bandung hari ini akan melakoni leg 1 semifinal Championship Series melawan Bali United.
Persib Bandung hari ini akan melakoni leg 1 semifinal Championship Series melawan Bali United. (Sumber : X@BaliUtd/@persib).
Sehat14 Mei 2024, 12:00 WIB

7 Obat Alami untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat di Rumah, Mudah Didapat!

Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mengonsumsi bawang putih mentah atau dalam bentuk suplemen dapat membantu mengelola gejala asam urat.
Ilustrasi - Bawang Putih Adalah Salah Satu Obat Alami untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat di Rumah yang Mudah Didapat! (Sumber : Pexels/IsabellaMendes)
Life14 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Tips Untuk Menghindari Anak Mengabaikan Tugas Rumah dan Tanggung Jawab

Kadang-kadang, anak mungkin menunjukkan tingkat tanggung jawab yang berbeda-beda yang diberikan kepada teman mereka di rumah. Maka dari itu sebagai orang tua harus mengarahkan dengan baik anak agar bisa bertanggung jawab
Ilustrasi menghindari anak mengabaikan tugas dan tanggung jawab (Sumber : pexels.com/@JuliaMCameron)
Sukabumi14 Mei 2024, 11:42 WIB

Pelaku Ditangkap! Polisi Soal Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Polisi sudah berangkat ke lokasi kejadian dugaan pembunuhan.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap terduga pelaku pembunuhan ibu kandung di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay/KlausHausmann
DPRD Kab. Sukabumi14 Mei 2024, 11:35 WIB

Tuai Pro Kontra Pasca Tragedi Bus SMK, DPRD Sukabumi Minta Study Tour Diatur dan Tak Wajib

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar meminta study tour diatur soal keselamatannya dan tak wajib agar tak beratkan orang tua.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar. (Sumber : Istimewa)
Life14 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Posisi Tidur yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Jika penderita asam urat merasa nyeri atau ketidaknyamanan saat tidur dalam posisi tertentu, pertimbangkan untuk mencoba posisi tidur yang berbeda atau berkonsultasi dengan dokter atau ahli untuk saran yang lebih spesifik tentang manajemen nyeri.
Ilustrasi. Posisi Tidur yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/pixabay)