TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Diperingati Setiap 5 Oktober, Berikut Sejarah Hari Guru Sedunia

Dede Imran
Penulis
Selasa 4 Okt 2022, 07:00 WIB
Diperingati Setiap 5 Oktober, Berikut Sejarah Hari Guru Sedunia

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Guru Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 5 Oktober setiap tahunnya sejak 1994. Lalu bagaimana ceritanya hingga setiap 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia?

Mengutip dari Tempo.co, International Labour Organization (ILO) dan United Nation Economical & Social Coucil (UNESCO) menetapkan tanggal tersebut karena pada 1966 diadakan konferensi antara pemerintah khusus di Paris untuk mengadopsi rekomendasi UNESCO dan ILO mengenai status guru.

Rekomendasi tersebut menetapkan tolok ukur mengenai hak-hak guru, standar untuk pelatihan guru, pekerjaan, serta kondisi belajar-mengajar.

Baca Juga :

Penandatanganan rekomendasi pada 1996 dirasa penting karena peran guru dibutuhkan bagi kemajuan moral dan nilai-nilai budaya serta kemajuan ekonomi dan sosial.

Terlepas dari keragaman hukum, peraturan dan kebiasaan yang berlaku untuk sekitar 16 juta guru pada tahun 1966, ILO dan UNESCO memutuskan untuk mengusulkan kepada negara-negara tentang instrumen yang menangani semua masalah yang berkaitan dengan guru.

photo(Ilutrasi) guru mengajar di sekolah. - ()</span

Akhirnya pada tahun 1967 rekomendasi tersebut diadopsi untuk membantu kesejahteraan guru sekaligus menyelesaikan permasalahan di dunia pendidikan.

Pada 2022 ini, tema yang diangkat untuk Hari Guru Sedunia adalah “The transformation of education begins with teachers”. Puncak perayaan akan dilaksanakan di Markas Besar UNESCO di Paris, Prancis pada 5 - 7 Oktober 2022.

Berbeda dengan Hari Guru Sedunia yang dirayakan setiap 5 Oktober, Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan Hari Guru Nasional pada 25 November. Tanggal tersebut dipilih sekaligus untuk merayakan hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini