Dua Tahun Sipelem, Mesin Administrasi Karya Pemuda Desa Cijengkol Sukabumi

Jumat 27 Agustus 2021, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Para Pemuda di Kampung Cijengkol RT 01 RW 05 Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi, membuat inovasi keren. Memudahkan pelayanan administrasi dengan Sipelem (Sistem Layanan Elektronik Mandiri). 

Sipelem sudah berjalan selama dua tahun, terhitung mulai beroperasi pada Oktober 2019. Konsepnya memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan secara mandiri layaknya sebuah mesin ATM.

“Harapannya di setiap kadusunan ada mesin tersebut. Layaknya mesin ATM yang dilengkapi oleh CCTV dan juga beroperasi 24 jam, ketika masyarakat ingin membuat surat menyurat desa tidak harus ke kantor desa, cukup datang ke Sipelem aja,” Jelas Fery Sanjaya, pemuda Desa Cijengkol yang merintis Sipelem saat dihubungi melalui telepon pada Kamis (26/8/21).

Kekinian,  mesin ini cocok dengan situasi pandemi covid-19 karena mengurangi interaksi fisik warga dan petugas pelayanan.  Jika di setiap kedusunan ada,  maka warga tak perlu bergerombol di kantor desa. 

photoMesin Sipelem hasil karya Pemuda Kampung Cijengkol RT 01 RW 05 Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)</span

“Untuk cara kerjanya, tinggal masuk menggunakan NIK, lalu masyarakat memilih Surat yang ingin dibuat, tinggal klik proses saja.  Setelah ada  persetujuan dari desa, bisa print di tempat,” jelasnya.

Terdapat beragam layanan yang disediakan dalam mesin Sipelem.  Mulai dari pembuatan pengantar SKCK, SKTM, SKTM Belajar, SKU, Domisili Usaha, Domisili Pesantren, Domisili Ormas, Domisili Warga, Surat Kematian, Surat Kelahiran, Surat Keterangan Cerai, Keterangan Ahli Waris, Pengantar Nikah, Pengantar Akta Lahir, Domisili Sekolah, dan Izin Keramaian. 

Sejauh ini baru ada satu mesin yang berada di Dusun Pasirkiara yang berjarak 1,5 kilometer dari Kantor Desa Cijengkol.

“Pemerintah Daerah mendukung dan hadir saat peresmian operasional,” ujar Fery.

Baca Juga :

Selama Sipelem ini berjalan, respon masyarakat cukup antusias. Meski belum terjamah semua kelompok usia. 

“Antusiasme masyarakat sejauh ini kebanyakan dari para pemuda, kalau lansia gitu masih jarang. Rata-rata usia 17-30 tahun sudah banyak yang menggunakan mesin sipelem ini, kalau lansia mungkin takut salah atau bagaimana, sejauh ini respon masyarakat baik,” Fery menjelaskan.

Ia berharap Cijengkol bisa menjadi desa wisata berbasis digital yang lebih maju lagi. Beberapa rencana saat ini sedang dalam proses pengembangan. 

“Kalau Cijengkol ini kita bekerja sama dengan karang taruna dan pemerintahan pusat, kita kan selaku pemuda peduli desa, justru kita ini ingin membangun desa berbasis digital, kita kan di Cijengkol ini baru ada 6 titik CCTV, kedepannya ingin membuat 100 titik CCTV di Desa Cijengkol untuk keamanan,” kata Fery 

“Lalu membuat rumah coding agar masyarakat desa dan dari luar yang studi banding akan diajarkan coding dan pemrograman, terus juga kita sekarang di Cijengkol ada gang yang bernama gang whatsapp dan facebook. Kedepannya sedang dalam pengembangan agar bukan hanya penamaan, tapi diikuti dengan suasana atas nama gang tersebut jadi ada nuansa WA dan FB nya untuk swafoto, cuman sejauh ini masih keterbatasan dalam anggaran,” pungkasnya.

(PKL/ UTAMA)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life07 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah, Tingkahnya Beda!

Anak yang bermasalah di sekolah bisa kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan sebagai respons terhadap stres, dan juga mungkin memiliki masalah tidur, seperti kesulitan tidur atau terbangun dalam tidur.
Ilustrasi. Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah (Sumber : pixabay.com/@ธนาวุธเกตุชีพ)
Sehat07 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Cara membuat air rebusan untuk mengobati asam lambung bisa dengan mencampurkan salah satu atau beberapa bahan alami berikut ke dalam air panas, biarkan meresap beberapa saat, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.
Ilustrasi. Jahe. Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami (Sumber : Freepik)
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)