Viral Gerombolan Lutung Hadang Pengunjung di Jembatan Situ Gunung Sukabumi, Ini Faktanya

Jumat 07 Juni 2024, 09:52 WIB

Viral di media sosial, seorang pengunjung mengaku diadang kawanan lutung jawa (trachypithecus auratus) saat melintasi jembatan merah di kawasan wisata Lembah Purba Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.
.
Berdasarkan penelusuran sukabumiupdate.com pada Kamis (6/6/2024), video itu pertama kali diunggah oleh akun tiktok @bowjinarre pada Selasa 4 Juni 2024 dan telah menyita perhatian 1,2 juta penonton, 10,6 ribu disukai dan mendapatkan 724 komentar.
.
Saat dikonfirmasi, Kepala Resort Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Situ Gunung, Asep Suganda menyampaikan kondisi sebenarnya. Menurutnya saat itu kawanan Lutung Jawa itu sedang 'berpesta' mengingat di sekitar jembatan terdapat pohon rambutan hutan atau Saninten (castanopsis Sp) yang tengah berbuah.
.
“Kawanan Lutung Jawa ini sedang mengadakan pesta ceria mereka karena di samping jembatan merah ada jenis pohon yang sedang berbuah namanya Saninten yang merupakan makanan favorit Lutung Jawa," ujar Asep, Kamis (6/6/2024).
.
Menurut Asep, Jembatan merah Situ Gunung kerap dijadikan perlintasan Lutung Jawa. Selain itu di saat sepi pengunjung, mereka sering bercanda di atas jembatan tersebut. 

Video