Terjerat Kasus Korupsi BLT-DD, Sekdes Cikahuripan Sukabumi Dinonaktifkan

Selasa 20 Februari 2024, 21:18 WIB
Kantor Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Kantor Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa Cikahuripan Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, Ujang Malik, angkat bicara terkait kasus korupsi anggaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang menjerat Sekretaris Desa (Sekdes) berinisial MA. Menurut Ujang, kasus tersebut kini tengah ditangani oleh Inspektorat.

“Pada intinya ada (dugaan korupsi) sebenarnya sudah ditangani oleh pihak berwenang inspektorat karena saya sudah melaporkan terkait ada indikasi bahwa sekdes melakukan dugaan tidak disalurkannya BLT DD,” ujar Ujang kepada sukabumiupdate.com saat ditemui di kantornya, Selasa (20/2/2024).

Ujang menyebut, dugaan penyelewengan anggaran BLT-DD oleh sekretarisnya itu dilakukan pada periode anggaran tahun 2023 triwulan ketiga dan keempat dengan nilai mencapai Rp144 juta.

“2023 triwulan ke tiga dan keempat. Dari dana desa. Total anggarannya kalau dilihat sekitar Rp144 juta,” kata dia.

Baca Juga: Diduga Gelapkan BLT Dana Desa, Sekdes di Kadudampit Sukabumi Diburu Polisi

Menurut Ujang, semenjak MA terindikasi melakukan penyelewengan BLT-DD kepada 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), ia telah melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan. Namun, surat panggilan tersebut hingga saat ini tidak diindahkan.

“Pada awalnya saya sudah mempertanyakan keganjilan keganjilan itu dan sudah mendatangi pihak keluarganya kemudian bersurat juga cuman tidak diindahkan lalu saya laporkan ke kecamatan,” tambah dia.

Ia juga mengaku sudah mendatangi kediaman yang bersangkutan, namun hingga saat ini pihaknya tidak mengetahui keberadaannya.

“Sampai sekarang ga ada (orangnya). Konfirmasi datang ke keluarganya udah. (Pemanggilan) udah sampai beberapa kali keluar SP (Surat Peringatan) 1,2,3,” jelasnya.

Kepala Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi Ujang Malik.Kepala Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi Ujang Malik.

Lebih lanjut Ujang mengatakan, bahwa selepas kasus ini sudah ditangani inspektorat, MA telah dinonaktifkan dari jabatan Sekdes Cikahuripan.

“Dia dinonaktifkan jabatannya cuman belum ada pergantian. Jadi, kekosongan jabatannya itu ada sekitar 6 bulan terakhir. Semua sudah saya laporkan ke DPMD Kabupaten Sukabumi, dan sistem sekarang sudah dipegang oleh kita atau tidak sama Pak Sekdes lagi,” ujarnya.

“Intinya, Sekdes itu sekarang sudah tidak bisa mengakses lagi pekerjaan di desa. Karena sistem dan password-nya sudah dipegang oleh desa sekarang. Itu sebenarnya walaupun kita berhentikan, tadi kata Pak Camat ada mekanisme-mekanisme yang harus ditempuh, cuman kalau masalah pekerjaan dia pun tidak ada di sini. Nah, saya tidak tahu dia di mana selama ini,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Sukabumi Kota ungkap dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tindak pidana korupsi itu diduga dilakukan oleh oknum Sekretaris Desa (Sekdes) Cikahuripan terhadap anggaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2023 sebesar Rp144 juta.

Kanit Tipikor Polres Sukabumi Kota, Ipda Sukron Soleh mengatakan, pengungkapan kasus ini bermula ketika banyaknya aduan masyarakat pada Januari 2023 lalu.

“Awalnya kan kita menerima laporan itu di sekira 26 Januari 2023. Jadi, ada ramai ramai di Desa Cikahuripan terkait adanya anggaran BLT-DD di tahun 2023 itu, belum tersalurkan kepada masyarakat sebanyak 80 keluarga penerima manfaat,” ujar Sukron kepada sukabumiupdate.com pada Kamis (15/2/2024).

Syukron menyebut saat ini oknum Sekdes tersebut tidak diketahui keberadaannya dan tengah diburu oleh pihaknya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)
Life06 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi. Tertawa bersama teman. | Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri. Foto: Freepik
Food & Travel06 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Air Lemon. Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat | Foto:  Pixabay/Ri_Ya
Science06 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Mei 2024, Yuk Cek Dulu Langit di Awal Pekan!

Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua).
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova