Mensos Kunjungi Nurin, Bocah Tulang Punggung Keluarga Di Gunungpuyuh Kota Sukabumi

Senin 19 Februari 2024, 17:36 WIB
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini saat mengunjungi kediaman Nurin Elvani (7 tahun) di Gunungpuyuh Kota Sukabumi, Senin (19/2/2024) | Foto : Asep Awaludin

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini saat mengunjungi kediaman Nurin Elvani (7 tahun) di Gunungpuyuh Kota Sukabumi, Senin (19/2/2024) | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini mendadak kunjungi Nurin seorang bocah kelas 1 SD yang menjadi tulang punggung keluarga di kediamannya di Jalan Gotong Royong, Gang Kencana, Rt 04/03, Kelurahan Gunungpuyuh, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Senin (19/2/2024).

Diketahui, Nurin Elvani (7 tahun) yang merupakan seorang anak dari pasangan Eliani Fitradewi (40 tahun) dan Ifan Suharlan (40 tahun), harus menjadi tulang punggung keluarga sejak sang ayah alami gangguan syaraf akibat terlibat kecelakaan pada 19 Agustus 2019 lalu.

Setibanya di rumah Nurin sekira pukul 12:30 WIB, Mensos Risma hanya mampu mengelus dada melihat kondisi keluarga Nurin. Rumah tak layak huni tanpa pintu dengan luas kurang lebih 3x5 meter itu dihuni 7 jiwa.

Risma mengaku mendadak mengunjungi kediaman Nurin setelah mendapat kabar adanya seorang anak kelas 1 SD yang berusaha membantu mencukupi kebutuhan keluarganya dengan berjualan makanan ringan kembang goyang dan kerupuk kulit.

Baca Juga: Ratusan Warga Rela Berdesakan Demi Beras Murah di Palabuhanratu Sukabumi

“Semalam ada kabar tentang Nurin ini, yang jualan membantu orang tuanya karena bapaknya habis tertabrak mobil dan tidak bisa bekerja,” kata Risma kepada awak media, Senin.

Awalnya risma membayangkan kondisi ayah Nurin yang tidak bisa berjalan, namun kondisi sebetulnya sangat berbeda dan risma mengaku berniat untuk membantu keluarga Nurin.

“Saya mau kesana (ke rumah Nurin) karena saya awalnya ingin tahu kondisi sakit bapaknya. Bayangan saya saat itu nggak bisa jalan. Tapi ternyata udah beda nanti akan kita lihat, kita akan bantu, kita akan cek kondisinya seperti apa, realitas apa namanya sakitnya seperti apa. Kedua kita akan bantu untuk usaha, pemberdayaan keluarga Nurin,” ujar Risma.

Lebih lanjut, Risma menanggapi keseharian Nurin yang menjajakan dagangannya untuk membantu ekonomi keluarganya. Risma menganggap peristiwa itu boleh saja terjadi mengingat tidak semua orang dilahirkan dengan keadaan berkecukupan.

“Sebetulnya memang kalau dipaksa nggak boleh. Aku dulu juga kelas 3 SD jualan. Jadi maksudnya sebetulnya itu nggak ada paksaan nggak apa-apa kalau dia niatnya bantu,” kata dia.

Baca Juga: Sempat Masuk Puskesmas dan Tugas Lagi, Linmas Penjaga TPS di Sukabumi Meninggal

“Selama hak anak terpenuhi, hak sekolah kemudian hak bermain itu dipenuhi, nggak apa-apa karena nggak semua keluarga beruntung. Ada yang memang harus membantu keluarganya, seperti itu,” sambung dia.

Terlebih, Risma memastikan akan membantu kondisi keluarga Nurin hingga tuntas. Perbaikan rumah, usaha hingga kesehatan turut menjadi perhatiannya.

“Ya nanti kita lihat, kita akan bantu perbaikan rumah, usaha kemudian untuk kesehatan, untuk kita periksakan sampai tuntas,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional13 Mei 2024, 11:31 WIB

RUU Penyiaran Larang Konten Eksklusif Jurnalisme Investigasi, AJI: Membungkam Pers

Bayu meminta pasal ini harus dihapus sebab tidak ada dasar yang jelas bagi DPR untuk melakukan pelarangan terhadap media dalam menayangkan atau menyiarkan konten eksklusif jurnalisme investigasi.
(Foto Ilustrasi) AJI menyoroti sejumlah pasal yang dinilai bermasalah pada RUU Penyiaran yang disusun DPR. | Foto: Pixabay/Geralt
Life13 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Kebiasaan Baik yang Dapat Menjaga Kesehatan Mental Tetap Stabil

Kesehatan mental memang harus dijaga sebaik mungkin. Pasalnya, mental yang baik akan mendorong aktivitas dan semangat hidup lebih bergairah
Ilustrasi sesorang dengan kebiasaan yang dapat menjaga kesehatan mental (Sumber : Pexels.com /Mike González)
Life13 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Cara Membangkitkan Semangat Hidup di Tengah Keterpurukan, Ini Langkahnya

Cara mengembalikan semangat hidup memang butuh konsistensi. Hal ini bertujuan agar setelah mengalami keterpurukan kembali bergairah beraktivitas
Ilustrasi cara membangkitkan semangat hidup setelah alami masa terpuruk (Sumber : Pexels.com /@Simon Niogi)
Sukabumi13 Mei 2024, 11:14 WIB

Dinas PU Segera Perbaiki Irigasi Terdampak Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Beberapa pihak mengungkapkan bencana longsor ini harus menjadi perhatian.
Pejabat Dinas PU meninjau longsor daerah irigasi di Curug Cimarinjung, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 12 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life13 Mei 2024, 11:00 WIB

7 Dosa Orang Tua kepada Anak yang Sering Diabaikan, Salah Satunya Mengumbar Aib

Sejumlah sikap menjadi dosa orang tua kepada anak. Sayangnya, terkadang orang tua sering menyepelekan hal ini selama proses mendidiknya
Ilustasi salah sikpa orang tua kepada anak yang termasuk dosa tidak disadari (Sumber : Pexels.com /@Anuskha)
Food & Travel13 Mei 2024, 10:30 WIB

7 Langkah Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Lada Hitam untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Rasa air rebusan lada hitam yang pedas dan hangat membuatnya cocok untuk diminum sebagai minuman penyegar di pagi atau sore hari.
Ilustrasi. Lada hitam untuk mengatasi nyeri sendi. (Sumber : Pexels/KarlinaGrabowska)
Life13 Mei 2024, 10:00 WIB

9 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Bahagia dan Kaya

Ada beberapa kebiasaan yang sering kali terlihat pada orang miskin yang membuatnya sulit untuk meraih kebahagiaan dan kekayaan.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang sering kali terlihat pada orang miskin yang membuatnya sulit untuk meraih kebahagiaan dan kekayaan. (Sumber : pexels.com/@rebcenter moscow).
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 09:42 WIB

KPU: Tidak Ada Pendaftar Jalur Perseorangan di Pilkada Kota Sukabumi 2024

KPU Kota Sukabumi telah memberikan informasi dan bantuan teknis kepada calon perseorangan dalam proses penyusunan dan penyerahan berkas dukungan.
Balai Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi13 Mei 2024, 09:30 WIB

Loker Lulusan SMA di Jakarta, Syarat: Punya Keterampilan Kelistrikan

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jakarta, Syarat Pelamar Punya Keterampilan Kelistrikan.
Ilustrasi.  Loker Lulusan SMA di Jakarta, Syarat: Punya Keterampilan Kelistrikan (Sumber : Istimewa)
Nasional13 Mei 2024, 09:14 WIB

Data Sementara BNPB: 37 Orang Meninggal Akibat Banjir Lahar Dingin di Sumbar

Perubahan jumlah korban disebabkan dinamika laporan dari masyarakat.
Kondisi setelah banjir lahar dingin di Sumbar pada Sabtu malam, 11 Mei 2024. | Foto: BNPB