Berawal Bakar Sampah, Bengkel Las di Jalan Kabandungan Sukabumi Dilalap Api

Rabu 06 September 2023, 23:56 WIB
Kebakaran hebat di jalan Kabandungan Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Kebakaran hebat di jalan Kabandungan Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran terjadi di pinggir jalan Kabandungan RT 04/08 Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Satu unit bangunan bengkel las ikut dilalap api dalam peristiwa yang terjadi pada Rabu (6/9/2023) malam tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran di area lahan dekat dengan permukiman warga itu terjadi sekitar pukul 19.49 WIB. Api diduga berasal dari pembakaran sampah daun kering sisa pembukaan lahan.

Wawan (52 tahun) pemilik bengkel las yang terdampak mengatakan, peristiwa kebakaran ini diduga bermula ketika ada seorang pekerja bangunan di tempat kejadian kebakaran (TKK) membakar sampah daun kering di tengah rumpun bambu tepat di lahan kosong belakang bengkel miliknya. Ia mengaku sempat menegur oknum warga itu namun tidak dihiraukan hingga akhirnya terjadi kebakaran.

"Ada orang yang mau kerja ngembangin warung, terus ngebakar. Kata saya jangan ngebakarin takutnya kan yang namanya api takutnya ngerembet. Kata dia nggak nggak, eh langsung kejadian. Kalau udah gini saya kan bingung," ujar Wawan kepada sukabumiupdate.com di TKK.

Baca Juga: Diduga Gegara Ngecas Lampu Darurat, Rumah di Bojonggenteng Sukabumi Terbakar

Saksi lainnya, Anjas (48 tahun) warga setempat menyebut, dirinya baru mengetahui peristiwa kebakaran ini setelah mendengar teriakan warga yang panik bahwa ada kobaran api di lahan seberang perumahan royal Kabandungan residence itu. Dirinya pun langsung menuju lokasi untuk memastikan.

"Kurang lebih jam 8 malam kurang saya dengar ada teriakan api dari luar. Saya langsung keluar dan cek ke lokasi. Api awal mula dari bekas bakaran-bakaran sampah, terus merembet ke bengkel las. Teman saya di sini langsung WhatsApp ke temennya yang di damkar," kata Anjas.

"Suasana panik, enggak ada sumber air masalahnya. Jadi akhirnya masing-masing. Bengkel sudah kosong, tadinya itu teh kan pohon bambu ditebang, bukaan lahan baru mau dibikin kios. Jadi sampai itu sudah mengering dibakar," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi mengatakan, pihaknya menurunkan empat unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi.

"Kami mendapatkan laporan tadi jam 19.49 WIB kemudian kita kumpul di tempat jadi kita dalam perjalanan kita 15 menit udah nyampe di sini. Untuk mobil pemadam kita turunkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan alhamdulillah estimasi pemadaman kurang lebih sekitar 1 jam," tuturnya.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa ini. Berdasarkan pantauan di lapangan, lanjut Ujang, kebakaran melanda bengkel las berukuran 8x4 meter persegi dan lahan kosong seluas sekitar 25 meter persegi. Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan sekitar Rp 25 juta.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang