Peringkat Enam se-Indonesia, Kota Sukabumi Raih Penghargaan Kota Toleran

Jumat 07 April 2023, 09:34 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menerima penghargaan Indeks Kota Toleran 2022 di Candi Singasari Ballroom Hotel Sahid Jakarta, Kamis, 6 April 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menerima penghargaan Indeks Kota Toleran 2022 di Candi Singasari Ballroom Hotel Sahid Jakarta, Kamis, 6 April 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Sukabumi menorehkan prestasi terbaik dengan meraih penghargaan peringkat keenam se-Indonesia dalam Indeks Kota Toleran tahun 2022 yang digelar Setara Istitute. Penghargaan ini langsung diterima Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam acara launching dan penghargaan Indeks Kota Toleran 2022 di Candi Singasari Ballroom Hotel Sahid Jakarta, Kamis, 6 April 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan Setara Institute For Democracy and Peace itu sekaligus pemberian penghargaan kepada 10 kota yang masuk peringkat toleransi terbaik dari 94 kota se-Indonesia, salah satunya Kota Sukabumi yang masuk enam besar sebagai Kota Toleran Indek Kota Toleran (IKT). Ini bentuk aspirasi dan promosi terkait kampanye toleransi di Indonesia. Hadir Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Laode Ahmad dan 10 kepala daerah atau perwakilan yang meraih penghargaan.

"Alhamdulillah Kota Sukabumi masuk 10 besar Indeks Kota Toleran 2022 dan menempati peringkat keenam se-Indonesia,'' kata Achmad Fahmi. Pencapaian ini meningkat dibandingkan Indeks Kota Toleran 2021 yang menempati peringkat ke-12.

Baca Juga: Pemkot Sukabumi Raih Juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Jabar 2023

Fahmi menerangkan, dia ingat benar dalam bahasa agama Islam negara memiliki dua tanggung jawab mengapa negara berdiri. Pertama, bagaimana negara hadir dalam kerangka memberikan rasa aman dan nyaman untuk para pemeluk agama. ''Dan ini yang kita buktikan sampai dengan saat ini,'' kata Fahmi. Intinya dia ingin tempat di mana memimpin memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemeluk agama.

Kedua, negara hadir memakmurkan dengan berbagai potensi baik pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya. ''Kami Kota Sukabumi ucapkan terima kasih kepada Setara Institute, dua tahun lalu peringkat kesembilan, tahun kemarin peringkat 12, dan kini masuk peringkat enam,'' ungkap dia.

Mudah-mudahan, terang Fahmi, meskipun bukan tujuan utama meraih prestasi, namun meyakini apa yang dilakukan penghargaan berbagai pihak akan mengikuti langkah yang telah dilakukan. ''Selamat berkarya, selamat berprestasi menunjukkan kehadiran kita untuk menghadirkan keberagamaan yang baik di antara warga masyarakat,'' kata wali kota.

Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Laode Ahmad dalam sambutannya menyampaikan pemerintah terus mendorong pemerintah daerah dalam menjaga multi kultularisme dan sangat mengapresiasi pemerintah daerah yang sudah menjaga toleransi di daerahnya. Hasil pengukuran yang telah dilakukan Setara Institute juga akan mampu mempromosikan praktik dalam merawat toleransi di daerahnya termasuk Indonesia.

Berikut daftar 10 kota paling toleran di Indonesia yakni Singkawang, Salatiga, Bekasi, Surakarta, Kediri, Kota Sukabumi, Semarang, Manado, Kupang, dan Magelang. Di mana, dalam laporan Setara Institute menyebutkan terdapat 10 kota di Indonesia dengan skor toleransi tertinggi, dan Kota Sukabumi salah satu di antaranya dengan skor tertinggi yakni 5.810.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa