Pemkot Sukabumi Raih Juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Jabar 2023

Selasa 21 Maret 2023, 20:16 WIB
Pemkot Sukabumi meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 terbaik I kategori kota tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023. (Sumber : Dok. Bappeda Kota Sukabumi)

Pemkot Sukabumi meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 terbaik I kategori kota tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023. (Sumber : Dok. Bappeda Kota Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik I kategori kota tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023. Pemenang PPD ini diumumkan pada saat Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Provinsi Jabar 2023 yang dihadiri seluruh kepala daerah dan unsur Bappeda Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jabar di Ballroom Trans Luxury Hotel Bandung, Selasa (21/3/2023).

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima penghargaan tersebut langsung dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai bentuk apresiasi karena Pemerintah Kota Sukabumi telah menunjukkan prestasi dalam perencanaan, pencapaian dan inovasi pembangunan daerah terbaik di Jawa Barat.

"Alhamdulillah, Kota Sukabumi meraih juara 1 tingkat provinsi Jabar dalam penghargaan pembangunan daerah (PPD) dan mewakili Jabar ke tingkat nasional," ujar Fahmi.

Saat ini, lanjut Fahmi, Kota Sukabumi mewakili Jabar ke tingkat nasional dan telah melewati penilaian tahap 1 Kota Sukabumi masuk 14 besar. Selanjutnya telah dilakukan penilaian tahap II pada Rabu 15 Maret 2023 di Bappenas, Jakarta. Harapannya bisa meraih prestasi maksimal dalam penilaian tersebut.

"Penghargaan ini akan terus memacu Pemkot Sukabumi untuk terus bekerja maksimal dalam pembangunan agar lebih baik lagi," ungkap Fahmi. Khususnya dalam mewujudkan Kota Sukabumi yang religius, nyaman, dan sejahtera (Renyah).

Baca Juga: Pemkot Sukabumi Raih UHC Award 2023, Fahmi: Komitmen Pelayanan Kesehatan

Wali kota juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada organisasi perangkat daerah dan elemen masyarakat lainnya hingga mendapatkan penghargaan. "Kolaborasi dan sinergitas dalam pembangunan akan terus dilakukan untuk Kota Sukabumi yang lebih baik dari waktu ke waktu," imbuh dia.

Terpisah, Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah menerangkan, PPD yang dilaksanakan merupakan evaluasi perencanaan dan pembangunan dengan ruang lingkup penilaian yang meliputi: (1) Proses penyusunan dokumen RKPD, (2) Kualitas dokumen perencanaan daerah (RKPD), (3) Pencapaian pembangunan daerah, dan (4) Inovasi pembangunan yang dikembangkan.

"Adapun Inovasi Pembangunan Pemerintah Kota Sukabumi pada PPD Jawa Barat 2022 adalah Dana Kitri (Sukabumi Creative Hub), yang bermaksud mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi kreatif agar menjadi creativepreneur melalui akselerasi dan penataan potensi ekonomi kreatif dengan pola pelatihan, exhibition, pemasaran, akses keuangan, pendampingan dan pengembangan ekonomi kreatif di Kota Sukabumi," ungkapnya.

Atas pencapaian PPD Terbaik se-Jawa Barat ini, kata Reni, Pemerintah Kota Sukabumi terpilih sebagai Kota yang mewakili Provinsi Jawa Barat mengikuti Penilaian PPD Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan rangkaian evaluasi melalui tiga tahap yaitu penilaian teknis dokumen, presentasi dan wawancara, serta verifikasi.

Baca Juga: Fahmi Ajak Warga Kota Sukabumi Sambut Ramadhan dengan Perbanyak Ibadah

Saat ini tahapan melaju sebagai 10 besar Pemerintah Kota se-Indonesia terbaik PPD yang berhasil masuk ke dalam Tahap III (verifikasi dan kunjungan lapangan) yang penilaiannya dijadwalkan hari Senin-Selasa, 3-4 April 2023 mendatang.

Reni mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah berpartisipasi dalam perencanaan dan pembangunan kota. "Penghargaan ini menjadi bukti bahwa kerja keras dan kolaborasi semua pihak dapat mencapai hasil yang memuaskan untuk memajukan Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik dan memperbaiki kualitas hidup seluruh warga Kota Sukabumi," tandasnya.

SUMBER: KDP SETDA KOTA SUKABUMI

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)