Viral Surat Suara Prabowo-Gibran di Sukabumi Sudah Dicoblos Duluan, Ini Faktanya

Kamis 15 Februari 2024, 13:18 WIB
Viral di media sosial X video yang menarasikan terdapat surat suara yang sudah tercoblos sebelum masuk ke bilik suara di salah satu TPS di Cikembar Sukabumi | Foto : Ist

Viral di media sosial X video yang menarasikan terdapat surat suara yang sudah tercoblos sebelum masuk ke bilik suara di salah satu TPS di Cikembar Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Viral di media sosial X sebuah video yang menarasikan adanya surat suara yang sudah tercoblos sebelum masuk ke bilik suara.

Dalam video berdurasi 2 menit yang diterima sukabumiupdate.com memperlihatkan seorang perempuan yang diduga hendak melakukan pencoblosan melakukan protes dan memperlihatkan surat suara dalam kondisi sudah tercoblos pada paslon Presiden nomor urut 02 atau paslon Prabowo-Gibran.

Setelah ditelusuri, diketahui peristiwa itu terjadi di salah satu TPS yang berada di Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi pada Rabu 14 Februari 2024.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Kasmin Belle, mengatakan, hal itu merupakan kesalahan yang terjadi pada saat sortir lipat. Surat suara itu rangkap dua dan terbawa ke TPS.

Baca Juga: Daftar 10 Desainer yang Masuk Final, Lomba Mencari Batik Khas Kota Sukabumi

“Kesalahan sortir, saya klarifikasi ketua PPK-nya jadi dalam lipatan ini ada dua surat suara. Biasa namanya juga disortir, tertempel dan itu pun mereka lipat. Pada saat ada yang dapat dia coblos tapi pas dicoblos kok ada dua, jadi ada kelebihan satu makanya dia (pemilih) bawa, dia kasih ke KPPS jadi itu dianggapnya hangus,"ujar Kasmin saat dikonfirmasi pada Kamis (15/2/2024).

Kasmin menuturkan bahwa surat suara yang telah tercoblos itu (mulanya) disimpan di meja KPPS dan tanpa disadari surat suara itu diberikan kepada pemilih yang lain.

“Terus disimpan di meja, mungkin saking pusingnya pada saat orang datang semakin banyak, itu kebawa lah ke salah seorang yang (akan) mencoblos. Loh kok ini udah dicoblos, ternyata itu salah simpan di KPPS nya," ucap Kasmin.

Kasmin memastikan bahwa surat suara tersebut dinyatakan tidak sah atau hangus. “Nah itu (surat suara tercoblos) dianggapnya hangus atau nggak kepake, Dan itu pun cuma satu surat suara,” kata dia.

Baca Juga: 2 Palang Pintu Persib Siap Tempur Lawan Barito Putera di Pekan ke-25 Liga 1

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Faisal Rifai menambahkan keabsahan dari surat suara yang sudah tercoblos itu dipastikan tidak sah atau hangus.

“Itu bukan dicoblos duluan, itu tuh yang double (surat suara) jadi kesalahan waktu pelipatan, jadi yang satu dianggap sah yang satu tidak dianggap sah,” kata Faisal.

“Jadi nempel itu (surat suaranya) ganda, jadi yang satu ditandatangan, yang satu tidak, jadi yang satu itu tidak dianggap sah,” pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Juni 2024, 00:23 WIB

Pantai Taman Pandan Ciracap Sukabumi, Lokasi Favorit untuk Ngonten

antai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi lokasi favorit bagi kaum muda untuk membuat konten di berbagai platform.
Ceuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juni 2024, 00:12 WIB

Jual Motor Hasil Curian di Medsos, Pria Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Seorang pria asal Gunungguruh berinisial RS alias Ajid (29 tahun) diamankan Unit Reskrim Parakansalak. Ajid ditangkap diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor.
Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi Memilih21 Juni 2024, 23:39 WIB

Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)