Viral Surat Suara Prabowo-Gibran di Sukabumi Sudah Dicoblos Duluan, Ini Faktanya

Kamis 15 Februari 2024, 13:18 WIB
Viral di media sosial X video yang menarasikan terdapat surat suara yang sudah tercoblos sebelum masuk ke bilik suara di salah satu TPS di Cikembar Sukabumi | Foto : Ist

Viral di media sosial X video yang menarasikan terdapat surat suara yang sudah tercoblos sebelum masuk ke bilik suara di salah satu TPS di Cikembar Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Viral di media sosial X sebuah video yang menarasikan adanya surat suara yang sudah tercoblos sebelum masuk ke bilik suara.

Dalam video berdurasi 2 menit yang diterima sukabumiupdate.com memperlihatkan seorang perempuan yang diduga hendak melakukan pencoblosan melakukan protes dan memperlihatkan surat suara dalam kondisi sudah tercoblos pada paslon Presiden nomor urut 02 atau paslon Prabowo-Gibran.

Setelah ditelusuri, diketahui peristiwa itu terjadi di salah satu TPS yang berada di Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi pada Rabu 14 Februari 2024.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Kasmin Belle, mengatakan, hal itu merupakan kesalahan yang terjadi pada saat sortir lipat. Surat suara itu rangkap dua dan terbawa ke TPS.

Baca Juga: Daftar 10 Desainer yang Masuk Final, Lomba Mencari Batik Khas Kota Sukabumi

“Kesalahan sortir, saya klarifikasi ketua PPK-nya jadi dalam lipatan ini ada dua surat suara. Biasa namanya juga disortir, tertempel dan itu pun mereka lipat. Pada saat ada yang dapat dia coblos tapi pas dicoblos kok ada dua, jadi ada kelebihan satu makanya dia (pemilih) bawa, dia kasih ke KPPS jadi itu dianggapnya hangus,"ujar Kasmin saat dikonfirmasi pada Kamis (15/2/2024).

Kasmin menuturkan bahwa surat suara yang telah tercoblos itu (mulanya) disimpan di meja KPPS dan tanpa disadari surat suara itu diberikan kepada pemilih yang lain.

“Terus disimpan di meja, mungkin saking pusingnya pada saat orang datang semakin banyak, itu kebawa lah ke salah seorang yang (akan) mencoblos. Loh kok ini udah dicoblos, ternyata itu salah simpan di KPPS nya," ucap Kasmin.

Kasmin memastikan bahwa surat suara tersebut dinyatakan tidak sah atau hangus. “Nah itu (surat suara tercoblos) dianggapnya hangus atau nggak kepake, Dan itu pun cuma satu surat suara,” kata dia.

Baca Juga: 2 Palang Pintu Persib Siap Tempur Lawan Barito Putera di Pekan ke-25 Liga 1

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Faisal Rifai menambahkan keabsahan dari surat suara yang sudah tercoblos itu dipastikan tidak sah atau hangus.

“Itu bukan dicoblos duluan, itu tuh yang double (surat suara) jadi kesalahan waktu pelipatan, jadi yang satu dianggap sah yang satu tidak dianggap sah,” kata Faisal.

“Jadi nempel itu (surat suaranya) ganda, jadi yang satu ditandatangan, yang satu tidak, jadi yang satu itu tidak dianggap sah,” pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay