SPI Bilang Alih Fungsi Lahan Sawah ke Pisang di Sukabumi Rugikan Rakyat

Minggu 17 Juli 2022, 12:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Dewan Pengurus Cabang Serikat Petani Indonesia atau DPC SPI Sukabumi Rozak Daud angkat suara soal alih fungsi lahan oleh pemegang HGU perkebunan Miramontana, PT Tutu Kekal. Diketahui, PT Tutu Kekal berencana menanam pisang, termasuk di area basah yang sudah dimanfaatkan warga sebagai sawah.

Rozak mengatakan tujuan penyelanggaraan perkebunan sesuai UU Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Sehingga, jika PT Tutu Kekal mengambil alih sawah untuk ditanami pisang dengan alasan mendapat izin diversifikasi, kata Rozak, diduga menjadi bentuk penyengsaraan rakyat.

"Tak ubahnya mereka berkomporomi dengan pemerintah sebagai pemberi izin, membunuh manusia di sekitar kebun. Apalagi pisang itu komoditas yang menjadi tanaman petani," kata Rozak kepada sukabumiupdate.com, Sabtu, 16 Juli 2022.

Baca Juga :

Komisi 1 DPRD Sukabumi Tegaskan Alih Fungsi Lahan Perkebunan Perlu Sosialisasi

Sebagai informasi, luas HGU PT Tutu Kekal mencapai 1.521 hektare di Kabupaten Sukabumi, yang berada di empat desa di Kecamatan Sagaranten yaitu Desa Datarnangka, Puncakmanggis, Hegarmanah, dan Cibaregbeg. Tiga desa di Kecamatan Purabaya yaitu Desa Neglasari, Purabaya, Pagelaran. Lalu Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah. 

Dari jumlah luas lahan tersebut, 200 hektare di antaranya akan dialihfungsikan ke tanaman pisang. Sebagai awal, alih fungsi lahan ini dilakukan di 100 hektare lahan yang terdiri dari 70 hektare lahan kering dan 30 hektare lahan basah.

Seluas 30 hektare lahan basah tersebut merupakan sawah yang ada di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, dan di Desa Puncakmanggis, Kecamatan Sagaranten. Lahan 30 hektare ini diketahui sudah digarap puluhan tahun oleh sekitar 170 petani di Desa Puncakmanggis dan sekitar 7 petani dari Desa Neglasari.

Secara matematika, Rozak mengatakan, apabila 100 hektare sawah yang akan dialih fungsi tersebut dimanfaatkan 100 kepala keluarga dengan tanggungan minimal tiga orang per kepala keluarga, maka ada 300-an manusia yang dibunuh harapan hidupnya oleh pemerintah melalui tangan pengusaha perkebunan. Rozak tegas menolak rencana alih fungsi ini.

"Alasan perusahaan akan mempekerjakan masyarakat sekitar adalah upaya perbudakan sistematis, dari petani yang sudah mandiri dipaksa menjadi kuli atau pekerja," ujarnya.

Menurut Rozak, pihak perusahaan bisa melanjutkan rencana alih fungsi ini dengan dalih lahan sawah tersebut adalah area HGU, sehingga memiliki hak permohonan izin diversifikasi. Tetapi, Rozak mengingatkan, perusahaan juga memiliki kewajiban yang telah diperintah UU seperti membangun kebun untuk warga, paling rendah 20 persen dari total luas HGU.

"Diatur di Permentan 26/2007 Pasal 11 dan Pasal 58 UU 39/2014. Permentan 18 tahun 2021 tentang Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat Sekitar di Pasal 7 disebutkan juga 20 persen dari total areal kebun dalam rangka melaksanakan Peraturan Pemerintah Nomor 26/2021," ungkapnya.

Rozak meminta dinas yang membidangi urusan perkebunan jangan hanya pintar pada aturan yang menguntungkan perusahaan, tetapi buta pada aturan yang berpihak kepada rakyat. "Jika perusahaan lalai pada kewajibannya, sanksinya jelas, apalagi memutuskan mata rantai usaha rakyat. Sehingga dianggap wajar jika kepala daerah menegur keras, bila perlu mencabut izin perusahaan yang tidak berkontribusi dan tidak sesuai aturan yang ada," katanya.

Sebelumnya, Manajer PT Tutu Kekal Gilar menjelaskan rencana alih fungsi lahan dari sawah ke pisang ini sudah mendapatkan izin atau rekomendasi dari Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, sejak 2021.

"Jadi dari 200 hektare sawah di perkebunan itu, hanya akan dialih fungsikan 30 hektar yang ada di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, dan Puncakmanggis, Kecamatan Sagaranten. Sisanya 70 hektare lahan kering. Jumlah yang akan alih fungsi 100 hektare," kata dia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life29 April 2024, 09:42 WIB

Ciptakan Rutinitas, Ini 7 Cara Ampuh Menenangkan Balita yang Rewel

Tertawa satu menit dan menangis di menit berikutnya? Pelajari cara menangani emosi balita Anda yang selalu berubah.
Ilustrasi menenangkan balita yang rewel. | Foto: Freepik
Sukabumi29 April 2024, 09:34 WIB

Pelajar SMPN Cibitung Butuh Perahu, Pergi Sekolah Lintasi Sungai Cikaso Sukabumi

Perahu yang selama ini digunakan pelajar dan guru sering mengalami masalah.
Perahu untuk pelajar dan guru di Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi29 April 2024, 09:31 WIB

6 Tanda Kamu Punya Bakat Jadi Pengusaha daripada Kerja Kantoran, Ini Buktinya

Bakat menjadi pengusaha sejatinya bisa dilihat dari kebiasaan, mentalitas dan mindset hariannya dalam menjalani hidup selama ini.
Ilustrasi. Tanda orang yang memiliki bakat jadi pengusaha. Sumber foto : Pexels/ Andrea Piacquadio
Sehat29 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Berat Badan, 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.  (Sumber : pexels.com/@Dom J)
Life29 April 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin

Inilah Sederet Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin. Ayo Tiru dan Lakukan!
Ilustrasi. Relasi orang kaya yang membuatnya sulit miskin (Sumber : pexels/maryiaplashchynskaya)
Sehat29 April 2024, 07:00 WIB

7 Kategori Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah makan, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. Mencuci Buah. Contoh Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik)