Pilkada Kabupaten Sukabumi Dipantau Polda Jabar, Wakapolda: Harus Aman dan Sehat!

Kamis 02 Juli 2020, 12:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Pilkada Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu yang dapatkan perhatian dari Polda Jawa Barat. Dalam zoom meeting yang digelar Kamis, (2/7/2020) Wakapolkda Jawa Barat, Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus meminta jajaran Polres Sukabumi membantu KPU dan Bawaslu untuk memastikan setiap tahapan pilkada Kabupaten Sukabumi berjalan aman dan sehat, karena berlangsung ditengah pandemi covid-19.

Salah satu point yang ditegaskan Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus adalah memastikan KPU dan pemerintah daerah mendapatkan semua kebutuhan APD (alat perlindungan diri) dalam rangka menggelar pilkada dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. APD dibutuhkan oleh penyelenggara setiap tahapan pilkada khususnya saat pencoblosan tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Hal ini ditegaskan kembali oleh Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif. Dalam rilis yang terima redaksi sukabumiupdate, Zoom meeting ini diikuti oleh jajaran KPU dan Bawaslu Kabupaten Sukabumi. “Dalam kesempatan bersama pak Wakapolda, KPU menegaskan siap melaksanakan tahapan Pilkada Kabupaten Sukabumi,” jelas AKBP Lukman Syarif.

Peta kerawanan sudah inventalisir, dimana ada level kewaspadaan gangguan yang berbeda di setiap tahapan. “Kordinasi KPU, bawaslu dan Polres Sukabumi sudah sangat baik, kita sudah mendirikan Posko pengamanan di Kantor KPU dan menugaskan Kasat Intelkam untuk selalu mengawal kegiatan KPU Kabupaten Sukabumi,” tegasnya.

BACA JUGA: Selamat Datang di Polres Sukabumi, AKBP Lukman Menatap Pilkada Dimasa Pandemi

Dalam zoom meeting ini Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus menurut Kapolres Sukabumi menekakan sejumlah poin yang harus dilakukan dalam rangka pengamanan Pilkada 2020. Pertama para kapolres diminta membantu dan memfasilitasi kebutuhan KPU dan pemda dalam pengadaan APD untuk penyelenggara Pilkada.

“Kami diminta tidak under estimit terhadap situasi, sesuaikan dengan situasi  terutama di tengah pandemi baik itu zona hijau, biru atau kuning. Pilkada ini harus aman dan sehat,” sambung Lukman Syarif.

Polres Sukabumi dan polres lainnya di Jawa Barat yang ikut mengamankan pilkada serentak 2020 ini juga diminta oleh Wakapolda Jabar untuk efektif gunakan teknologi untuk terus berkomunikasi dan koordinasi sesuai anjuran pemerintah dalam pelaksanaan New Normal.

Selain Kabupaten Sukabumi, ada tujuh daerah di Jawa Barat yang juga menggelar pilkada serentak ditengah pandemi tahun 2020 ini. Kabupaten Bandung, Cianjur, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Depok.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)