Musim Hujan Datang, Hati-hati Jamur Kaca Mobil Mengancam

Kamis 29 Oktober 2020, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jamur kaca mobil adalah salah satu ancaman yang menakutkan bagi para pemilik kendaraan roda empat  saat harus bepergian di musim hujan. Dalam situasi lembap, saat bercak air hujan dibiarkan mengering sendiri, hasilnya adalah bercak-bercak sulit hilang sekaligus memberikan visual buram.

"Jamur kaca bisa timbul jika air yang menempel tidak langsung dibersihkan atau dilap sampai kering," papar Adhara Edy Prabowo, Kepala Bengkel Auto2000 Lenteng Agung, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Suara.com.

Selain karena air hujan, jamur kaca juga bisa dipicu karena kualitas air yang dipakai untuk mencuci mobil. Misalnya air yang digunakan jenis air tanah dan kandungan kapurnya cukup tinggi, maka kemungkinan timbul jamur akan semakin besar.

Begitu juga kalau pakai air tanah yang mengandung unsur besi kuning dan apabila air tanah yang mengandung garam. Itu semua dapat menimbulkan jamur pada kaca mobil.

Lantas apakah ada pengaruh kaca film yang dipakai dengan timbulnya jamur?

Adhara Edy Prabowo menyebutkan, antara kaca film dengan jamur kaca tidak berhubungan. "Kaca film itu ada di bagian atau sisi dalam, sedangkan jamur tumbuh di sisi luar kaca," tukasnya.

Nah, kapankah jamur kaca ini menimbulkan situasi membahayakan pengemudi?

Secara sekilas, jamur kaca memang tak mengganggu penampilan mobil keseluruhan. Namun saat hujan di malam hari, jamur kaca bisa mempengaruhi pandangan pengemudi.

Dampak yang ditimbulkan adalah pandangan berpendar atau bahkan kesulitan untuk melihat kondisi luar mobil. Dikhawatirkan akan mengancam keselamatan berkendara.

Untuk menghindari ancaman jamur kaca, tips sederhana adalah sebagai berikut:

- Biasakan selalu bilas mobil setelah kehujanan. Baik body mobil maupun kaca mobil rawan terkena serangan jamur bila air dibiarkan sampai mengering.

- Gunakan lap lembut untuk mengeringkan body dan kaca mobil.

- Biasakan parkir mobil di tempat terlindungi.

- Sesekali cek permukaan kaca, utamanya bagian depan atau windshield saat bepergian malam hari. - Apakah cahaya dari arah depan tidak "pecah" atau menyebar dan berpendar yang menyebabkan kesulitan melihat kondisi jalan. Bila ya, segera datangi bengkel langganan untuk diagnosa jamur.

- Begitu pula saat mencuci mobil, simak baik-baik permukaan kaca sebelum dicuci dan setelah dibilas dan dikeringkan. Apakah ada bercak tetap tinggal?

Sumber: Suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi19 Juli 2024, 23:32 WIB

Identitas Wanita Korban Tabrak Lari di Parungkuda Sukabumi Terungkap

Keluarga korban tabrak lari di Parungkuda Sukabumi berharap polisi bisa menangkap pelaku.
Polisi saat olah TKP kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita usai disambar mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Nasional19 Juli 2024, 22:41 WIB

Wanita Sukabumi Ini Ditangkap Bareskrim Karena Terlibat Kasus Scam Online Internasional

Berikut peran dari Wanita Sukabumi yang ditangkap Bareskrim Polri saat pulang kampung karena terlibat kasus Scam Online Internasional Jaringan Dubai.
Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Alfis Suhaili saat konpers terkait penangkapan wanita Sukabumi tersangka scam online internasional di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Humas Polri)
Sehat19 Juli 2024, 21:44 WIB

BPA pada Kemasan Air Minum Dilarang, Uni Eropa Resmi Terapkan Akhir 2024

Sebanyak 27 negara maju yang bergabung dalam Uni Eropa tegas menyatakan, BPA sudah tidak boleh lagi digunakan mulai akhir tahun 2024.
(Foto Ilustrasi) Uni Eropa mengeluarkan aturan terkait penggunaan BPA pada kemasan galon isi ulang. | Foto: Istimewa
Life19 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mendidik Anak ADHD dengan Pola Pengasuhan yang Efektif dan Tepat

Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)
Sukabumi19 Juli 2024, 20:53 WIB

Resmi Jadi Kapolres Sukabumi Kota, Ini Pesan AKBP Rita Suwadi

Kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota baru disambut polisi cilik dan tradisi pedang pora.
Tradisi pedang pora sambut kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota yang baru. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi19 Juli 2024, 20:32 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi Terkait Penyelenggaraan Healthy Cities Summit 2024

Harapan dan pesan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi terkait penyelenggaraan event HCS 2024 pada 28-31 Juli 2024 mendatang.
Badri Suhendi, Anggota Komisi I DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto: dok setwan
Sukabumi19 Juli 2024, 20:00 WIB

Terekam CCTV, Wanita Tanpa Identitas Tewas Ditabrak Lari Mobil di Parungkuda Sukabumi

Berikut keterangan Polisi terkait insiden wanita tanpa identitas tewas ditabrak lari mobil saat menyeberang jalan di Parungkuda Sukabumi.
Wanita tanpa identitas jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Life19 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Ciri Kamu Sebenarnya Adalah Orang Baik Jika Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka.
Ilustrasi - Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka. (Sumber : Freepik.com)
Nasional19 Juli 2024, 19:35 WIB

Kronologi Helikopter Jatuh di Bali Diduga akibat Terlilit Tali Layangan

Berikut kronologi dan kondisi penumpang helikopter wisata yang jatuh di Bali. Kecelakaan ini diduga akibat baling-baling terlilit tali layangan.
Helikopter jatuh tidak lama lepas landas dari Helipad GWK, Bali pada Jumat (19/7/2024) pukul 14.33 WIB. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Juli 2024, 19:00 WIB

Tak Hanya Susu Saja, Ini 8 Makanan yang Dapat Membantu Memperkuat Tulang

Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang.
Ilustrasi Salmon  - Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)