10 Keutamaan Surat Al Kahfi, Bisa Terhindar dari Fitnah Dajjal

Kamis 12 Oktober 2023, 12:15 WIB
Ilustrasi. Al-Qur'an | Keutamaan Surat Al- Kahfi, Bisa Terhindar dari Fitnah Dajjal (Sumber : Pexel.com/AbdulmeilkAldawsari)

Ilustrasi. Al-Qur'an | Keutamaan Surat Al- Kahfi, Bisa Terhindar dari Fitnah Dajjal (Sumber : Pexel.com/AbdulmeilkAldawsari)

SUKABUMIUPDATE.com - Surat Al Kahfi adalah surat ke-18 dari Al-Quran yang terdiri dari 110 ayat. Al Kahfi masuk kedalam golongan surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah.

Surat Al Kahfi sering dikaitkan dengan bacaan yang dianjurkan oleh Baginda Rasulullah SAW, terutama jika dibaca di malam Jum'at maupun hari Jum'at. Ada banyak keutamaan Surat Al-Kahfi yang bisa kita dapatkan apabila rajin membacanya. Keutaman-keutamaan tersebut telah diterangkan dalam Al-Qur'an.

Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi di hari Jum'at, ia akan diterangi dengan cahaya diantara 2 jum'at." (HR Al-Hakim 3392,Al-Baihaqi 5996).

Baca Juga: Memory Samsung Galaxy S23 FE Up To 256GB, Harga dan Spesifikasinya

Keutamaan Surat Al Kahfi telah disebutkan dalam hadits riwayat Tirmidzi :

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya : "Sebaik-baik hari yang disinari matahari adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam A.S diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya. Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jum'at." (HR. Tirmidzi).

Berikut Keutamaan Surat Al-Kahfi yang sangat menakjubkan dan InsyaAllah akan diraih oleh umat Muslim jika membacanya dengan niat mencapai ridho Allah SWT.

Keutamaan Surat Al Kahfi

1. Diampuni Dosanya antara Dua Jum'at

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Artinya : "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum''at, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum'at." ( HR. Ibnu Umar)

2. Diberi Rasa Sakinah

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda,

اقْرَأْ فُلاَنُ ، فَإِنَّهَا السَّكِينَةُ نَزَلَتْ لِلْقُرْآنِ ، أَوْ تَنَزَّلَتْ لِلْقُرْآن

Artinya : "Bacalah terus hai Fulan, Sesungguhnya awan itu adalah ketenangan yang turun saat engkau membaca Al-Qur'an atau turun kepada Al-Qur'an." (HR Bukhari dan Muslim).

Ini juga akan memberi ketenangan secara individu, maupun merasa sakinah dalam berkeluarga pada siapa saja yang membacanya.

3. Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Diketahui, membaca sepuluh ayat pertama dan terakhir dalam surat Al-Kahfi dapat membuat kita terhindar dari jahatnya fitnah dajjal.

"Barangsiapa membaca 10 ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah dajjal" (HR. Ibnu Hibban).

Baca Juga: 9 Dampak Buruk Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah

Diperkuat lagi dengan beberapa hadits berikut ini :

"Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, maka dajjal tidak bisa memudharatkannya" (HR. Dailami)

"Maka barangsiapa diantara kamu yang mendapatinya(mendapati zaman dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat ayat permulaan surat Al-Kahfi" (HR. Muslim)

4. Terhindar Dari Godaan Syaitan

Setan merupakan musuh terbesar umat manusia, terutama kita seorang muslim.
Setan akan selalu berusaha untuk merusak iman dan mengajak manusia ke jalan yang sesat, terutama dalam melakukan ibadah dan perbuatan baik.

Sebuah hadits oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal, bahwa : "Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan Surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki syaitan sepanjang malam tersebut.Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan syaitan yang terkutuk".

5. Mati Syahid

Al Imam Baqir menyebutkan bahwa keutamaan Surat Al-Kahfi bisa didapatkan dengan membacanya di setiap malam jum'at, yaitu dapat membuat siapapun yang membacanya akan meninggal dalam keadaan syahid dan kita akan dibangkitkan bersama golongan syuhada.

6. Disinari Cahaya Ka'bah

Keutamaan yang satu ini telah disebutkan dalam hadits, dinyatakan shahih oleh Syaikh Al Albani : "Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum'at, dia akan disinari antara dia dan Ka'bah".

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shahihul Jami' No. 6471.

Baca Juga: 4 Peristiwa Pada Tanggal 12 Oktober Selain Hari Museum Nasional

7. Dapat Perlindungan dan Ridho Allah SWT

Seseorang yang rajin membaca surat Al-Kahfi Insya Allah akan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Dijauhkan dari segala marabahaya, dan dari kezaliman orang-orang jahat.

8. Disinari Cahaya Kebaikan

Seorang muslim yang mengamalkan surat Al-Kahfi akan diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan nanti, Insya Allah. Cahaya tersebut akan diberikan Allah SWT pada hari kiamat nanti yang memancar dari kedua telapak kakinya hingga ke langit.

9. Mengingat Kebesaran Allah

Setiap umat muslim wajib untuk senantiasa selalu mengingat kebesaran Allah SWT.

Dalam surat Al-Kahfi ayat 47 dijelaskan : "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar. Dan kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka".

10. Menjadi Orang Terdepan Jika Dihafalkan

Menghafal surat Al-Kahfi menjadikan kita sebagai orang yang berilmu, dan orang berilmu ialah orang yang terdepan. Sebagaimana Hadits berikut :

"Yang mengimami suatu kaum adalah yang paling banyak hafalan kitab Allah. Jika dalam bacaan (hafalan) itu sama, maka yang lebih mengetahui sunnah. Jika dalam sunnah sama, maka yang paling dahulu hijrahnya. Jika dalam hijrahnya sama, maka yang paling dahulu masuk Islam" (HR. Muslim).

Itulah rangkuman mengenai Keutamaan Surat Al Kahfi. Semoga kita masuk dalam golongan orang-orang soleh solehah dan bisa mengamalkan Keutamaan Surat Al Kahfi dalam kehidupan nyata.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science28 April 2024, 11:00 WIB

Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

BMKG menyebutkan, Gempa M6,2 Selatan Jawa Barat ini terjadi akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab earthquake).
Intra Slab Earthquake: Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 10:47 WIB

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Pasangan Sedang Berbohong, Ini Buktinya

Pasangan yang sedang berbohong akan nampak pada bahasa tubuhnya saat sedang berbicara.
Ilustrasi. Bahasa tubuh pasangan yang berbohong. | Sumber foto : Pexels/Roderick Salatan
Jawa Barat28 April 2024, 10:37 WIB

Data Terkini Dampak Gempa Laut Garut: 27 Rumah Rusak, 4 Orang Luka

Berikut dampak gempa Garut M6,2 yang tercatat oleh BNPB.
Dampak gempa laut Garut M6,2. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:30 WIB

4 Rahasia Mengejutkan dalam Membesarkan Anak Supaya Berperilaku Baik

Anak-anak Anda tidak akan belajar mendisiplinkan diri dalam semalam. Pasti ada saatnya mereka berperilaku buruk, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha mencegahnya.
Ilustrasi. Cara membesarkan anak supaya berperilaku baik. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 10:24 WIB

2 Kali di Sukabumi, Daftar 13 Gempa Merusak Selatan Jabar 1844-2022

Diantara 13 gempa merusak Selatan Jawa tahun 1844-2022, dua diantaranya pernah terjadi di Sukabumi, tepatnya Gempa di tahun 2012 dan 2021.
Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Jawa Barat28 April 2024, 10:06 WIB

Temu Rembug PPPH Kabupaten Garut Gaungkan Halal Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Temu rembug ini sarat dengan diskusi mengenai akselerasi sertifikasi halal di kabupaten Garut.
Temu rembug pengurus LPPPH Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) provinsi Jawa Barat. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:00 WIB

Percaya Diri dan Mandiri! 10 Ciri Kamu Perempuan yang Memiliki Mental Kuat dalam Menjalani Hidup

Perempuan yang memiliki mental kuat adalah mereka yang memiliki ketangguhan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam hidup.
Ilustrasi - Perempuan yang memiliki mental kuat adalah mereka yang memiliki ketangguhan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Life28 April 2024, 09:30 WIB

Melatih Kesabaran, Ini 5 Kualitas Utama yang Harus Dipupuk pada Anak Sejak Dini

Pelajari sifat-sifat penting yang harus dipupuk pada anak-anak untuk membantu mereka menjadi bahagia dan sukses.
Ilustrasi. Kualitas utama yang harus dipupuk pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Sehat28 April 2024, 09:00 WIB

9 Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Ketahui Sederet Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Sumber Lemak. Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 08:35 WIB

5 Alasan Kenapa Wanita Mandiri Lebih Asyik Sendiri Ketimbang Berpasangan, Ini Faktanya

Wanita mandiri dikenal sebagai golongan yang sangat asyik sendiri ketimbang buru-buru mencari pasangan hidup.
Ilustrasi. Alasan wanita mandiri asyik sendiri. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio