Sederet Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat Bulan Ramadan

Jumat 14 April 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Inilah sederet keutamaan membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat, salah satunya bisa terhindar dari fitnah Dajjal | Foto: Freepik

Ilustrasi. Inilah sederet keutamaan membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat, salah satunya bisa terhindar dari fitnah Dajjal | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Al-Kahfi merupakan salah satu surah dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 110 ayat dan terletak di bagian tengah teks Alquran.

Surah ini dinamai "Al-Kahfi," yang berarti "Gua" dalam bahasa Arab, mengacu pada sebuah gua yang disebutkan dalam kisah surah tersebut.

Surah ini dikenal dengan banyak kisahnya, termasuk kisah pemuda yang tertisur di dalam gua, kisah orang kaya dan orang miskin, kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir. Juga membahas konsep iman, hari kiamat, dan pentingnya mencari ilmu dan hidayah.

Baca Juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-10, Bacaan Latin dan Artinya yang Dianjurkan Dibaca Setiap Jumat

Surah ini juga dianggap sebagai salah satu dari tujuh surah terpenting dalam Al-Qur'an, yang dikenal sebagai "Tujuh Ayat yang Sering Diulangi" (Al-Sab`a Al-Mathani).

Banyak umat Muslim membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, karena diyakini memiliki banyak keutamaan. Lantas apa saja keutamaannya?

Mengutip dari Akurat.co, berikut keutamaan membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat.

1. Dijauhkan dari fitnah Dajjal

Salah satu fitnah dunia yang akan menimpa manusia ialah kehadiran sosok Dajjal. Ia akan menyesatkan umat dengan menjadikan hal buruk seolah-olah baik.

Baca Juga: 7 Amalan Sunnah Hari Jumat, Pahala Berlimpah Penuh Berkah

Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk terus berdoa agar terhindar dari fitnah Dajjal. Salah satunya adalah dengan membaca surah Al Kahfi. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim.

Rasulullah Bersabda: "Barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (menyaksikan fitnah Dajjal) hendaknya membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surah Al Kahfi." (HR. Muslim).

Dalam hadis lain, Imam Muslim meriwayatkan, Nabi Muhammad bersabda: "Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surah Al Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal." (HR. Muslim).

2. Diberi cahaya keberkahan oleh Allah SWT

Keutamaan lainnya dengan membaca surah Al Kahfi ialah akan diberi cahaya keberkahan dalam hidup seseorang. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Ad-Darimi.

Baca Juga: Contoh Khutbah Jumat Singkat Tentang Bulan Ramadan, Klik Disini!

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah." (Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih seperti yang tercatat dalam Shahihul Jami' no. 6471).

Sementara di hadis lain Abu Sa'id al Khudri meriwayatkan:

"Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249).

3. Diampuni dosa-dosanya oleh Allah

Keutamaan lainnya membaca surah Al Kahfi ialah mendapat pengampunan dosa-dosa dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Nabi:

Baca Juga: 5 Mitos Malam Jumat Kliwon, Disebut Waktu Keluarnya Para Lelembut

"Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

4. Dijaga dari gangguan setan

Abu Bakar bin Mardawaih juga menjelaskan mengenai keutamaan membaca surah Al Kahfi di malam Jumat yang mampu melindungi rumah dari gangguan jin.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Hari Jumat untuk Mendatangkan Rezeki Lengkap dengan Artinya

5. Menjadi pelajaran hidup bagi umat Islam

Surah Al Kahfi berisi kisah-kisah peristiwa yang bisa menjadi pelajaran hidup umat Islam. Seperti kisah kesalehan tujuh orang pemuda yang berlindung di dalam gua dari kekejaman penguasa waktu itu.

Serta kisah hari kiamat yang terkandung dalam ayat ke-47. Demikian keutamaan membaca surah Al Kahfi, yang bisa diamalkan.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel17 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Updaters yang Mengalami Diabetes Dapat Mencoba Membuat Air Rebusan Kayu Manis Berikut di Rumah. Minuman Herbal ini Dipercaya Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh.
Ilustrasi. Teh Kayu Manis, Cara Membuat Air Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah | Sumber: Freepik.com (azeirbaijan_stockers)
Science17 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 17 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Potensi Diguyur Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 17 April 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 17 April 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist