TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

M4.2, BMKG Ungkap Gempa Susulan Cukup Kuat di Cianjur Usai Subuh

Ahli Mitigasi bencana gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menjelaskan bahwa sama dengan gempa utama dan ratusan gempa susulan lainnya

Penulis
Minggu 4 Des 2022, 06:20 WIB

Foto udara BNPB merekam kerusakan dampak gempa cianjur pada Senin 21 November 2022. Hingga saat ratusan gempa susulan masih terjadi di lereng tenggara Gunung Gede Pangrango

SUKABUMIUPDATE.com - Usai waktu subuh, Minggu (4/12/2022) warga Cianjur, Sukabumi dan sekitarnya kembali dikejutkan dengan guncangan kuat gempa. BMKG mencatat ini adalah gempa susulan ke 334 yang berpusat di Cianjur pasca lindu merusak pada Senin 21 November 2022 silam.

Grup medsos info gempa dunia, menyebut lindu kali ini adalah gempa susulan yang ke 334 di Cianjur. Melansir data BMKG, gempa ini berkekuatan M4.2, terjadi pada pukul 05:01:01 WIB, berlokasi di 6.82LS, 107.06BT, 8 kilometer Barat Laut Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Ahli Mitigasi bencana gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menjelaskan bahwa sama dengan gempa utama dan ratusan gempa susulan lainnya, aktivitas tektonik kali ini berpusat di darat, kerak dangkal dengan kedalaman kurang lebih 10 kilometer.

Baca Juga: Titik Gempa Cianjur dekat Gunung Gede, Dosen ITB: Sesar Sekitar Gunung Api Perlu Atensi

"Hasil pemantauan dan laporan masyarakat, tingkat guncangan gempa susulan kali ini dirasakan di Cianjur, Sukabumi dengan skala III MMI, Pamoyanan II-III MMI," tulis Daryono dalam akun media sosialnya.

Dalam sejumlah kesempatan sebelumnya, pemerintah dan BMKG meminta warga di kawasan gempa Cianjur untuk tetap waspada. Menghindari bangunan yang sudah mengalami kerusakan struktur akibat gempa utama pada 21 November 2022 lalu.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x