Pre Event LMS 2023: Pentingnya USAGM Workshop Digital Security for Newsroom

Rabu 11 Oktober 2023, 18:45 WIB
Pre Event Local Media Summit 2023: Pentingnya USAGM Workshop Digital Security for Newsroom. (Sumber : Istimewa.)

Pre Event Local Media Summit 2023: Pentingnya USAGM Workshop Digital Security for Newsroom. (Sumber : Istimewa.)

SUKABUMIUPDATE.com - Local Media Summit (LMS) kembali dihelat tahun ini. Jelang LMS 2023 yang akan berlangsung 11-12 Oktober 2023 digelar pre-event diskusi dengan tajuk 'USAGM Workshop: Digital Security for Newsroom' yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Selasa (10/10/2023).

Workshop ini sangat penting untuk mengupas perihal makin masifnya serangan digital terhadap media dan jurnalis. Menurut CEO Suara.com, Suwarjono, workshop ini sangat penting dengan masifnya serangan digital kepada media.

"Workshop ini jadi bagian penting dari rangkaian Local Media Summit 2023 karena banyaknya serangan digital kepada media. Workshop ini mengulas begitu pentingnya pencegahan terhadap serangan digital," ucap Suwarjono.

Baca Juga: Local Media Summit 2023: Tantangan Jurnalisme dan Bisnis Media ke Depan

Adi Marsiela, Koordinator Bidang Internet Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dalam paparannya mengungkap fakta banyaknya serangan digital terhadap jurnalis dan media.

Per Januari hingga Juli 2023, tercatat setidaknya ada 10 serangan digital terhadap jurnalis dan media, termasuk yang dialami oleh akun Twitter Suara.com terkena suspended pada 5 Juli 2023.

Menurut Adi, dari pengalaman soal serangan digital terhadap jurnalis dan media, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pengamanan front end-Cms, diantaranya menghindari plug-in bajakan, melakukan update plug-un dan mengganti url log-in.

Baca Juga: Local Media Summit 2023 Akan Digelar Bulan Oktober

Sementara untuk pengamanan back-end, beberapa hal yang wajib dilakukan diantaranya, menghindari share posting, melakukan eksplore C-Panel, membuat cadangan data minimal satu kali per bulan terakhir jika memungkinkan untuk akses virtual private server.

Sejumlah serangan digital terhadap produk jurnalisme belakangan makin marak terjadi. Seperti serangan Distributed denial of service (DDoS) yang pernah dialami Project Multatuli saat mengangkat artikel berjudul "Tiga Anak Saya Diperkosa".

Langkah mitigasi menjadi wajib dilakukan saat serangan DDoS mengancam produk jurnalisme. Langkah mitigasi yang paling realistis diantaranya mengaktifkan Content Delivery Network, memilih pelayanan yang dapat menyembunyikan IP Address asli web hosting.

Baca Juga: Cisaat Bakal Jadi Pusat Kota Baru di Sukabumi Barat, Dilengkapi Double Track dan Tol

Selain itu, langkah mitigasi yang bisa dilakukan ialah memasang fasilitas captcha, memasang 2FA portal dan layanan CDN. Serta terakhir memilih penyedia hosting yang responsif dan terjangkau.

Dengan kondisi seperti saat ini, dapat dipahami bahwa keamanan digital sangat penting dilakukan. Pada dasarnya prinsip dasar pada keamanan digital ialah bahwa tidak ada jaminan 100 persen aktivitas kita di dunia maya aman, harus juga dipahami bahwa saat ini aman namun belum tidak selamanya.

Terpenting juga ialah bahwa perilaku digital sangat menentukan resiko dan keamanan kita saat beraktivitas di sosial media. Juga harus dipahami bahwa semakin nyaman akan semakin beresiko. Selain itu, keamanan digital itu berlaku personal dan kontekstual.

Baca Juga: 7 Cara Bicara yang Membuatmu Banyak Disukai Orang-orang, Yuk Lakukan

Hal yang tak kalah penting Digital Security ialah terkait password. Sejumlah faktor harus diperhatikan untuk membuat password yang kuat, diantaranya mengecek seberapa kuat password yang dibuat via laman passwordmonster.com, selain itu juga harus diperhatikan bahwa password yang kuat minimal 15 karakter atau gunakan frasa memakai simbol, angka serta spasi.

Juga harus dipahami untuk satu akun itu, juga harus satu password. Selain itu yang juga harus diperhatikan untuk mengelola identitas digital.

Untuk mengelola identitas digital, hindari unggah soal kehidupan pribadi, harus memiliki email berbeda untuk urusan kerja dan pribadi, juga bisa dilakukan saat melakukan aktivitas daring dengan melapisnya via VPN untuk kita tetap tidak beridentitas.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget13 Mei 2024, 00:36 WIB

Balita di Cikole Sukabumi Tewas Usai Diduga Dipatuk Ular Welang Saat Tidur

Peristiwa nahas menimpa seorang bayi berusia tiga tahun asal Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Balita itu meninggal dunia usai digigit ular welang di kamarnya.
Balita meninggal setelah dipatuk ular welang di Cikole Sukabumi | Foto : Ilustrasi Pixabay
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 00:10 WIB

Koalisi 5 Partai Kantongi Tiga Nama Calon Bupati Sukabumi

Pasca deklarasi koalisi 5 partai untuk bekerjasama di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, komunikasi antar pimpinan partai politik terus dilakukan.
Pertemuna Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha dan Ketua DPC PKB Hasim Adnan, Minggu (12/5/2024) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi12 Mei 2024, 23:56 WIB

Debit Air Bendungan Ciletuh Sukabumi Menurun, Area Pertanian di Dua Kecamatan Terancam

Bendungan Ciletuh sebagai penyuplai air untuk pertanian di Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap debit airnya muali menurun.
Bendungan Ciletuh Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 21:00 WIB

Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.
Ilustrasi - Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. (Sumber : Screenshot YouTube/@Kunci Sehat).
Sukabumi12 Mei 2024, 20:45 WIB

Truk Box Terbalik Di Puncak Dini Geopark Ciletuh Sukabumi, 3 Orang Terluka

Mobil truk box yang membawa dua unit sepeda motor Nmax, terbalik diturunan Puncak Dini, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/5/2024), sekitar pukul 10.30 WIB.
Truk box terbalik di tanajakan dini Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 Mei 2024, 20:23 WIB

PKS Runner Raih Juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Sejumlah pelari yang tergabung dalam PKS Runners mengikuti event Geopark Ciletuh Run 2024
PKS Runner raih juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi | Foto : Ist
Sehat12 Mei 2024, 20:00 WIB

Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).
Sukabumi Memilih12 Mei 2024, 19:25 WIB

Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Calon anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 bisa dilantik belakangan, bila yang bersangkutan maju Pilkada serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU RI
Sehat12 Mei 2024, 19:00 WIB

Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi minum air putih - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang