8 Keuntungan Menjadi PNS, Gaji Tetap hingga Gampang Pinjam Ke Bank

Rabu 22 Februari 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi. Keuntungan menjadi PNS, Gaji Tetap hingga Jam Kerja Pasti Tanpa Rodi (Sumber : via djkn.kemenkeu.go.id)

Ilustrasi. Keuntungan menjadi PNS, Gaji Tetap hingga Jam Kerja Pasti Tanpa Rodi (Sumber : via djkn.kemenkeu.go.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS disebut-sebut sebagai salah satu pekerjaan idaman mertua. Bahkan, Pendaftaran CPNS 2023 belum resmi dibuka pun banyak orang sudah mempersiapkan tes seleksi nya jauh-jauh hari.

Alih-alih bekerja di swasta, keuntungan menjadi PNS kerap menjadi unggulan mengapa CPNS selalu diburu.

Keuntungan menjadi PNS yang didewakan oleh masyarakat Indonesia ini bisa bermacam-macam, mulai dari gaji tetap hingga jam kerja. Ya, menghindari kerja rodi seperti zaman penjajahan dulu.

Berikut 8 Keuntungan menjadi PNS, seperti dilansir via kitalulus.com:

1. Gaji dan Tunjangan PNS

Keuntungan menjadi PNS yang pertama adalah memiliki penghasilan atau gaji tetap. Berbeda dengan karyawan swasta yang ditentukan oleh kondisi industri dan performa perusahaan, gaji PNS cenderung stabil.

Selain itu, kenaikan gaji PNS umumnya lebih tinggi dibandingkan inflasi tahunan. Ditambah lagi dengan tunjangan PNS yang kerap jumlahnya lebih besar dibandingkan gaji.

Gaji pokok adalah gaji utama dari seorang PNS. Gaji pokok PNS ditentukan berdasarkan latar belakang pendidikan dan masa kerja, mulai dari Golongan I hingga IV.

Baca Juga: 3 Mitos Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Kamar Hotel 308 hingga Larangan Baju Hijau

Sementara tunjangan diberikan kepada PNS sesuai dengan profesi atau kinerjanya. Pertama, tunjangan profesi diberikan kepada beberapa kategori PNS, seperti guru, dokter, dan dosen. Besaran jumlah tunjangan profesi PNS ditentukan berdasarkan besaran gaji pokok.

Namun demikian, seorang PNS harus memiliki sertifikasi profesi untuk mendapatkan tunjangan profesi.

Selanjutnya, pendapatan lain yang berhak diterima seorang PNS adalah tunjangan kinerja. Tunjang kinerja akan diterima setiap bulan bersamaan dengan gaji pokok.

Adapun nominal tunjangan kinerja setiap PNS akan berbeda-beda sesuai dengan tingkatan golongannya.

Terakhir adalah Tunjangan pensiun. Ini adalah bentuk timbal balik pengabdian PNS terhadap negara, yang mana negara menjamin kelangsungan hidup para PNS secara ekonomi saat sudah memasuki masa pensiun.

Meskipun sudah tidak aktif melayani masyarakat, pemerintah tetap akan memberikan gaji bulanan bagi para pensiunan PNS, sesuai dengan ketentuan undang-undang.

Lebih dari itu, seorang istri pensiunan PNS pun tetap akan mendapatkan dana pensiun setelah suaminya meninggal dunia.

2. Jenjang Karir PNS

Jenjang karier PNS sangat jelas karena diatur oleh negara dalam perundang-undangan. Peningkatan jabatan PNS juga selaras dengan kenaikan gaji, tunjangan, hingga fasilitas.

‍3. Fasilitas Kendaraan dan Rumah Dinas

Keuntungan menjadi PNS yang cukup menarik minat adalah kesempatan untuk mendapatkan fasilitas kendaraan dan rumah dinas. Fasilitas ini akan sangat memudahkan mobilitas dan kesejahteraan seseorang.

Namun, perlu di garis bawahi tidak semua PNS mendapatkan fasilitas ini. Karena hanya sebagian PNS berprestasi dan memiliki jabatan strategis yang berpeluang mendapatkan fasilitas kendaraan dan rumah dinas.

Baca Juga: Kenapa Namanya Sukabumi? Sebelum Like Earth Kekinian, Ini Cerita Historis Kota Mochi!

4. PNS Gampang Pinjam Uang ke Bank

Keuntungan menjadi PNS berikutnya adalah kemudahan ketika mengajukan pinjaman ke Bank.

Apabila seorang PNS memerlukan uang cash yang cukup banyak, seorang PNS bisa menjaminkan surat keterangan pengangkatan miliknya atau SK PNS kepada pihak Bank. Dengan begitu, cicilan dari uang pinjaman itu akan dipotong dari gaji mereka setiap bulannya.

Pinjaman ke Bank cukup sering dilakukan oleh PNS, entah untuk keperluan membeli atau memperbaiki rumah, menyekolahkan anak hingga alasan lainnya.

‍5. Prospek Karir PNS Sesuai Latar Belakang Pendidikan

Keuntungan menjadi PNS yang satu ini berkaitan dengan latar belakang pendidikan. Hingga kini, salah satu hal yang dipertimbangkan dalam seleksi penerimaan PNS secara ketat adalah latar belakang pendidikan.

Apabila kualifikasi seseorang tidak sesuai dengan formasi dan kualifikasi yang dibutuhkan, maka pendaftaran Seleksi CPNS terhadap posisi tersebut otomatis akan gugur.

Baca Juga: Info Loker Jawa Barat untuk D3 Semua Jurusan, Yuk Apply!

‍6. PNS Berpeluang Besar Melanjutkan Pendidikan

Keuntungan menjadi PNS ini berpeluang besar untuk yang berminat melanjutkan jenjang pendidikan. Peluang mendapatkan beasiswa pendidikan sangatlah tinggi untuk para PNS, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Namun demikian, ada prasyarat yang harus dipenuhi sebelum PNS dinyatakan melanjutkan jenjang pendidikannya. Syarat tersebut yaitu harus sudah bekerja sebagai PNS selama dua tahun dan harus mendapatkan izin dari pimpinan instansi.

Selain pendidikan formal, seorang PNS juga bisa menimba lebih banyak ilmu lewat berbagai acara, seperti seminar, diklat, dan acara pelatihan lain. Tak perlu khawatir tentang biaya, karena lembaga atau instansi tempat PNS biasanya akan memberikan biaya perjalanan hingga pendidikan dan latihan.

7. Mutasi PNS Tergolong Mudah

Apabila dalam perjalanan karirnya seorang PNS menginginkan untuk mengabdi pada instansi lain atau berpindah lokasi, PNS tidak perlu khawatir soal pemberhentian kerja.

Pasalnya, PNS bukan lah karyawan swasta, sehingga PNS akan lebih mudah berpindah dari satu instansi ke instansi lain tanpa harus resign atau mengundurkan diri.

Hal yang sama juga berlaku apabila seorang PNS memiliki rencana untuk berpindah lokasi. Meskipun proses pindah instansi atau pemindahan lokasi penugasan cukup memakan waktu dan memerlukan banyak dokumen.

‍8. Jam Kerja PNS Pasti, Tidak Rodi Seperti Zaman Penjajahan

Keuntungan menjadi PNS yang paling menarik adalah memiliki jam kerja yang pasti. Keuntungan PNS satu ini menyelamatkan mental pegawai dari kerja rodi seperti zaman penjajahan dulu.

Ya, kerja rodi ini menjadi hal yang menonjol antara PNS dengan pekerjaan lain. Misalnya ada perusahaan dengan jam kerja tidak terbatas ditambah dengan target yang tidak masuk akal. Sistem kerja seperti ini berbeda dengan PNS karena berpotensi meruntuhkan niat profesional seseorang akibat asas kebutuhan tanpa

Namun demikian, jam kerja PNS tergantung pada jam operasional instansi. Secara umum para PNS bekerja dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 atau setara 8 jam/hari.

PNS juga memiliki hari kerja pasti, yaitu Senin sampai Jumat. Maka dari itu, kemungkinan lembur PNS sangat kecil. Keuntungan menjadi PNS ini membuat waktu luang lebih banyak dan dapat dihabiskan bersama keluarga atau bisnis sampingan lain.

Sumber: kitalulus.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang