8 Keuntungan Menjadi PNS, Gaji Tetap hingga Gampang Pinjam Ke Bank

Rabu 22 Februari 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi. Keuntungan menjadi PNS, Gaji Tetap hingga Jam Kerja Pasti Tanpa Rodi (Sumber : via djkn.kemenkeu.go.id)

Ilustrasi. Keuntungan menjadi PNS, Gaji Tetap hingga Jam Kerja Pasti Tanpa Rodi (Sumber : via djkn.kemenkeu.go.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS disebut-sebut sebagai salah satu pekerjaan idaman mertua. Bahkan, Pendaftaran CPNS 2023 belum resmi dibuka pun banyak orang sudah mempersiapkan tes seleksi nya jauh-jauh hari.

Alih-alih bekerja di swasta, keuntungan menjadi PNS kerap menjadi unggulan mengapa CPNS selalu diburu.

Keuntungan menjadi PNS yang didewakan oleh masyarakat Indonesia ini bisa bermacam-macam, mulai dari gaji tetap hingga jam kerja. Ya, menghindari kerja rodi seperti zaman penjajahan dulu.

Berikut 8 Keuntungan menjadi PNS, seperti dilansir via kitalulus.com:

1. Gaji dan Tunjangan PNS

Keuntungan menjadi PNS yang pertama adalah memiliki penghasilan atau gaji tetap. Berbeda dengan karyawan swasta yang ditentukan oleh kondisi industri dan performa perusahaan, gaji PNS cenderung stabil.

Selain itu, kenaikan gaji PNS umumnya lebih tinggi dibandingkan inflasi tahunan. Ditambah lagi dengan tunjangan PNS yang kerap jumlahnya lebih besar dibandingkan gaji.

Gaji pokok adalah gaji utama dari seorang PNS. Gaji pokok PNS ditentukan berdasarkan latar belakang pendidikan dan masa kerja, mulai dari Golongan I hingga IV.

Baca Juga: 3 Mitos Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Kamar Hotel 308 hingga Larangan Baju Hijau

Sementara tunjangan diberikan kepada PNS sesuai dengan profesi atau kinerjanya. Pertama, tunjangan profesi diberikan kepada beberapa kategori PNS, seperti guru, dokter, dan dosen. Besaran jumlah tunjangan profesi PNS ditentukan berdasarkan besaran gaji pokok.

Namun demikian, seorang PNS harus memiliki sertifikasi profesi untuk mendapatkan tunjangan profesi.

Selanjutnya, pendapatan lain yang berhak diterima seorang PNS adalah tunjangan kinerja. Tunjang kinerja akan diterima setiap bulan bersamaan dengan gaji pokok.

Adapun nominal tunjangan kinerja setiap PNS akan berbeda-beda sesuai dengan tingkatan golongannya.

Terakhir adalah Tunjangan pensiun. Ini adalah bentuk timbal balik pengabdian PNS terhadap negara, yang mana negara menjamin kelangsungan hidup para PNS secara ekonomi saat sudah memasuki masa pensiun.

Meskipun sudah tidak aktif melayani masyarakat, pemerintah tetap akan memberikan gaji bulanan bagi para pensiunan PNS, sesuai dengan ketentuan undang-undang.

Lebih dari itu, seorang istri pensiunan PNS pun tetap akan mendapatkan dana pensiun setelah suaminya meninggal dunia.

2. Jenjang Karir PNS

Jenjang karier PNS sangat jelas karena diatur oleh negara dalam perundang-undangan. Peningkatan jabatan PNS juga selaras dengan kenaikan gaji, tunjangan, hingga fasilitas.

‍3. Fasilitas Kendaraan dan Rumah Dinas

Keuntungan menjadi PNS yang cukup menarik minat adalah kesempatan untuk mendapatkan fasilitas kendaraan dan rumah dinas. Fasilitas ini akan sangat memudahkan mobilitas dan kesejahteraan seseorang.

Namun, perlu di garis bawahi tidak semua PNS mendapatkan fasilitas ini. Karena hanya sebagian PNS berprestasi dan memiliki jabatan strategis yang berpeluang mendapatkan fasilitas kendaraan dan rumah dinas.

Baca Juga: Kenapa Namanya Sukabumi? Sebelum Like Earth Kekinian, Ini Cerita Historis Kota Mochi!

4. PNS Gampang Pinjam Uang ke Bank

Keuntungan menjadi PNS berikutnya adalah kemudahan ketika mengajukan pinjaman ke Bank.

Apabila seorang PNS memerlukan uang cash yang cukup banyak, seorang PNS bisa menjaminkan surat keterangan pengangkatan miliknya atau SK PNS kepada pihak Bank. Dengan begitu, cicilan dari uang pinjaman itu akan dipotong dari gaji mereka setiap bulannya.

Pinjaman ke Bank cukup sering dilakukan oleh PNS, entah untuk keperluan membeli atau memperbaiki rumah, menyekolahkan anak hingga alasan lainnya.

‍5. Prospek Karir PNS Sesuai Latar Belakang Pendidikan

Keuntungan menjadi PNS yang satu ini berkaitan dengan latar belakang pendidikan. Hingga kini, salah satu hal yang dipertimbangkan dalam seleksi penerimaan PNS secara ketat adalah latar belakang pendidikan.

Apabila kualifikasi seseorang tidak sesuai dengan formasi dan kualifikasi yang dibutuhkan, maka pendaftaran Seleksi CPNS terhadap posisi tersebut otomatis akan gugur.

Baca Juga: Info Loker Jawa Barat untuk D3 Semua Jurusan, Yuk Apply!

‍6. PNS Berpeluang Besar Melanjutkan Pendidikan

Keuntungan menjadi PNS ini berpeluang besar untuk yang berminat melanjutkan jenjang pendidikan. Peluang mendapatkan beasiswa pendidikan sangatlah tinggi untuk para PNS, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Namun demikian, ada prasyarat yang harus dipenuhi sebelum PNS dinyatakan melanjutkan jenjang pendidikannya. Syarat tersebut yaitu harus sudah bekerja sebagai PNS selama dua tahun dan harus mendapatkan izin dari pimpinan instansi.

Selain pendidikan formal, seorang PNS juga bisa menimba lebih banyak ilmu lewat berbagai acara, seperti seminar, diklat, dan acara pelatihan lain. Tak perlu khawatir tentang biaya, karena lembaga atau instansi tempat PNS biasanya akan memberikan biaya perjalanan hingga pendidikan dan latihan.

7. Mutasi PNS Tergolong Mudah

Apabila dalam perjalanan karirnya seorang PNS menginginkan untuk mengabdi pada instansi lain atau berpindah lokasi, PNS tidak perlu khawatir soal pemberhentian kerja.

Pasalnya, PNS bukan lah karyawan swasta, sehingga PNS akan lebih mudah berpindah dari satu instansi ke instansi lain tanpa harus resign atau mengundurkan diri.

Hal yang sama juga berlaku apabila seorang PNS memiliki rencana untuk berpindah lokasi. Meskipun proses pindah instansi atau pemindahan lokasi penugasan cukup memakan waktu dan memerlukan banyak dokumen.

‍8. Jam Kerja PNS Pasti, Tidak Rodi Seperti Zaman Penjajahan

Keuntungan menjadi PNS yang paling menarik adalah memiliki jam kerja yang pasti. Keuntungan PNS satu ini menyelamatkan mental pegawai dari kerja rodi seperti zaman penjajahan dulu.

Ya, kerja rodi ini menjadi hal yang menonjol antara PNS dengan pekerjaan lain. Misalnya ada perusahaan dengan jam kerja tidak terbatas ditambah dengan target yang tidak masuk akal. Sistem kerja seperti ini berbeda dengan PNS karena berpotensi meruntuhkan niat profesional seseorang akibat asas kebutuhan tanpa

Namun demikian, jam kerja PNS tergantung pada jam operasional instansi. Secara umum para PNS bekerja dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 atau setara 8 jam/hari.

PNS juga memiliki hari kerja pasti, yaitu Senin sampai Jumat. Maka dari itu, kemungkinan lembur PNS sangat kecil. Keuntungan menjadi PNS ini membuat waktu luang lebih banyak dan dapat dihabiskan bersama keluarga atau bisnis sampingan lain.

Sumber: kitalulus.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait Berita Terkini
Kecantikan02 Desember 2023, 12:00 WIB

7 Manfaat Masker Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

Masker kentang bisa digunakan secara rutin minimal 3 kali per minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Manfaat masker kentang untuk wajah salah satunya adalah bisa mencerahkan kulit.
Ilustrasi. Potato | Manfaat Masker Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi02 Desember 2023, 11:22 WIB

Minta Keterbukaan Pembangunan, Warga Segel Kantor Desa di Kabandungan Sukabumi

Polisi menyebut aksi unjuk rasa dan penyegelan dilakukan spontan.
Penyegelan kantor Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 1 Desember 2023. | Foto: Istimewa
Life02 Desember 2023, 11:00 WIB

9 Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan

Sikap anak dengan masalah kepribadian wajib diperhatikan orang tua agar tidak terjadi hal-hal  yang tidak diinginkan. Ayah bunda harus peka ketika anak menunjukkan sikap dan perilaku tidak normal seperti seharusnya.
Ilustrasi. Anak-anak | Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan (Sumber : pixabay.com/@IsaKarakus)
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:46 WIB

Jaga Netralitas ASN dan Perangkat Desa, Panwaslu Cidadap Sukabumi Rakor Pemilu

Rakor ini untuk menjalankan fungsi dan tugas Panwaslu, terutama karena sudah dimulainya tahapan Pemilu 2024.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (1/12/2023). | Foto: Istimewa
Cek Fakta02 Desember 2023, 10:30 WIB

Kemenkominfo Take Down Ratusan Konten Hoaks tentang Pemilu

Meski penyebaran isu hoaks cukup masif, namun tidak semua konten akan diturunkan.
(Foto Ilustrasi) Kemenkominfo telah mengidentifikasi 355 konten yang mengandung 96 isu hoaks terkait pemilu di berbagai platform media sosial. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:12 WIB

Punya 62 TPS, Panwaslu Cidadap Sukabumi Bahas Distribusi Logistik Pemilu

Persiapan dan koordinasi perlu untuk melakukan pengawasan sesuai tugas dan fungsi.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (2/12/2023). | Foto: Istimewa
Sehat02 Desember 2023, 10:00 WIB

7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Buah adalah salah satu makanan yang paling sehat dan bergizi. Buah mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.
Ilustrasi -7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari (Sumber : Freepik)
Food & Travel02 Desember 2023, 09:00 WIB

Tempat Camping di Sukabumi Ini Bisa Basah-basahan Main di Sungai, Yuk Kepoin!

Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya
Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya (Sumber : Instagram/@batureaph)
Food & Travel02 Desember 2023, 08:00 WIB

Bikin Nagih! Jangan Lupa Cobain Kuliner Ini Pas Liburan di Cianjur

Rogan Soup menjadi salah satu kuliner khas Cianjur yang bisa menjadi buruan kamu saat berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Barat tersebut
Bikin Nagih! Jangan Lupa Cobain Kuliner Ini Pas Liburan di Cianjur (Sumber : YouTube)
Science02 Desember 2023, 07:00 WIB

Cuaca Jabar 2 Desember 2023, Yuk Cek Dulu Sebelum Pergi Berlibur!

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 2 Desember 2023
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 2 Desember 2023 | Foto: Unplash