Nasi Campur Bu Harjo, Kuliner Legendaris Kediri Sejak 1945

Selasa 12 Maret 2019, 04:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  -  Meski bukan kuliner khas, nasi campur yang satu ini sangat digemari masyarakat Kediri. Tak hanya enak, nasi campur Bu Harjo juga legendaris sejak tahun 1945.

Entah bagaimana teknik memasaknya, nasi campur Bu Harjo di Kelurahan Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri sangat menghipnotis. Bahkan rasa nasi putihnya saja sangat punel dan wangi.

Keistimewaan utama nasi campur ini terletak pada lauknya, sangat komplit. Mulai dari empal sapi bumbu, suwiran ayam kari, hingga tambahan serondeng (parutan kelapa yang digoreng), dan kecambah.

Tak hanya enak, jumlah lauknya yang banyak bahkan sampai menutupi hampir semua bagian nasi. Sehingga ketika disantap nasinya akan lebih dulu habis dibanding lauknya. Soal rasa, warung ini memadankan dengan makanan Yogya yang manis. Karena itu pula menu utama depot Bu Harjo ini digemari semua kalangan, mulai anak kecil hingga dewasa.

Meski hanya menyediakan menu nasi campur, rawon, dan krengsengan, kunjungan di rumah makan ini jangan ditanya. Sejak dibuka pukul 07.00 – 15.00 WIB, depot ini tak pernah kehabisan pengunjung. Padahal untuk mencapai lokasi depot yang berada di dalam gang kecil cukup rumit.

Pengunjung diwajibkan berjalan kaki dari mulut gang menuju depot Bu Harjo yang berjarak 100 meter. Jika membawa motor, tak ada pilihan selain mendorong. Meski cukup merepotkan, namun tak mengurangi animo pengunjung untuk mendatangi depot tersembunyi ini.

Tak sulit untuk menemukan depot Bu Harjo. Dari balai kota Kediri hanya berjarak satu kilometer menyeberang jembatan Sungai Brantas ke barat sungai. Selanjutnya tinggal mencari Pasar Bandar atau kantor Kecamatan Mojoroto. Depot Bu Harjo berada di dalam gang sebelah selatan Kantor Kecamatan Mojoroto, atau tepat di depan area Pasar Bandar.

Jika masih kesulitan, warga sekitar akan dengan mudah menunjukkan arah jalan menuju depot Bu Harjo. Sebagai penanda, pemilik depot memasang sebuah tulisan dari seng bundar yang ditempel di pohon depan gang. Tulisan berwarna merah putih itu sekaligus menjadi petunjuk apakah depot tersebut buka atau tutup. Ini agar pengunjung depot tak kecele sebelum memasuki gang.

Jika sedang beruntung, depot Bu Harjo bisa ditandai dengan bangunan rumah lawas nomor 57 di kiri jalan.  Rumah sederhana ini tak banyak menampung meja dan kursi makan. Dari ruang saji terlihat langsung dapur tempat memasak makanan. Dua perempuan terlihat sibuk di depan kompor sambil sesekali melayani pembeli yang datang.

Sumber: Tempo

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 22:47 WIB

Sambangi KPU Kota Sukabumi, KAMMI Dorong Transparansi Anggaran Pemilu dan Pilkada 2024

KAMMI mendorong KPU Kota Sukabumi untuk transparansi dalam mempublikasikan penggunaan anggaran pada Pemilu dan Pilkada 2024.
Pengurus KAMMI Sukabumi sambangi KPU Kota Sukabumi, dorong transparansi penggunaan anggaran Pemilu dan Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Juli 2024, 22:16 WIB

Keributan di Tipar Gede Sukabumi, Satu Pengamen Terluka Dihajar Pria Tak Dikenal

Berikut kesaksian pedagang pasar di jalan Tipar Gede Sukabumi terkait sekelompok pengamen dihajar pria tak dikenal berjaket kuning.
Kondisi di sekitar jalan Tipar Gede Kota Sukabumi usai keributan yang melibatkan pengamen dan pria misterius berjaket kuning. (Sumber : Istimewa)
Produk24 Juli 2024, 21:19 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Sukabumi Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tembus Rp80 ribu per kilogram pada Rabu (24/7/2024).
Cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 21:18 WIB

2 Artis Kirim Kode Maju Pilkada Sukabumi, Warganet Dukung Omesh Jadi Bupati, Bobby Wakil Walikota

Dua artis ternama asal Sukabumi, Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana, menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Hal ini terjadi setelah keduanya mengirimkan kode-kode politik menjelang Pilkada Sukabumi 2024.
Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana | Foto : Ist
Life24 Juli 2024, 21:00 WIB

Merasa Sering Dijauhi Orang Lain? Simak 10 Perilaku yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Jika Anda merasa sering dijauhi orang lain, cobalah untuk introspeksi diri dan perhatikan apakah Anda memiliki salah satu dari 10 perilaku ini.
Ilustrasi - Ada beberapa perilaku tertentu yang membuat seseorang atau Anda dijauhi oleh orang lain. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Internasional24 Juli 2024, 20:37 WIB

Kecelakaan Pesawat Saurya Airlines di Nepal, Semua Penumpang Tewas Kecuali Pilot

Sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini menimpa pesawat Bombardier CRJ200 milik Saurya Airlines di Ibu Kota Nepal
Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist
Nasional24 Juli 2024, 20:11 WIB

Kuasa Hukum Korban Kecewa Ronald Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi Divonis Bebas

Kuasa Hukum keluarga Dini Sera Afrianti menilai putusan Majelis Hakim PN Surabaya ini sangat menciderai keadilan bagi korban.
Gregorius Ronald Tannur anak anggota DPR RI tersangka penganiayaan berujung kematian wanita Sukabumi Dini Sera Afrianti. (Sumber : Istimewa/Instagram)
Bola24 Juli 2024, 20:00 WIB

Rumor Transfer Persib: Mailson Lima Dikabarkan Jadi Pemain Asing Terakhir yang Bakal Direkrut

Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025.
Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025. (Sumber : Instagram/@inst_scout).
Sukabumi24 Juli 2024, 19:34 WIB

Dukung Kenyamanan Mobilitas, Dinas PU Perbaiki Jalan Angkrong Parungkuda Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya pengaspalan ruas Jalan Angkrong di Kecamatan Parungkuda
Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pengaspalan ruas jalan Angkrong, Kecamatan Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juli 2024, 19:24 WIB

Inspektorat Desak RS Bunut Sukabumi Amankan Uang dari Eks Dirut yang Jadi Temuan BPK

Inspektorat Kota Sukabumi mendesak direksi RSUD R Syamsudin SH (Bunut) amankan uang dari eks dirut senilai hampir Rp1 Miliar yang jadi temuan BPK.
Kepala Inspektorat Kota Sukabumi, Een Rukmini saat diwawancara terkait temuan BPK atas keuangan RS Bunut. (Sumber : SU/Asep Awaludin)