Selama Ramadan, Lola Amaria Bawa Film Pesantren Ke 10 Ponpes di Jawa

Selasa 05 April 2022, 13:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Produser Lola Amaria siapkan film berjudul Film Pesantren yang rencananya film ini akan dibawa keliling ke 10 pesantren di Indonesia selama Ramadan.

Akan tetapi film berjudul Film Pesantren ini belum resmi dirilis di bioskop tanah air. 

Melansir dari suara.com, Film Pesantren bercerita tentang dua guru dan dua santri di sebuah pesantren di Kebon Jambu, Cirebon dengan 1.800 santri.

Berbeda dengan pesantren kebanyakan, pesantren ini diasuh oleh seorang perempuan alimah bernama Ibu Nyai Masriyah Amva yang mempraktekkan ajaran-ajaran agama dengan pendekatan yang santai dan damai.

Baca Juga :

Lalu, mengapa Lola Amaria bersama Yayasan Bumi Kaya Lestari dan Shalahuddin Siregar sebagai sutradara ingin membawa film ini ke pondok pesantren? Salah satu alasannya, Indonesia memiliki lebih dari 25 ribu pondok pesantren dan lebih dari empat juta santri.

"Pemutaran Film Pesantren di 10 pesantren di Pulau Jawa ini sebenarnya untuk mengedukasi kehidupan anak-anak pesantren yang begitu fokus menggali ilmu. Di pesantren yang sebenarnya digambarkan kehidupan yang harmonis, beragama dengan santai, berbeda pandangan disikapi dengan biasa saja dan tinggi akan toleransi. Tidak ada ribut-ribut," kata Lola Amaria, Kamis (31/3/2022).

photoIlustrasi Film - (Carnifest.co)

"Pesantren sebagai tempat untuk belajar yang sangat menghargai perbedaan tanpa ada keributan. Toleransi yang tinggi antara satu dengan lainnya. Ini yang kita share di film ini sekaligus akan ada diskusi dalam setiap nonton bareng yang kami lakukan. Shalahuddin Siregar selaku sutradara dan produser film sangat baik mengemasnya," kata Lola Amaria menambahkan.

Sementra Shalahuddin Siregar selaku sutradara dan produser mengatakan, dia membuat film ini karena terganggu dengan stigma negatif yang diberikan pada pesantren sebagai tempat yang kolot dan tidak berkembang, bahkan tempat teroris diajarkan. Dia membuat film ini untuk publik agar mengenal lebih dalam mengenai kehidupan di dalam Pesantren berjalan sehari-hari.

"Harus disaksikan cerita dalam film ini. Agar kita lebih dalam lagi mengenal kehidupan di pesantren dalam kegiatan sehari-harinya. Ramadhan ini kita putar di 10 pesantren yang sudah kita tentukan bersama," imbuh sosok yang biasa disapa Udin ini.

Film Pesantren pertama kali diputar di International Documentary Film Festival (IDFA) di Amsterdam pada November 2019. Sementara di Tanah Air sendiri, film ini juga akan diputar serentak di bioskop mulai 26 Mei 2022.

Sedangkan dalam pemutaran Film Pesantren di 10 pondok pesantren akan digelar dalam bentuk "nonton bareng", juga akan dibuat diskusi oleh para atau ngobrol santai dengan para narasumber.

Berikut Daftar pemutaran Film Pesantren di Pondok Pesantren:

photoIlustrasi santri.- (dok kemenag)<

1. Pesantren Al Islamy Kebon Jambu Ciwaringin, Cirebon

2. Pesantren PDF & Ma’Had Aly Walindo Pekalongan

3. Pesantren Al Mas’Udiyyah Bandungan Semarang

4. Pesantren Darussalam Bergas, Semarang

5. Pesantren Aisyiyah Boarding School Batununggal Bandung

6. Pesantren Amanah, Sambongjaya, Tasikmalaya

7. Pesantren Attajdi, Singaparna Tasikmalaya

8. Pesantren Al Furqon Singaparna Tasikmalaya

9. Pesantren Al Furqon, Cibiuk, Garut

10. Pesantren Syamsul Ulum Bandung

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa