Smart Home, Konsep Hunian Futuristik Berbasis Internet of Things

Sabtu 18 Desember 2021, 07:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Smart Home merupakan istilah rumah yang mengandalkan piranti cerdas dan jaringan internet untuk keperluan penghuni di dalamnya. Smart Home erat kaitannya dengan Internet of Things.

Pada tahun 2018 silam, muncul sebuah gadget bernama Gatebox. Gadget tersebut menjadi piranti yang dapat mengaplikasikan Smart Home dengan cukup baik.

Smart Home akan memudahkan mu mengelola konsumsi daya listrik, penggunaan air dan keperluan konsumsi lainnya.

Di masa depan, konsep Smart Home akan semakin dikenal luas. Saat ini, beberapa perumahan di Indonesia mulai mengaplikasikan konsep ini.

Untuk lebih jelasnya, kamu harus simak artikel ini sampai selesai. 

Apa itu Smart Home?

photoSmart Home memungkinkan setiap gadget canggih di dalam rumah saling terhubung dan saling berbagi data. - (wallpapercave.com)

Smart Home atau Rumah Pintar merupakan sebuah konsep hunian yang memanfaatkan teknologi canggih. Kamu bisa mengontrol dan memeriksa keamanan rumah dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet kapanpun dan dimanapun. Penghuni dapat mengontrol rumah menggunakan gadget seperti Smartphone, Laptop dan PC.

Selain mengontrol dari jarak jauh, Smart Home juga memungkinkan setiap gadget canggih di dalam rumah saling terhubung dan saling berbagi data. Data yang dikumpulkan tersebut dapat digunakan untuk keperluan penghuninya.

Smart Home dapat memungkinkan penghuninya mengakses dan memantau keamanan rumah, mengatur suhu ruangan dan pencahayaan, serta mengaktifkan berbagai gadget seperti TV dan AC secara otomatis.

Kehadiran konsep Smart Home bisa membuat rumah menjadi lebih aman dan nyaman serta praktis. Dari segi tampilan Smart Home tidak memiliki perbedaan dari rumah biasa, namun teknologi di dalamnya yang menjadi pembeda.

Baca Juga :

Mengenal Internet of Things, Konsep Berbagi Data yang Canggih Antar Gadget

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home

photoMeskipun canggih, Smart Home tetap memiliki kekurangan. - (wallpapercave.com)

Sama seperti teknologi lainnya, Smart Home memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari Smart Home:

Kelebihan Smart Home

a. Keamanan Rumah Lebih Terjamin

Kelebihan Smart Home yang pertama adalah meningkatkan keamanan Rumah. Hadirnya konsep ini membuat keamanan penghuninya lebih terjamin.

Tentunya kelebihan ini ditunjang oleh beberapa gadget cerdas seperti CCTV . Kamu juga bisa melengkapi pintu serta gerbang rumah dengan sistem keamanan seperti password, sidik jari, iris scanner dan kartu keamanan yang dilengkapi chip khusus.

b. Membantu Menghemat Tagihan

Smart Home merupakan sebuah konsep hunian yang mengandalkan Internet of Things. Di dalamnya setiap gadget cerdas akan saling berbagi data satu sama lain. Data yang dikumpulkan tersebut dapat digunakan oleh penghuninya.

Data tersebut meliputi jumlah tagihan listrik, air dan gas. Selain itu, jika kamu ingin menghemat tagihan bulanan, kamu bisa mengatur atau membatasi sumber energi yang dipakai dalam sebulan.

Sebagai contoh, kamu ingin menghemat pengeluaran dengan membatasi penggunaan listrik maksimal 150 ribu rupiah per bulan. Kamu dapat mengaturnya, sehingga sistem pada Smart Home akan memberikan notifikasi pada Smartphone terkait penggunaan daya hingga batas maksimal penggunaan.

c. Praktis

Inilah salah satu kelebihan utama dari Smart Home, praktis. Ketika rumahmu sudah dilengkapi gadget-gadget yang saling terhubung, kamu bisa dengan mudah mengoperasikan semua gadget tersebut.

Kamu bisa mematikan lampu dari Smartphone, bahkan kamu bisa menyesuaikan tingkat kedinginan Kulkas mu dengan mudah tanpa perlu memutar tuas di dalamnya.

Kekurangan Smart Home

a. Rentan Peretasan

Di zaman modern ini internet dapat dengan mudah di akses dari manapun dan kapanpun. Meski begitu, kemudahan internet berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah serangan siber.

Smart Home yang memanfaatkan internet tidak luput dari potensi serangan siber. Terlebih, Smart Home memanfaatkan data yang dimiliki oleh penghuninya.

Bilamana, sistem Smart Home diretas maka akan ada banyak data berharga yang dicuri seperti nomor identitas, nama, riwayat aktivitas dan kesehatan, hingga kebiasaan sehari-hari.

CCTV yang terhubung dengan internet juga bisa dimanfaatkan oleh peretas untuk melakukan mata-mata  dan penyadapan. Salah satu akibat fatalnya adalah celah keamanan rumah mu dapat terekspos dan bisa menjadi kesempatan bagi maling untuk membobol rumah.

Tidak hanya itu peretasan pada Smart Home bisa dimanfaatkan untuk mengintip penghuninya dan menyebarkan gambarnya di internet.

b. Mahal

Kekurangan Smart Home kedua adalah biaya pemasangan sistem yang relatif mahal. Biaya Pemasangan gadget pendukung dan perangkat nirkabel lainnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Biaya tersebut belum termasuk tagihan listrik dan internet. Kebutuhan listrik dan internet selama 24 jam jadi pertimbangan yang berat sebelum menggunakan Sistem Smart Home.

Selain itu, listrik di Indonesia juga kadang tidak stabil dan mengalami pemadaman. Jika listrik tidak stabil terus terjadi maka akan berimbas pada rusaknya gadget pendukung Smart Home. Akibatnya penghuni harus kembali merogoh kocek untuk menangani hal tersebut.

Kesimpulan

Smart Home menjadi sebuah konsep hunian futuristik yang menjadi idaman banyak orang. Dibalik kelebihan nya yang menawarkan keamanan, kemudahan dan kecanggihan, Smart Home tetaplah sebuah sistem yang tidak sempurna. Jika tidak diperhatikan dengan baik, Smart Home bisa menjadi alat bagi peretas untuk mencuri data dan memata-matai penghuni rumah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 12:00 WIB

Bebas Asam Urat: 10 Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Degeneratif Tanpa Obat

Asam urat termasuk salah satu penyakit degeneratif, yakni penyakit yang biasanya dialami oleh lansia. Meskipun saat ini, penyakit asam urat juga kerap dimiliki oleh generasi millenial dan Z.
Ilustrasi. Tenaga Profesional Kesehatan | Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat dengan Rutin Konsultasi Dokter (Sumber : pixabay.com/@Max)
Inspirasi29 April 2024, 11:57 WIB

Program Light Up The Dream, PLN UP3 Sukabumi Laksanakan Penyalaan Listrik Gratis

Light Up The Dream merupakan program penyambungan listrik gratis dari donasi pegawai PLN.
PT PLN (Persero) UP3 melalui ULP Sukaraja melaksanakan penyambungan listrik gratis melalui program LUTD kepada masyarakat. | Foto: PLN
Sukabumi29 April 2024, 11:31 WIB

84 Orang Diduga Keracunan Makanan Hajatan di Kabandungan Sukabumi, Begini Kondisinya

Rombongan pengantin laki-laki dan tamu undangan mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore.
Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
Life29 April 2024, 11:30 WIB

6 Tanda Kamu Memiliki Bakat Jadi Pemimpin di Masa Depan, Ini Buktinya

Jika orang memiliki jiwa sebagai pemimpin, biasanya akan nampak pada sikapnya, baik untuk dirinya maupun kepada orang lain.
Ilustrasi. Tanda orang yang berjiwa pemimpin. Sumber foto : Pexels/Rebrand Cities
Life29 April 2024, 11:00 WIB

10 Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri

Inilah Beberapa Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri. Yuk, Coba Lakukan!
Ilustrasi -  Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri (Sumber : pexels.com/@Askar Abayev)
Life29 April 2024, 10:59 WIB

Beri dengan Segera, 5 Cara Mengatur Sistem Hadiah untuk Anak Balita

Sistem penghargaan bergantung pada penguatan positif untuk mendorong perilaku yang baik. Berikut cara membuat sistem penghargaan untuk balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.
Ilustrasi hadiah untuk balita. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).