Box Mainan Mahal Rusak Hingga ada Yang Hilang, YouTuber Medy Renaldy Bingung Dengan Bea Cukai

Senin 06 Mei 2024, 14:50 WIB

Box Mainan Mahal Rusak Hingga ada Yang Hilang, YouTuber Medy Renaldy Bingung Dengan Bea Cukai

Pupus harapan content creator Medy Renaldy untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam mengulas mainan terbaru dari seri Transformers. Padahal Medy berkesempatan mendapatkan kiriman langsung dari produsennya, Robosen, tetapi barang yang dimaksud malah tertahan di Bea Cukai.

Kisah ini seperti diviralkan sendiri oleh Medy di akun X-nya.

Namun sampai tanggal 23 April 2024, barang masih tertahan di Bea Cukai dengan dalih permintaan dokumen bukti bayar serta invoice pembelian. Bea Cukai menetapkan harga barang tersebut senilai USD 1.699 atau sekitar Rp27,6 juta.

Medy sudah melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan kejelasan terkait barangnya, tetapi menurutnya pihak Bea Cukai tidak responsif.

Hanya berselang sehari setelah diviralkan di X, mainan milik Medy akhirnya tiba. Namun Medy kembali harus menelan kekecewaan karena kardus pembungkusnya sobek serta penyok.

Seorang warganet membandingkan paket yang diterima Medy dengan unggahan content creator lain yang mengulas mainan Megatron tersebut.

Medy juga sempat terlibat cekcok dalam komentar di media sosial dengan petugas Bea Cukai.

Salah satu akun yang terpantau aktif menjawab adalah akun X @OktaDiantama milik pegawai Bea Cukai.

Saat ditelusuri, nama Okta Diantama merujuk pada Media Analyst atau Data Analyst di Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan. Terpantau akun tersebut beberapa kali membalas unggahan Medy dengan pertanyaan terkait permintaan dokumen dan pergerakan barang di Bea Cukai.

Medy pun menjelaskan panjang lebar. Namun puncak kekesalan warganet terlihat dalam balasan yang diberikan akun oknum petugas Bea Cukai tersebut yang merekap perjalanan paket mainan eksklusif milik Medy.

Menurut akun tersebut, mainan milik Medy terpantau masuk ke Indonesia pada 16 April 2024, lalu mulai diperiksa fisik 3 hari setelahnya.

Tak hanya itu, diketahui, ada bagian mainan yang hilang. Yaitu merupakan koin Megatron yang merupakan koin spesial 40 tahun. Koin tersebut merupakan barang bagi para kolektor mainan.

Seorang netizen menemukan koin tersebut terjual di media sosial. Meskipun tidak ada bukti pasti koin itu milik Medy atau bukan, namun pemilik mainan Megatron di Indonesia hanya satu orang, yaitu YouTuber Medy Renaldy.

Video