Paus Fransiskus: Konflik Hamas vs Israel Telah Melampui Perang

Jumat 24 November 2023, 15:31 WIB

Paus Fransiskus pada Rabu, 22 November 2023, bertemu secara terpisah dengan keluarga sandera Israel yang ditahan oleh Hamas dan warga Palestina yang memiliki keluarga di Gaza dan mengatakan konflik tersebut telah melampaui perang dan menjadi "terorisme".

Berbicara dalam sambutannya tanpa naskah pada audiensi umum di Lapangan Santo Petrus tak lama setelah pertemuan di kediamannya, Paus Fransiskus mengatakan dia mendengar langsung bagaimana “kedua belah pihak menderita” dalam konflik tersebut.

Ia meminta doa agar kedua belah pihak “tidak terus-terusan terbawa hawa nafsu, yang pada akhirnya membunuh semua orang”.

Sekelompok warga Palestina yang berada di antara penonton mengacungkan gambar jenazah yang dibungkus kain putih dan sebuah plakat bertuliskan "Nakba berlanjut".

Nakba adalah kata Arab untuk bencana dan mengacu pada pengungsian dan perampasan warga Palestina dalam perang tahun 1948 yang mengiringi berdirinya Israel.

Kedua kelompok kerabat tersebut akan mengadakan konferensi pers terpisah pada Rabu malam.

Pertemuan dan komentar Paus terjadi beberapa jam setelah Israel dan Hamas menyetujui gencatan senjata di Gaza setidaknya selama empat hari untuk mengizinkan masuknya bantuan dan membebaskan sedikitnya 50 sandera yang ditangkap oleh militan dengan imbalan setidaknya 150 warga Palestina yang dipenjara di Israel.

Israel telah mengepung Gaza dan melakukan pengeboman tanpa henti sejak militan Hamas menyerang kota-kota di Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 240 orang, menurut penghitungan Israel.

Sejak itu, lebih dari 14.000 warga Gaza telah terbunuh, sekitar 40% di antaranya adalah anak-anak, menurut pejabat medis di wilayah yang dikuasai Hamas, angka yang dianggap dapat dipercaya oleh PBB.

Video