Hina Polisi dan Aniaya Pacar, Artis Leon Dozan Diringkus

Jumat 17 November 2023, 19:54 WIB

Putra Willy Dozan, Leon Dozan, telah ditangkap oleh pihak kepolisian dari Polres Metro Jakarta Pusat.

Leon Dozan sebelumnya dilaporkan ke polisi atas dugaan penganiayaan terhadap kekasihnya, Rinoa Aurora Senduk.

Mengenai penangkapan Leon Dozan dibenarkan oleh Kasie Humas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Dwi Hartono.

"Betul Leon Dozan ditangkap," kata Dwi.

Dwi Hartono mengatakan Leon Dozan ditangkap pada Kamis, 16 November 2023 di Cirendeu-Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Leon Dozan awalnya dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Rinoa pada 8 November lalu. Namun, Polda Metro Jaya melimpahkan laporan itu ke Polres Metro Jakarta Pusat.

Video Leon memiting Rinoa viral di media sosial. Dalam video itu, Leon juga sempat menghina institusi kepolisian.

Diketahui, Leon Dozan diduga melakukan penganiayaan kepada kekasihnya, Rinoa Najwa Aurora Nindha Senduk. Leon dan Rinoa telah menjalin hubungan sejak Oktober 2022.

Leon melakukan penganiayaan kepada Rinoa karena rasa cemburu. Leon mendapati Rinoa tengah berbalas pesan singkat dengan seseorang yang tidak diketahuinya.

"Ada perasaan cemburu akibat melihat chat dan sebagainya sehingga tersangka melakukan penganiayaan dan kekerasan terhadap korban," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro di Polres Metro Jakarta Pusat.

Susatyo mengatakan Leon melakukan penganiayaan kepada Rinoa sebanyak dua kali. Pertama pada 30 September 2023 di Mall Cinere. Kemudian, pada 7 November 2023 di rumah Rinoa di Jalan Biak, Gambir, Jakarta Pusat.

Rinoa sudah melakukan visum. Hasilnya, Rinoa menderita beberapa luka lebam akibat tindak penganiayaan yang dilakukan oleh Leon.

Atas perbuatannya, Leon dijerat dua Pasal berbeda. Untuk penganiayaan, perbuatan Leon diduga melanggar Pasal 351 KUHP atau Penganiayaan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Sedangkan terkait pelecehan institusi, Polisi menerapkan Pasal 207 KUHP terhadap Leon atas penghinaan terhadap institusi Polri.

Video