Cerita Mata Air Tak Pernah Surut, Konon Penjiarahan Cikahuripan Sukabumi Dikunjungi Soekarno

Senin 17 Juli 2023, 21:15 WIB

Kabupaten Sukabumi merupakan daerah yang memiliki sejumlah tempat wisata religi, salah satunya penjiarahan Cikahuripan.

Cikahuripan berada di kawasan hutan di kaki Gunung Gede Pangrango tepatnya di Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Yang terkenal dari Penjiarahan Cikahuripan ini adalah sumber mata air yang jernih dan bersih hingga bisa diminum langsung.

Istimewanya, airnya tak pernah kering meski saat musim kemarau panjang.

Ade Barli warga setempat yang juga bertugas menjaga Penjiarahan Air Cikahuripan, mengatakan, sumber mata air tersebut sudah ada sejak jaman dulu.

Sepengetahuannya, situs Penjiarahan Air Cikahuripan mulai dikelola pada masa neneknya (Abu Ros / Ambu Ros) dan dilanjutkan secara turun temurun hingga ke generasi dirinya saat ini.

Sebagai petugas pengelola Penjiarahan Air Cikahuripan, Ade Barli menyebut dirinya kerap mendampingi tamu yang datang. Tamu dari daerah sekitar Sukabumi maupun daerah yang jauh.

"Pernah ada beberapa tamu datang dari jauh, dari Bali, Kalimantan, Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sulawesi," ungkap Ade kepada tim Satu Fakta seperti dikutip sukabumiupdate.com dari kanal youtube Satu Fakta, Minggu (16/7/2023) .

Tujuan dari para tamu tersebut, kata Ade bermacam-macam. "Tergantung niatnya, ada yang ngalap berkah, ada juga yang sengaja mengambil airnya untuk terapi kesehatan, misalnya untuk pengobatan sakit struk," ujarnya.

Ia menganjurkan, kepada siapapun yang akan memasuki kawasan situs Penjiarahan Air Cikahuripan tersebut.

harus memiliki niat yang baik dan megikuti tata cara yang disarankan oleh penjaga.

Dalam kesempatan terpisah, Ade Barli menyebut bahwa Penjiarahan Air Cikahuripan konon pernah disinggahi oleh Presiden Soekarno.

"Menurut nenek saya, katanya Soekarno pernah mandi di Air Cikahuripan ini," ungkapnya seperti dikutip sukabumiupdate.com dari Chanel Melati Ratuuu.

Seorang warga yang pernah berkunjung ke Penjiarahan Air Cikahuripan menyebutkan manfaat air Cikahuripan diantaranya untuk terapi orang gila dan rehabilitasi narkoba.

"Banyak dari para ahli pengobatan orang gila dan rehabilitasi narkoba mengambil air Cikahuripan, mereka percaya air Cikahuripan memiliki karamah bisa membantu dalam pengobatan," ujar Ujang Supriatna kepada sukabumiupdate.com.


Redaktur: Syamsul Hidayat
Video Editor: Safrudin

Video