150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Rabu 24 April 2024, 14:13 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 150 siswa Kabupaten Sukabumi untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Nusa Putra.

Penyerahan beasiswa ini dilakukan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami kepada Rektor Universitas Nusa Putra Dr Kurniawan pada Rabu (24/4/2024) di Auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Sekadar diketahui, para penerima beasiswa dari berbagai daerah di Kabupaten Sukabumi ini merupakan orang terbaik. Mengingat, terdapat 1.875 peserta yang berebut untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Apalagi di tahun ini, terdapat peningkatan peminat beasiswa sekitar 10 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Marwan mengatakan, pemberian beasiswa ini sebagai bentuk ikhtiar pemerintah. Terutama dalam meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Sukabumi.

"Kami punya tanggungjawab untuk membangun Kabupaten Sukabumi yang maju. Salah satunya dengan peningkatan SDM. Ketika kita punya SDM unggul, potensi unggul, dan kampus unggul, Insya Allah daerah pun akan unggul," ujarnya.

Dalam mewujudkan semua itu, lanjut Marwan, tentu saja perlu kolaborasi dan komitmen bersama. Baik dari pemerintah, perguruan tinggi, maupun masyarakat itu sendiri.

"Orang Sukabumi harus maju. Mari para orangtua kita dorong anaknya untuk maju. Anak dengan SDM yang luar biasa, dapat membantu memajukan daerahnya," ucapnya.

Di mana, menurutnya tujuan akhir dari pemberian beasiswa ini untuk meningkatkan SDM yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sukabumi milik kita dan harus dimajukan oleh kita bersama," ungkapnya.

Rektor Universitas Nusa Putra Dr. Kurniawan mengatakan, program beasiswa bupati ini telah berjalan selama lima tahun. Sehingga, telah ada ratusan mahasiswa yang berhasil lewat program ini.

"Tahun kemarin kita telah mengirim mahasiswa terbaik ke Turki, di antaranya mahasiswa penerima beasiswa bupati," bebernya.

Menurutnya, Universitas Nusa Putra bukannya kampus biasa. Sebab, Nusa Putra memiliki akreditas internaisional terbanyak se Jawa Barat-Banten. Selain itu, kampus dengan mahasiswa asing yang banyak pula.

"Kita ada kelas internasional. Di dalamnya terdapat mahasiswa dari 63 negara. Termasuk pendidiknya pun dari berbagai negara," teranngnya.

Maka dari itu, dirinya mengajak calon mahasiswa untuk berpikir global dari sisi pendidikan. Selain itu, dirinya meminta para orangtua untuk mendukung anaknya berkuliah dan berproses dalam dunia pendidikan di Nusa Putra.

"Adik-adik yang terpilih, ketika masuk harus bertanggungjawab untuk diri sendiri, orangtua, kampus, dan masyarakat. Ketika lulus pun, mari kita berkobtribusi untuk kampus dan masyarakat," pungkasnya.

Di akhirnya kegiatan dilakukan berbagai penyerahan penghargaan oleh Bupati Sukabumi. (ADV)

Sumber: Diskominfosan Kabupaten Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 Mei 2024, 11:14 WIB

Konsolidasi KAHMI-HMI Sukabumi: Mengawal Pilkada Serentak yang Bersih dan Damai

Majelis Daerah Korp Alumni HMI (MD KAHMI) dan HMI Sukabumi mengadakan acara silaturahmi dan konsolidasi dalam rangka menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada Gubernur dan Bupati/Wali Kota) serentak se-Indonesia.
Silaturahmi Kahmi dan HMI Sukabumi menjelang Pilkda 2024 | Foto : SU
Life27 Mei 2024, 11:00 WIB

12 Peraturan Tidak Tertulis yang Harus Dilakukan Agar Hidup Lebih Dihargai Orang

Dengan menerapkan prinsip-prinsip peraturan tidak tertulis ini, Anda tidak hanya akan lebih dihargai oleh orang lain, tetapi juga dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan harmonis dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.
Ilustrasi - Peraturan Tidak Tertulis dalam Hidup Agar Lebih Dihargai Orang (Sumber : pexels.com/@Alexander Suhorucov)
Food & Travel27 Mei 2024, 10:30 WIB

Begini Cara Buat Teh Kembang Sepatu Untuk Asam Urat, Coba di Rumah Yuk!

Ketika terlalu banyak kandungan purin yang tidak terurai dari dalam tubuh, maka kita akan mengalami asam urat dengan gejalanya berupa peradangan sendi. Namun, ada satu obat herbal yang cukup membantu yaitu teh kembang sepatu
Ilustrasi Teh kembang sepatu yang merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)