Peringatan HKN ke-59, Daftar Penghargaan yang Diterima Kota Sukabumi

Senin 13 November 2023, 14:44 WIB
Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat mengikuti upacara peringatan HKN ke-59 di halaman Gedung Sate, Bandung, Senin, 13 November 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat mengikuti upacara peringatan HKN ke-59 di halaman Gedung Sate, Bandung, Senin, 13 November 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan upacara di halaman Gedung Sate, Bandung, Senin, 13 November 2023. Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji ikut dalam upacara peringatan ini dengan tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”, bersama para kepala daerah dan aparatur Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Transformasi kesehatan untuk Indonesia Maju adalah sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera. Adapun dalam kesempatan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi juga meraih lima penghargaan dari tujuh kategori yang dilombakan.

Satu penghargaan Kategori Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas tingkat Provinsi diraih oleh dr Emmy Kurniasih Tedjo dari Puskesmas Benteng, Juara ke I Dokter Puskesmas Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Tiga penghargaan Kategori Tenaga Kesehatan Teladan Rumah Sakit Tingkat Provinsi Jawa Barat diraih oleh: Apt. Fitriyah Silviyani, S.Farm.,M.M , juara ke I Apoteker Rumah Sakit Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dan sebagai Juara ke V Tingkat Nasional.

Ns. Iman Muhamad Firmansyah, S.Kep. sebagai Juara Ke I Perawat Rumah Sakit Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Ikka Setiarini Apriliani A.Md.Kes, Juara Ke I Tenaga Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Kemudian satu penghargaan Kategori Pos Upaya Kesehatan Kerja Terbaik diraih oleh ketua UKK Terajana Kota Sukabumi.

Baca Juga: Ribuan Orang Hadiri HKN ke-59, Dinkes Ajak Semua Pihak Tekan Stunting di Sukabumi

Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

Transformasi kesehatan ini meliputi berbagai aspek, mulai dari peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan, penguatan sistem kesehatan, hingga peningkatan kualitas SDM kesehatan.

Merangkum dari situs resmi Kementerian Keseharan Republik Indonesia, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa transformasi kesehatan ini akan difokuskan pada empat pilar yaitu:

1. Peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan primer. Layanan kesehatan primer adalah layanan kesehatan yang diberikan pada tingkat pertama yaitu puskesmas dan jaringannya. Layanan kesehatan primer ini harus dapat memberikan layanan yang berkualitas dan terjangkau oleh seluruh masyarakat, terutama masyarakat di daerah terpencil dan tertinggal.

2. Pengembangan sistem kesehatan yang kuat dan efisien. Sistem kesehatan yang kuat dan efisien adalah sistem kesehatan yang mampu memberikan layanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau, dan adil. Transformasi kesehatan ini akan dilakukan dengan memperkuat peran berbagai pemangku kepentingan dalam sistem kesehatan, seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat.

3. Peningkatan kualitas SDM kesehatan. SDM kesehatan yang berkualitas adalah kunci keberhasilan transformasi kesehatan. Transformasi kesehatan ini akan dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan SDM kesehatan, serta meningkatkan kesejahteraan SDM kesehatan.

4. Peningkatan kesadaran dan peran masyarakat dalam kesehatan. Masyarakat yang sadar dan berperan aktif dalam kesehatan adalah kunci untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Transformasi kesehatan ini akan dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, serta meningkatkan peran masyarakat dalam upaya-upaya kesehatan.

Transformasi kesehatan untuk Indonesia Maju merupakan sebuah upaya yang penting untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera. Dengan transformasi kesehatan ini, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat memperoleh akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. (ADV)

Sumber: Website KDP Kota Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik01 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Rumah - Salma Salsabil, “Tempat yang Kurindu Sejak Lama”

Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya.
Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya. (Sumber : YouTube/@Salma Salsabil).
Life01 Maret 2024, 16:30 WIB

Kapan Puasa Ramadan 2024 Dilaksanakan? Ini Perkiraan Waktunya

Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah
Ilustrasi - Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)
Film01 Maret 2024, 16:00 WIB

Kabar Gembira! Film Live Action Naruto Segera Digarap Oleh Lionsgate

Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas.
Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas. (Sumber : X/@Naruto_Anime_EN).
Food & Travel01 Maret 2024, 15:30 WIB

6 Tempat Wisata Kids Friendly di Sukabumi, Anak Langsung Gembira

Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi
Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 15:28 WIB

Tekan Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkab Sukabumi Akan Gencarkan Operasi Pasar Murah

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rapat Koordinasi Dwimingguan Ke-24 Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu.
Sekda Ade Suryaman saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu. Kamis (29/2/2024) | Foto : Dokpim
Keuangan01 Maret 2024, 15:06 WIB

BPS: Beras Sumbang Inflasi Terbesar Februari, Hanya 1 Provinsi yang Harganya Turun

Beras mengalami inflasi 5,32 persen dengan andil terhadap IHK 0,21 persen.
(Foto Ilustrasi) BPS menyebut beras menyumbang inflasi terbesar pada Februari 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi01 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 14:51 WIB

Catat! Ini 4 Program Prioritas Dinsos Kota Sukabumi hingga 2025

Program pertama adalah peningkatan mutu penanganan rehabilitasi dan perlindungan sosial.
Kadinsos Kota Sukabumi Fajar Rajasa saat menghadiri forum perangkat daerah untuk rencana kerja tahun 2025 pada Jumat (1/3/2024). | Foto: SU
KATA WARGANET01 Maret 2024, 14:45 WIB

KPID Berbondong-bondong Desak MK Perpanjang Masa Jabatan KPI Jadi 5 Tahun

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) di berbagai daerah mendesak kepada Mahkamah Konstitusi (MK) agar mengabulkan permohonan uji materiil Pasal 9 ayat (3) UU 32/2002 tentang Penyiaran terkait perpanjangan masa jabatan KPI
Irwansyah, Ketua KPID Kalimantan Timur | Foto : Ist/Sukabumi Update
Cek Fakta01 Maret 2024, 14:43 WIB

Beredar Video Hoaks Kantor KPU dan Kementerian Dibakar

Video ini merupakan peristiwa kericuhan demonstrasi pada 22 Mei 2019.
(Foto Ilustrasi) Beredar video dan unggahan hoaks soal pembakaran kantor KPU. | Foto: Istimewa