Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Kota Sukabumi Resmikan Pustu Cicadas

Minggu 01 Oktober 2023, 19:39 WIB
Kepala Dinkes Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah meresmikan Pustu Cicadas Kelurahan Cikundul pada 29 September 2023. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

Kepala Dinkes Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah meresmikan Pustu Cicadas Kelurahan Cikundul pada 29 September 2023. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Cicadas Kelurahan Cikundul pada 29 September 2023. Peresmian ini dihadiri pula oleh aparatur Kecamatan dan Kelurahan Lembursitu serta Kapolsek dan Koramil setempat.

Kepala Puskesmas Cikundul Denna Yuliavina dalam sambutannya menerangkan keberadaan Pustu Cicadas yang berada di wilayah kerjanya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Ia mengajak semua pihak untuk ikut mendukung keberadaan Pustu yang berlokasi di RT 1 RW 8 Kelurahan Cikundul tersebut.

Sementara Kepala Dinkes Kota Sukabumi mengatakan Pustu yang akan difungsikan di antaranya dalam kegiatan preventif dan promotif kesehatan merupakan upaya pihaknya untuk mentransformasi pelayanan primer kesehatan agar dapat diakses dengan cepat, mudah, dan murah oleh masyarakat.

“Pustu ini merupakan bagian dari pendekatan pelayanan Puskesmas kepada masyarakat, supaya masyarakat lebih dekat mendapatkan pelayanan dasar lebih cepat dan lebih murah," ujarnya.

Baca Juga: Zona Merah untuk Kualitas Udara Kota Sukabumi, Dinkes: Kasus ISPA Capai 35.045

Adapun target dari keberadaan Pustu ini adalah meningkatkan layanan dan cakupan pelayanan kesehatan yang di antaranya bisa diukur melalui tingkat kunjungan masyarakat ke Pustu.

“Meningkatkan pelayanan, cakupan seperti cakupan program, maupun cakupan kunjungan masyarakat ke pelayanan dasar. Biasanya dulu itu satu hari sekitar 60 kunjungan, mudah-mudahan dengan semakin bagusnya pelayanan Pustu akan semakin banyak pasien datang, bukan hanya berobat saja tapi untuk mendapatkan tindakan preventif dan promosi kesehatan.” ujarnya

Pustu Cicadas akan beroperasi sebanyak dua kali dalam seminggu yakni pada Selasa dan Jumat, dengan jam pelayanan adalah pukul 8 pagi hingga 11 siang untuk Selasa, serta khusus Jumat Pustu akan melayani masyarakat dari pukul 8 pagi hingga 10 siang.

Di akhir pembicaraannya Kepala Dinkes pun mengajak masyarakat untuk ikut merawat dan menjaga keberadaan Pustu Cicadas.

“Masyarakat juga memiliki jiwa yang tinggi sehingga mau menjaga secara bersama baik fasilitasnya, kebersihannya, maupun keamanannya. Kita jaga karena Puskesmas Pembantu adalah milik masyarakat yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan," katanya. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk29 Februari 2024, 12:03 WIB

Harga Beras Turun Rp1.000 Per Kg di Palabuhanratu Sukabumi, Ini Penyebabnya

Harga beras di Pasar Palabuhanratu mulai alami tren penurunan setelah adanya pasokan beras SPHP.
Lapak pedagang beras di Pasar Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Dok. SU)
Motor29 Februari 2024, 12:00 WIB

Harus Cermat! Simak Langkah-langkah Sebelum Membeli Ban Motor Baru

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda. (Sumber : pexels.com/@Prakash Chavda).
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk
Nasional29 Februari 2024, 09:40 WIB

44 Petugas Pemilu Meninggal dan Kecelakaan Kerja Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Ketiga ahli waris mendapatkan santunan BPJS Ketenagakerjaan.
Penyerahan santunan kepada keluarga di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada 27 Februari 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi29 Februari 2024, 09:25 WIB

Atlet Muaythai Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Para atlet yang bertanding berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama 1 bulan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi memberikan perlindungan jaminan sosial kepada atlet muaythai yang bertanding di DCS Muaythai Challenge, Minggu (25/2/2024). | Foto: Istimewa