Minta Bantuan Jokowi untuk Pulang, TKW Sukabumi Ditahan Majikan di Arab Saudi

Jumat 25 Agustus 2023, 11:53 WIB
Tangkapan layar video Rini Rahayu (33 tahun), TKW asal Kabupaten Sukabumi yang diduga ditahan majikannya di Riyadh, Arab Saudi. | Foto: Istimewa

Tangkapan layar video Rini Rahayu (33 tahun), TKW asal Kabupaten Sukabumi yang diduga ditahan majikannya di Riyadh, Arab Saudi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau biasa juga disebut Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Rini Rahayu (33 tahun) mengaku ditahan majikannya di Riyadh, Arab Saudi. Perempuan asal Kabupaten Sukabumi ini tak dapat pulang lantaran sponsor yang memberangkatkannya diduga menipu sang majikan.

Pengakuan itu disampaikan Rini melalui video yang kekinian tersebar dan viral di media sosial. Dalam video pendek itu dia mengaku gajinya dipotong setiap bulan untuk membayar uang penipuan sponsornya kepada majikan di Arab Saudi. Rini pun meminta bantuan Presiden Joko Widodo untuk membantu memulangkannya ke Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com, Rini adalah warga Kampung Pasirdoton RT 03/02 Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Masih dalam video yang sama, dia mengaku menjadi jaminan atas ulah sponsor yang diduga membawa kabur uang majikannya sebesar 14.000 riyal atau sekitar Rp 57 juta.

Rini berangkat ke Arab Saudi pada 2019 atau sudah kurang lebih empat tahun bekerja di negara tersebut. Pengakuan ini juga dibenarkan ayahnya, Rosidin (59 tahun). Rosidin menyebut anaknya mendapat kontrak kerja selama dua tahun. Namun dengan kejadian ini, Rini diduga ditahan sebagai jaminan sampai pembayaran uang selesai.

Baca Juga: Resmi Dipecat PDIP Buntut Dukung Prabowo, Budiman Sudjatmiko Ucapkan Terima Kasih

"Anak saya berangkat 2019. Kalau kontraknya dua tahun, seharusnya sudah pulang kemarin (2021). Tapi karena ada kejadian ini, anak saya jadi jaminan, sampai sekarang belum pulang," ujar Rosidin melalui sambungan telepon pada Jumat (25/8/2023).

Rosidin menyebut masalah ini muncul pada 2020, setelah anaknya berada di Arab Saudi. Majikan di sana kembali meminta dikirim TKW melalui sponsor yang sebelumnya memberangkatkan Rini. Sponsor yang masih warga Sukabumi tersebut kemudian diberi uang 14.000 riyal untuk biaya pemberangkatan. Namun hingga kini, pekerja yang diminta tak kunjung ada dan uang biaya itu diduga dibawa kabur.

Sejak itu sejumlah upaya dilakukan Rosidin untuk memulangkan anaknya dengan mendatangi sponsor dan meminta bantuan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI). Tetapi hingga saat ini belum ada kabar baik yang diterima keluarga. Rini sendiri memiliki anak berusia lima tahun, hasil pernikahan dengan suaminya yang kini sudah bercerai.

"Saya sudah berupaya mendatangi sponsor, alhamdulillah mereka (sponsor) memberi uang Rp 30 juta. Tapi kan masih kurang. Saya juga sudah minta bantuan ke SBMI, tapi belum ada perkembangan sampai saat ini," kata dia.

Terkait beredarnya video Rini, Rosidin berharap Presiden Joko Widodo dapat membantu kepulangan anaknya tersebut. "Harapan saya sekarang pengen cepat pulang aja (anaknya). Minta tolong juga kepada pemerintah agar bisa membantu memulangkan anak saya," ujarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life29 April 2024, 09:42 WIB

Ciptakan Rutinitas, Ini 7 Cara Ampuh Menenangkan Balita yang Rewel

Tertawa satu menit dan menangis di menit berikutnya? Pelajari cara menangani emosi balita Anda yang selalu berubah.
Ilustrasi menenangkan balita yang rewel. | Foto: Freepik
Sukabumi29 April 2024, 09:34 WIB

Pelajar SMPN Cibitung Butuh Perahu, Pergi Sekolah Lintasi Sungai Cikaso Sukabumi

Perahu yang selama ini digunakan pelajar dan guru sering mengalami masalah.
Perahu untuk pelajar dan guru di Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi29 April 2024, 09:31 WIB

6 Tanda Kamu Punya Bakat Jadi Pengusaha daripada Kerja Kantoran, Ini Buktinya

Bakat menjadi pengusaha sejatinya bisa dilihat dari kebiasaan, mentalitas dan mindset hariannya dalam menjalani hidup selama ini.
Ilustrasi. Tanda orang yang memiliki bakat jadi pengusaha. Sumber foto : Pexels/ Andrea Piacquadio
Sehat29 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Berat Badan, 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.  (Sumber : pexels.com/@Dom J)
Life29 April 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin

Inilah Sederet Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin. Ayo Tiru dan Lakukan!
Ilustrasi. Relasi orang kaya yang membuatnya sulit miskin (Sumber : pexels/maryiaplashchynskaya)
Sehat29 April 2024, 07:00 WIB

7 Kategori Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah makan, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. Mencuci Buah. Contoh Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik)