Minta Bantuan Jokowi untuk Pulang, TKW Sukabumi Ditahan Majikan di Arab Saudi

Jumat 25 Agustus 2023, 11:53 WIB
Tangkapan layar video Rini Rahayu (33 tahun), TKW asal Kabupaten Sukabumi yang diduga ditahan majikannya di Riyadh, Arab Saudi. | Foto: Istimewa

Tangkapan layar video Rini Rahayu (33 tahun), TKW asal Kabupaten Sukabumi yang diduga ditahan majikannya di Riyadh, Arab Saudi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau biasa juga disebut Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Rini Rahayu (33 tahun) mengaku ditahan majikannya di Riyadh, Arab Saudi. Perempuan asal Kabupaten Sukabumi ini tak dapat pulang lantaran sponsor yang memberangkatkannya diduga menipu sang majikan.

Pengakuan itu disampaikan Rini melalui video yang kekinian tersebar dan viral di media sosial. Dalam video pendek itu dia mengaku gajinya dipotong setiap bulan untuk membayar uang penipuan sponsornya kepada majikan di Arab Saudi. Rini pun meminta bantuan Presiden Joko Widodo untuk membantu memulangkannya ke Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com, Rini adalah warga Kampung Pasirdoton RT 03/02 Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Masih dalam video yang sama, dia mengaku menjadi jaminan atas ulah sponsor yang diduga membawa kabur uang majikannya sebesar 14.000 riyal atau sekitar Rp 57 juta.

Rini berangkat ke Arab Saudi pada 2019 atau sudah kurang lebih empat tahun bekerja di negara tersebut. Pengakuan ini juga dibenarkan ayahnya, Rosidin (59 tahun). Rosidin menyebut anaknya mendapat kontrak kerja selama dua tahun. Namun dengan kejadian ini, Rini diduga ditahan sebagai jaminan sampai pembayaran uang selesai.

Baca Juga: Resmi Dipecat PDIP Buntut Dukung Prabowo, Budiman Sudjatmiko Ucapkan Terima Kasih

"Anak saya berangkat 2019. Kalau kontraknya dua tahun, seharusnya sudah pulang kemarin (2021). Tapi karena ada kejadian ini, anak saya jadi jaminan, sampai sekarang belum pulang," ujar Rosidin melalui sambungan telepon pada Jumat (25/8/2023).

Rosidin menyebut masalah ini muncul pada 2020, setelah anaknya berada di Arab Saudi. Majikan di sana kembali meminta dikirim TKW melalui sponsor yang sebelumnya memberangkatkan Rini. Sponsor yang masih warga Sukabumi tersebut kemudian diberi uang 14.000 riyal untuk biaya pemberangkatan. Namun hingga kini, pekerja yang diminta tak kunjung ada dan uang biaya itu diduga dibawa kabur.

Sejak itu sejumlah upaya dilakukan Rosidin untuk memulangkan anaknya dengan mendatangi sponsor dan meminta bantuan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI). Tetapi hingga saat ini belum ada kabar baik yang diterima keluarga. Rini sendiri memiliki anak berusia lima tahun, hasil pernikahan dengan suaminya yang kini sudah bercerai.

"Saya sudah berupaya mendatangi sponsor, alhamdulillah mereka (sponsor) memberi uang Rp 30 juta. Tapi kan masih kurang. Saya juga sudah minta bantuan ke SBMI, tapi belum ada perkembangan sampai saat ini," kata dia.

Terkait beredarnya video Rini, Rosidin berharap Presiden Joko Widodo dapat membantu kepulangan anaknya tersebut. "Harapan saya sekarang pengen cepat pulang aja (anaknya). Minta tolong juga kepada pemerintah agar bisa membantu memulangkan anak saya," ujarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Maret 2024, 05:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Kamu Selamat dan Terhindar dari Orang Zalim

Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri
Ilustrasi . Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih04 Maret 2024, 23:25 WIB

Protes Suara DPR RI PDIP Diduga Hilang, Pleno KPU Kabupaten Sukabumi Memanas

Hari keempat Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palabuhanratu, sempat ricuh, Senin (4/2/2024).
Pleno Rekapitulasi Suara KPU tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment04 Maret 2024, 21:37 WIB

Lisa Blackpink Pamer Kedekatan dengan Taylor Swift di Singapura, Akrab Banget!

Lisa Blackpink menghebohkan penggemarnya sedang menonton konser Taylor Swift “The Eras Tour” di Singapura pada Minggu (3/3/2024).
Lisa Blackpink pamer foto bareng Taylor Swift usai konser “The Eras Tour” hari kedua di Singapura, Minggu (3/3/2024). (Sumber : Instagram/@lalalalisa_m)
Internasional04 Maret 2024, 21:29 WIB

Perkosa PRT Asal Indonesia, Eks Anggota Dewan Malaysia Dihukum 8 Tahun Penjara & 2 Cambukan

Mantan anggota dewan di Malayasia, Paul Yong Choo Kiong dinyatakan bersalah karena memperkosa pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia, kasus terjadi pada Juli 2019.
Ilustrasi seorang PRT asal Indonesia diperkosa eks anggota dewan di Malayasia | Foto Freepik/raybon)
Entertainment04 Maret 2024, 21:00 WIB

Rafathar Salting Wajahnya Sudah Tumbuh Jerawat, Mbak Lala: ‘Ciye Udah Gede’

Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya.
Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya. (Sumber : Tiktok @rayyanzacipung_acikule).
Nasional04 Maret 2024, 20:51 WIB

KPK Soroti Dugaan Suap Izin Tambang yang Seret Menteri Bahlil Lahadiala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberitaan soal Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diduga menerima uang suap dari perizinan tambang. Ia menyebut tengah mempelajari laporan berita investigasi tersebut.
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala sat berfoto dengan Paslo Prabowo-Gibran | Foto : Ist
Life04 Maret 2024, 20:32 WIB

4 Tips Mudah Atasi Kecemasan Pada Anak di Rumah, Yuk Terapkan Bunda

Kecemasan yang dirasakan anak-anak merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu mencari cara mengatasinya.
Ilustrasi seorang Ibu membantu anaknya atasi kecemasan di rumah. (Sumber : Freepik)
Life04 Maret 2024, 20:30 WIB

10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental

Inilah tips menggunakan media sosial agar tetap sehat fisik dan mental serta terhindar dari dampak negatif lainnya
Ilustrasi - 10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 20:26 WIB

Menggrilla Sukabumi Tawarkan Sensasi Nge-Grill Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Menggrilla Sukabumi menawarkan sensasi kenikmatan makan daging panggang atau grill yang lembut dan empuk dengan harga terjangkau.
Menu daging panggang di Menggrilla Sukabumi yang memanjakan lidah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Maret 2024, 20:17 WIB

Pasien DBD Di RSUD Jampang Kulon Sukabumi Alami Peningkatan Kasus

Seksi Pelayanan Medis RSUD Jampangkulon, dr. Lastri Asmuniati mengatakan dari data bulan Desember 2023 hingga bulan Februari 2024, kasus Dengue memang ada kenaikan.
Pasien DPD di RSUD Jampang Kulon alami peningkatan kasus | Foto : Ragil Gilang