Jaga Kesehatan Peserta Jambore Pramuka, Puskesmas Sagaranten Dirikan Posko

Senin 14 Agustus 2023, 16:06 WIB
Kepala UPTD Puskesmas Sagaranten saat mengunjungi pos kesehatan jambore ranting Gerakan Pramuka.

Kepala UPTD Puskesmas Sagaranten saat mengunjungi pos kesehatan jambore ranting Gerakan Pramuka.

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi melalui UPTD Puskesmas Sagaranten dirikan Posko kesehatan selama berlangsungnya kegiatan Jambore Ranting Gerakan Pramuka Sagaranten dalam peringatan Hari Pramuka Ke-62, Senin (14/8/2023).

Kehadiran Posko kesehatan dalam mensukseskan kegiatan tersebut, sangat diperlukan dalam mengantisipasi masalah kesehatan para peserta.

"UPTD Puskesmas Sagaranten turut serta mensuksekan kegiatan Jambore Ranting Gerakan Pramuka Sagaranten dan pelaksanaan upacara peringatan hari Gerakan Pramuka yang ke-62 dengan mendirikan secara khusus pelayanan kesehatan,” ujae Kepala UPTD Puskesmas Sagaranten Sudarna Sukmana kepada sukabumiupdate.com.

Sudarna menyebut pihaknya menerjunkan tenaga kesehatan 5 orang untuk membantu mengantisipasi peserta upacara yang mengalami gangguan kesehatan bersama personil kesehatan Shaka Bhakti Husada Pramuka. Bahkan dalam kegiatan Jambore Ranting Gerakan Pramuka Sagaranten tersebut, pihaknya menjadwalkan piket di lokasi sebanyak 2 tenaga kesehatan setiap harinya.

Baca Juga: Cegah Osteoporosis, Plt Kadinkes Sukabumi Bicara Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang

Menurut Sudarna, dalam pelaksanaan upacara peringatan hari Pramuka ke 62 terdapat peserta yang kesehatan dan staminanya kurang baik hingga dilakukan antisipasi tindakan perawatan namun setelah dilakukan pemeriksaan dan tindakan perawatan oleh petugas kesehatan berangsur pulih.

"Ada beberapa peserta yang mengalami penurunan stamina, karena cuaca panas, namun sudah bisa diantisipasi, dan sudah pulih kembali," imbuhnya.

Terpisah, Plt Camat Sagaranten Ridwan Agus Mulyawan mengatakan kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Pramuka ke 62 ini digelar oleh Kwaran Sagaranten sejak tanggal 13 Agustus 2023 sampai tanggal 15 Agustus 2023, diisi dengan kegiatan berkemah di Lapang Karajeun Desa Curugluhur, Kecamatan Sagaranten.

Adapun peserta dari anggota Pramuka yqng hadir dari tingkat SMU, SLTA, SD se-Kwaran Sagaranten.

Peserta terdiri dari 47 pangkalan yang tersebar se-Kwaran Sagaranten
Jumlah peserta 20 siswa dari tiap pangkalan dengan jumlah total 940 siswa, jumlah pembina tiap pangkalan 2 orang, jumlah total 94 orang. Jumlah panitia 50 orang, tenaga kesehatan UPTD Puskesmas, dan Saka Bhakti Husada (Pramuka) sebanyak 20 orang. Jumlah estimasi keseluruhan 1104 orang.

"Fasilitas yang tersedia dan digunakan saat pelaksanaan kegiatan, MCK putra 8 ruang, MCK putri 8 ruang, sumber air dari Sungai Cipicung. Tenda kesehatan 2 ruang, serta Posko utama 1 ruang. Alhamdulilah kegiatan bisa berjalan dengan lancar, dan sukses," ujarnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Mei 2024, 19:30 WIB

Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)