BPBD Sukabumi: Cisaat Cicurug dan Jampangtengah Mulai Kekeringan

Rabu 09 Agustus 2023, 18:17 WIB
Distribusi air bersih dampak kekeringan di Padaasih Cisaat Kabupaten Sukabumi, 8 Agustus 2023 (Sumber: istimewa (PMI))

Distribusi air bersih dampak kekeringan di Padaasih Cisaat Kabupaten Sukabumi, 8 Agustus 2023 (Sumber: istimewa (PMI))

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi masuk daftar 15 daerah di Jawa Barat yang berpotensi mengalami kekeringan, dengan status waspada. Data sementara BPBD Kabupaten Sukabumi mencatat, sudah ada 3 kecamatan yang melaporkan dampak kekeringan, yaitu Cisaat, Cicurug dan Jampangtengah.

Hal ini diungkap Manajer Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna kepada sukabumiupdate.com, Rabu (9/8/2023) menjelaskan saat ini sudah ada laporan kekeringan dari tiga kecamatan.

Selanjutnya, kata Daeng, masih menunggu laporan P2BK terkait pemetaan potensi wilayah kekeringan di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Reses di Gunungguruh Sukabumi, Muhammad Jaenudin Serahkan Bantuan Kursi Roda

"Yang sudah masuk laporannya ada dari kecamatan Jampangtengah, Cicurug dan Cisaat," jelas Daeng.

Sukabumi masuk diantara 15 wilayah yang berstatus waspada kekeringan di Jawa Barat. Status waspada ini yaitu jumlah hari tanpa hujan sedikitnya selama 21 hari dengan prakiraan kemungkinan curah hujan kurang dari 20 milimeter per sepuluh hari atau dasarian lebih dari 70 persen.

Daerah yang berstatus waspada kekeringan di Jawa Barat tersebut diantaranya sebagian wilayah Karawang, Subang utara, Indramayu, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Kuningan, Purwakarta, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya utara, Ciamis dan Pangandaran.

Baca Juga: Doa Saat Dirundung Masalah, Yuk Amalkan Agar Hati dan Pikiran Tenang

Distribusi Air Bersih di Kampung Padaasih Kabupaten SukabumiDistribusi Air Bersih di Kampung Padaasih Kabupaten Sukabumi

Untuk mengantisipasi kekeringan, BPBD bersama Bersama PMI (Palang Merah Indonesia), mulai mendistribusikan air bersih kepada warga terdampak kekeringan.
Terbaru pendistribusian belasan ribu liter air bersih di Kampung Padaasih, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa, Agustus 2023 sore.

Kampung Padaasih menerima sebanyak 15 ribu liter air bersih dari PMI. Distribusi air dilakukan kepada 500 kepala keluarga (KK) atau 1.500 jiwa di dua RW yakni RW 04 dan RW 05. Pendistribusian air bersih di Kampung Padaasih, Kabupaten Sukabumi menggunakan sebuah unit mobil tangki PMI selama empat jam.

Enam personel dikerahkan untuk membantu distribusi air bersih ini, dari Staff Markas, KSR, TSR hingga P2BK Cisaat. Daeng Sutisna mengatakan, distribusi air bersih di Kampung Padaasih Kabupaten Sukabumi merupakan tindak lanjut dari surat permohonan Kepala Desa.

Baca Juga: Reses di Cisarua Sukabumi, Hendar Darsono: Petani Kesulitan Pupuk

"Untuk informasi jumlah KK dan jiwa itu didasarkan pada data di lapangan dan juga dari Kepala Desa," pungkas kata.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi13 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Lulusan S1 Teknik di Perusahaan Makanan, Penempatan Jakarta Utara

Berikut Informasi Lowongan Lulusan S1 Teknik di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Jakarta Utara.
Lowongan Lulusan S1 Teknik di Perusahaan Makanan, Penempatan Jakarta Utara (Sumber : Istimewa)
Life13 April 2024, 10:00 WIB

Sering Bertengkar, 10 Ciri Kamu dan Pasangan Tidak Berjodoh Meski Saling Mencintai

Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi.
Ilustrasi - Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Science13 April 2024, 09:39 WIB

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

BMKG peringatkan potensi ombak capai 2,5 meter di Pantai Selatan Jabar hingga DIY pada hari ketiga libur Lebaran, Sabtu 13 April 2024.
Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sehat13 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Atasi Depresi, 8 Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan

Potensi manfaat kesehatan dari omega-3 termasuk melindungi kesehatan jantung, fungsi otak, kesehatan mata, dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.
Ilustrasi - Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. (Sumber : Freepik.com).
Motor13 April 2024, 08:00 WIB

10 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru

Dengan mempersiapkan hal-hal berikut, Updaters dapat memastikan bahwa Anda siap untuk membeli motor baru dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Life13 April 2024, 07:00 WIB

Jangan Diremehkan! Ini 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres

Menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele penyebab anak stres dan menciptakan lingkungan yang positif, penuh kasih serta mendukungnya merupakan kunci untuk membantu anak mengatasi stres dan berkembang dengan baik secara emosional.
Ilustrasi. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres Ini Jangan Pernah Diremehkan! (Sumber : pixabay.com/@ DigitalPhotoandDesignDigiPD.com)
Food & Travel13 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.
Ilustrasi. Daun Jambu Biji. Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional. (Sumber : pexels.com/RanjeerChauhan)
Science13 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 April 2024, Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi12 April 2024, 22:59 WIB

Retribusi Pantai Minajaya Dikomplain Tak Sesuai Fasilitas, Ini Kata Dispar Sukabumi

Retribusi ke kawasan Pantai Minajaya Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan warga. Pasalnya tarif yang dikenakan mengalami kenaikan, bahkan dianggap terlalu mahal dan tidak wajar.
Pos Retribusi Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 April 2024, 22:33 WIB

Operasional Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka hingga Malam Hari Kecuali Hujan

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, sekira pukul 19.00 WIB, berbeda dengan hari pertama kemarin yang sudah ditutup pada sore hari.
Buka tutup tol Bocimi seksi 2 saat libur lebaran | Foto : Ibnu Sanubari