Menapaki Masjid Agung Sukabumi: Sajikan Wisata Kota, Kuliner hingga Free Wifi!

Kamis 18 Mei 2023, 21:00 WIB
Menapaki Masjid Agung Sukabumi: Sajikan Wisata Kota, Kuliner hingga Free Wifi! (Sumber : Instagram  @alunalunsukabumi)

Menapaki Masjid Agung Sukabumi: Sajikan Wisata Kota, Kuliner hingga Free Wifi! (Sumber : Instagram @alunalunsukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Masjid Agung Kota Sukabumi adalah salah satu tempat ibadah umat muslim Like Earth People. Masjid ini selalu memberikan kesan ketenangan dan kedamaian bagi para pengunjungnya.

Bahkan, dengan adanya sentuhan maket atau mini arsitektur yang dipanjang di depan pintu utama Masjid turut memberikan nuanasa keseluruhan bangunan. Umat muslim yang datang tak hanya bisa ibadah dengan damai, tetapi juga dapat melihat miniatur Masjid Agung Kota Sukabumi di dalam sekotak kaca.

Masjid Agung Kota Sukabumi berlokasi di Jalan Alun-Alun Utara No. 4b, Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Secara administratif, Masjid Agung Kota Sukabumi masuk di dalam wilayah Kampung Kaum, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Travel di Sukabumi Tujuan Bandung hingga Jakarta, Cek Harganya!

Sementara secara astronomis terletak pada koordinat 6°55’16” LS dan 106°55’30” BT, seperti mengutip direktoripariwisata.id.

Di sekitar Masjid Agung Kota Sukabumi, terdapat Alun-alun dan Lapang Merdeka. Lokasi Masjid Agung Kota Sukabumi juga sangat strategis karena dekat dengan Gedung Juang 45 dan Inti Kuliner.

Di sebelah timur alun-alun Sukabumi, terdapat bangunan-bangunan perkantoran, seperti Markas Polisi Resort (Mapolres) Sukabumi dan Kejakasaan Negeri Sukabumi. Beralih ke sebelah selatan, ada Pendopo Kabupaten Sukabumi, sedang bagian barat dan utara berupa pemukiman dan perkantoran.

Bangunan lain yang cukup penting di sekitar Masjid Agung Kota Sukabumi adalah perpustakaan atau pojok baca yang disediakan Pemerintah Sukabumi. Masih di jangkauan area Masjid Agung Kota Sukabumi, ada tempat berburu WiFi Unlimited bermodalkan Voucher seharga sekitar Rp 5 ribu saja.

Tenang, untuk tim gak mau rugi, area Masjid Agung Kota Sukabumi juga termasuk titik free WiFi. Artinya, kamu bisa menikmati internet gratis disini!

Ya, masyarakat terutama warga lokal Sukabumi, bisa menikmati wisata kota hanya dengan singgah sejenak beribadah di Masjid Agung Kota Sukabumi. Satu kali berkunjung ke Masjid Agung Kota Sukabumi, berbagai destinasi wisata kota bisa dinikmati sekaligus!

Baca Juga: 5 Titik Free Wifi di Kota Sukabumi, Layanan Internet Gratis untuk Masyarakat!

Untuk diketahui, menurut catatan disparbud.jabarprov.go.id, bangunan masjid berupa bangunan permanen yang megah seluas sekitar 2000 m2. Masjid Agung Kota Sukabumi telah mengalami beberapa kali renovasi sejak tahun 1925.

Bangunan Masjid Agung Kota Sukabumi meliputi bangunan masjid terbagi menjadi bangunan dalam dan serambi. Masjid Agung Kota Sukabumi juga dilengkapi dengan menara, tempat wudhu, toilet dan halaman yang cukup luas dengan permukaan dilapisi keramik.

Bangunan Masjid Agung Kota Sukabumi ditandai dengan adanya atap berbentuk kubah. Model atap seperti ini menjadi penanda yang paling umum bagi masjid-masjid di Indonesia.

Model atap tertua yang bisa dirunut berdasarkan foto-foto lama adalah atap tradisional tumpang yang tinggi.

Bentuk yang demikian di Tatar Sunda dikenal dengan istilah bale nyungcung. Sedangkan bangunan bagian bawah berupa bangunan dengan lantai tinggi serta adanya tiang-tiang bergaya Eropa.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)