Mengambang Tak Bernyawa, Santri Tenggelam di Curug Sentral Kabandungan Sukabumi

Jumat 28 April 2023, 11:37 WIB
Proses evakuasi jenazah RJ (14 tahun), santri yang tenggelam di Curug Sentral 2, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Evakuasi dilakukan pada Jumat pagi (28/4/2023). | Foto: Istimewa

Proses evakuasi jenazah RJ (14 tahun), santri yang tenggelam di Curug Sentral 2, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Evakuasi dilakukan pada Jumat pagi (28/4/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Tim SAR gabungan berhasil menemukan RJ (14 tahun), santri yang tenggelam di Curug Sentral 2, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 27 April 2023. Pelajar kelas VIII sekaligus santri di salah satu pesantren itu ditemukan meninggal pada Jumat pagi (28/4/2023).

Staf BPBD Kabupaten Sukabumi Bhecki Supriatna mengatakan korban ditemukan tim SAR dalam posisi mengambang telentang di aliran sungai Curug Sentral 2 sekira pukul 08.10 WIB. RJ ditemukan mengenakan celana pendek warna hitam, tak jauh dari lokasi curug tempat dia tenggelam pada Kamis sekira pukul 13.00 WIB.

"Betul, korban tenggelam di Curug Sentral 2, ditemukan tim SAR gabungan meninggal dunia," kata Bhecki kepada sukabumiupdate.com di lokasi curug.

Baca Juga: Ada Palung, Kata Tokoh Masyarakat Soal Korban Tenggelam di Curug Sentral Kabandungan Sukabumi

Bhecki mengatakan evakuasi jasad RJ berlangsung kurang lebih 30 menit. Adapun kendala saat operasi pencarian ini adalah derasnya aliran air dan medan terjal. Bhecki menyebut ada sekitar 30 personel SAR yang terlibat, mulai dari basarnas, BPBD Kabupaten Sukabumi, TNI, Polri, Pramuka Peduli, unsur relawan, dan masyarakat sekitar.

"Menghabiskan waktu 30 menit dalam pencarian korban dengan melibatkan tim SAR gabungan. Jenazah korban saat ini sudah dievakuasi ke rumah duka," katanya.

Korban merupakan warga Kampung Parabon RT 33/06 Desa Berekah, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. Korban menimba ilmu di salah satu pesantren di Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Ketika kejadian, RJ sedang berwisata.

Baca Juga: Santri Tenggelam Saat Wisata di Curug Sentral Kabandungan Sukabumi

Kepala Desa Berekah Andriansyah membenarkan bahwa korban sudah ditemukan. 
"Saya atas nama Pemdes Berekah dan keluarga korban mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu evaluasi korban di Curug Sentral 2, mulai dari Pemdes Kabandungan, Camat Kabandungan, Camat Bojonggenteng, Basarnas, kepala BPBD dan Tim, Polsek Kalapanungal, Koramil Kalapanungal, Puskesmas Kabandungan dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu," ujarnya.

Andri menyatakan, berkat kerja keras semua pihak korban telah ditemukan dan sekarang sudah di rumah orang tua korban. "Insya Allah selesai jumatan jasad korban akan dikebumikan di TPU Parabon," ujarnya.

Dia mengungkapkan dari pihak keluarga juga meminta itikad baik dari pengelola tempat wisata Curug Sentral 2. "Bukan masalah kematiannya yang dipersoalkan pihak keluarga, tetapi sejauh mana pihak pengelola wisata menjalankan SOP dalam pengelolaan tempat wisatanya," kata Andri.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 10:04 WIB

Rakor Puskesmas Cikundul, Dinkes Perkuat Kolaborasi Penanganan DBD di Kota Sukabumi

Reni mengatakan beberapa upaya pencegahan DBD dilakukan di Kota Sukabumi.
Kepala Dinkes Kota Sukabumi Dr. Reni Rosyida Muthmainnah, M.Kes saat membuka rapat koordinasi atau rakor penanganan DBD, Rabu, 8 Mei 2024 di objek wisata Oasis. | Foto: Instagram/@puskesmas_cikundul
Sehat09 Mei 2024, 10:00 WIB

Sederet Manfaat Makan Rambutan untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Kenali!

Rambutan adalah buah yang menarik dan bergizi serta mengandung banyak manfaat kesehatan.
Ilustrasi - Rambutan adalah buah yang menarik dan bergizi serta mengandung banyak manfaat kesehatan. (Sumber : pexels.com/Quang Nguyen Vinh)
DPRD Kab. Sukabumi09 Mei 2024, 09:35 WIB

Lempar Botol saat Rapat, DPRD Tolak Pencabutan UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi

Andri diduga melempar botol karena jengkel dengan penjelasan Dwi Surini.
Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana saat mengikuti rapat kerja dengan BPJS Kesehatan di RSUD Sekarwangi, Rabu, 8 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi09 Mei 2024, 09:30 WIB

Info Loker D3 Jawa Barat, Syarat: Punya Skill Tentang Bahan Pangan

Info Loker D3 Jawa Barat untuk posisi Product Development Technician ini dibuka hingga 12 Juli 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker D3 Jawa Barat, Syarat: Punya Skill Tentang Bahan Pangan (Sumber : Freepik)
Sehat09 Mei 2024, 09:00 WIB

10 Rempah untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Jadi Obat Alami Ala Rumahan!

Sebelum menggunakan rempah-rempah ini sebagai pengobatan alternatif untuk nyeri sendi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu
Ilustrasi. Rempah untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Jadi Obat Alami Ala Rumahan! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi09 Mei 2024, 08:21 WIB

Dokter Masuk Kampung, Puskesmas Parungkuda Jemput Bola Layani Kesehatan Masyarakat

Kegiatan Dokter Masuk Kampung Puskesmas Parungkuda Sukabumi ini dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat sesuai instruksi dari Bupati.
Pelayanan dokter masuk kampung di Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life09 Mei 2024, 08:00 WIB

Punya Daya Tarik dan Karismatik, 10 Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif

Orang-orang yang memiliki banyak energi positif sering menjadi sumber inspirasi bagi orang lain dan membawa dampak positif dalam lingkungan mereka.
Ilustrasi - Punya Daya Tarik dan Karismatik Termasuk Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Pelajaran Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin